Saling Jegal di Pekan Terakhir Penyisihan ISL

Pemain Persija Jakarta merayakan gol
Sumber :
  • ligaindonesia.co.id

VIVAbola - Hari ini, Jumat 5 September 2014, babak penyisihan Liga Super Indonesia (ISL) memasuki pekan terakhir. Sebanyak 10 pertandingan tersisa, baik di Wilayah Barat dan Timur akan dituntaskan.

Melihat klasemen sementara kedua wilayah, sebagian pertandingan tergolong krusial. Beberapa tim papan atas masih berjibaku untuk memperebutkan tiket tersisa menuju babak 8 besar.

Sebaliknya, tim-tim papan bawah berjuang mati-matian untuk lepas dari degradasi. Saling sikut dan permainan keras, atau potensi "main mata" bukan tidak mungkin terjadi pada pekan penutup itu.

"Panas" di Papan Atas & Bawah


Dari Wilayah Barat, meski masih menyisakan satu laga, tiga tim sudah memastikan lolos ke babak 8 besar, yaitu Arema Cronus (43 poin), Semen Padang (38 poin) dan Persib Bandung (38 poin).

Tiket terakhir masih diperebutkan antara Pelita Bandung Raya (PBR) dan Persija Jakarta. Kedua tim hanya berselisih satu poin. PBR berada di peringkat 4 dengan 32 poin. Sedangkan Persija di posisi 5 dengan 31 poin.

Sama-sama masih menyisakan satu laga, PBR berada di atas angin dan dalam situasi menguntungkan. Apalagi, PBR hanya akan melawan Persita Tangerang yang sudah dipastikan terdegradasi ke Divisi Utama.

Meski demikian, PBR patut waspada. Sebab, posisi mereka bisa disalip Persija yang di hari sama akan menjamu Barito Putera di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Pelatih PBR, Dejan Antonic, berharap timnya akan menunjukkan semangat layaknya tengah bertarung di laga final saat melawan Persita. Dia tak ingin anak buahnya menganggap enteng Persita yang sudah dipastikan terjun ke Divisi Utama Liga Indonesia musim depan.

"Kami semua berharap tiga poin bisa didapatkan saat melawan Persita. Kami tak berpikir dan bergantung pada tim lain. Fokus pada tim sendiri dan ke laga nanti. Persita tetap harus diwaspadai," tegasnya.

Dari kubu Persija, meski nasib tergantung hasil laga PBR vs Persita, mereka enggan ambil pusing. Mereka tetap bertekad memburu kemenangan demi menjaga asa menuju babak 8 besar.

"Pikirkan saja laga melawan Barito, fokus. Kami hanya ingin meraih kemenangan di laga terakhir. Saya juga berharap tidak ada main mata di laga terakhir," kata bek Persija, Ismed Sofyan, beberapa waktu lalu.

"Semoga nanti di penghujung babak penyisihan semua tim bermain sportif dan fair," lanjutnya.

Di Wilayah Timur, persaingan juga masih ketat. Persela Lamongan dan PSM Makassar masih berpeluang lolos ke babak 8 besar.

Tiga tempat teratas sudah dikunci tiga tim kuat, yakni Persebaya Surabaya (42 poin), Persipura Jayapura (36 poin) dan Mitra Kukar (34 poin). Untuk sementara, posisi 4 ditempati Persela Lamongan dengan 28 poin. Namun, Persela diancam dua pesaing terdekatnya, yaitu PSM Makassar di posisi 5 yang mengantongi 25 poin. Sebenarnya Persiba Balikpapan juga memiliki 25 poin, tapi kalah head to head melawan Persela.

Semen Padang Belum Jawab Tawaran Uji Coba dari Persija

Di laga terakhir, Persela akan menjamu Perseru Serui dan PSM bertandang ke Kalimantan menghadapi Mitra Kukar.

Persaingan sengit bukan hanya terjadi dalam perebutan tiket 8 besar yang tersisa, tapi juga di papan bawah. Beberapa tim masih berjuang mati-matian untuk lepas dari degradasi.

Dan itu hanya terjadi di Wilayah Timur, karena di Wilayah Barat, Persita Tangerang dan Persijap Jepara sudah dipastikan terdepak dari ISL. Persepam Madura United dan Perseru Serui bakal berjuang mati-matian agar bisa bertahan di ISL musim depan.

Untuk sementara, Perseru berada di posisi 2 terbawah dengan 20 poin. Posisi terbawah (peringkat 11) sudah dipastikan milik Persiba Bantul yang terdegradasi ke Divisi Utama setelah hanya mengantongi 6 poin.

Perseru masih berpeluang lolos. Syaratnya, mereka harus meraih kemenangan dan di saat bersamaan Persepam yang sama-sama mengantongi 23 poin menelan kekalahan dari Persipura Jayapura.

Persepam akan lolos jika meraih poin saat melawan Persipura karena meraih 24 poin. Perseru juga akan lolos jika menang karena unggul head to head atas Persiram Raja Ampat yang memiliki 23 poin. Persiram sudah tak bertanding di pekan terakhir ini.

PT Liga Indonesia Pantau Laga Krusial

Situasi krusial yang tercipta di pekan terakhir babak penyisihan membuat PT Liga Indonesia melakukan pengawasan ekstra demi kelancaran laga-laga krusial tersebut.

Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigor Shalom Boboy, mengungkapkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Komisi Wasit dan Disiplin PSSI. PT Liga juga akan mengirimkan wakilnya untuk memantau langsung jalannya laga.

"Memang, 5 September 2014 nanti menjadi fase paling krusial. Beberapa pertandingan pastinya akan berjalan keras karena menentukan nasib klub masing-masing, entah lolos 8 besar atau terdegradasi," kata Tigor, Rabu kemarin.

"Kami berharap pekan terakhir di babak penyisihan berjalan lancar. Adapun protes, terkait regulasi dan disiplin, mohon disampaikan langsung ke pihak yang berwenang," jelas Tigor.

Sementara itu, laga krusial yang paling menarik perhatian dan berpeluang "main mata" adalah PBR melawan Persita. Persita yang dipastikan terdegradasi
berpotensi memuluskan langkah PBR melaju ke babak 8 besar.

Seperti diketahui, PBR membutuhkan kemenangan di laga pamungkas ini mengingat mereka terancam disalip Persija Jakarta yang hanya tertinggal satu poin dari PBR dan sama-sama masih menyisakan satu laga.

Tapi, Asisten Manajer Persita, Syarifuddin, membantah timnya bakal memuluskan langkah PBR menuju babak 8 besar. Sebaliknya, Pendekar Cisadane tetap akan tampil dengan kekuatan terbaik dalam laga yang digelar di Stadion Singaperbangsa, Karawang, nanti.

"Kami tetap akan fight, tetap turun full-team, tidak menurunkan pemain U-21. Kami juga ingin menang di kandang sendiri, di pertandingan terakhir," kata Syarifuddin.

Syaifuddin juga menegaskan, pihaknya tidak mendapat tawaran apapun dari pihak lawan, ataupun Persija Jakarta yang mengharapkan kemenangan Persita. Menurutnya, Persita akan tampil seperti biasa.

"Tidak ada juga tawaran apa pun, jika ada kami tolak. Kami besok bermain untuk diri kami sendiri," beber Syarifuddin. (one)

Juara Trofeo, Persija Makin Pede Tatap ISC

Bali United Tak Persoalkan Kegagalan di Trofeo Persija

Pemain Persija Jakarta

Jadwal Siaran Langsung TSC, 5-7 Agustus 2016

Laga-laga seru akan tersaji di pekan ke-14.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016