Persiapan Mepet, Garuda Muda Siap "Goyang" Stadion Goyang

Timnas U-23 vs Pra PON DKI
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Di tengah persiapan yang mepet, Tim Nasional Indonesia U-23 akan bertolak ke Incheon, Korea Selatan, untuk melakoni pertandingan Asian Games 2014. Meskipun demikian, Garuda Muda bertekad memberikan yang terbaik.

Praktis, Timnas U-23 hanya mendapat sekali uji coba jelang keberangkatan ke Korsel, hari ini, Rabu 10 September 2014. Jelas bukan persiapan yang ideal sebelum menghadapi Thailand, Timor Leste, dan Maladewa di Grup E.

Beruntung, di uji coba terakhir, Garuda Muda sanggup meraih kemenangan. Timnas U-23 sukses menaklukkan tim Pra PON DKI 2-0 dalam laga uji coba yang digelar di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Selasa 9 September 2014 sore. Dua gol Garuda Muda lahir dari tendangan jarak jauh Novri Setiawan dan penalti Yandi Sofyan.

Timnas U-23 sanggup membuka keunggulan di penghujung babak pertama lewat tendangan jarak jauh Novri Setiawan. Pelatih Aji Santoso melakukan serangkaian pergantian pemain di babak pertama. Yandi Sofyan sukses menggandakan keunggulan lewat titik penalti saat babak kedua baru berjalan satu menit.

Usai laga, evaluasi langsung dilakukan Aji. Pelatih 44 tahun ini ingin menyempurnakan sistem permainan Garuda Muda di sisa waktu yang ada jelang turun di Asian Games 2014.

"Aliran bola masih harus ditingkatkan. Lebih cepat dalam bermain. Tapi, secara keseluruhan anak-anak masih ingat dengan cara bermain yang kami inginkan. Dan variasi serangan juga sudah mulai terlihat," kata Aji kepada wartawan usai pertandingan.

"Persiapan kami jelang Asian Games memang cukup mepet. Kami tak boleh mengeluh dengan kondisi itu. Kami tetap yakin bisa menampilkan permainan terbaik di Asian Games," sambungnya.

Saat melawan tim Pra PON DKI, Aji menurunkan menurunkan 3 pemain senior yang dimilikinya, yakni lain Ahmad Jufriyanto, Ferdinand Sinaga, dan Victor Igbonefo. Para pemain ini dipadukan dengan para pemain yang lain.

Salah satu pemain senior, Ferdinand Sinaga, mengaku tak terbebani dengan tugas khusus di Timnas U-23. Striker Persib Bandung ini siap tampil secara lepas di Korsel nanti.

"Status sebagai pemain senior, saya rasa tidak berpengaruh. Saya hanya harus bermain lepas demi mengeluarkan kemampuan terbaik. Jangan terbebani dengan status yang ada," kata Ferdinand.

Waspadai Timor Leste

Timor Leste akan menjadi lawan pertama Timnas U-23 di Asian Games 2014. Laga akan berlangsung di Stadion Goyang, Senin 15 September 2014.

Meskipun di atas kertas lebih diunggulkan, Aji dan para pemain Garuda Muda enggan menganggap enteng Timor Leste. "Timor Leste bukan tim yang enteng. Mereka baru saja menaturalisasi 4 pemain dari Brasil. Pastinya, mereka kini lebih kuat," kata Aji.

Apalagi, diungkapkan oleh asisten pelatih Timnas U-23, Mustaqim, Timor Leste merupakan salah satu tim yang sulit digali informasi tentang kekuatannya. Mustaqim memang memiliki tugas khusus di Timnas U-23.

"Kami hanya mampu mengumpulkan sedikit informasi tentang Timor Leste. Ini tim yang tidak bisa dikalahkan dengan mudah. Pastinya, kami harus bekerja keras untuk bisa memenangkan pertandingan pertama," ucap Mustaqim.

Bek sayap Timnas U-23, Alfin Tuassalamony, mengaku timnya sudah sangat siap menghadapi perhelatan Asian Games. Alfin menilai laga melawan Timor Leste tidak akan semudah yang dibayangkan. Namun, pemain Persebaya Surabaya ini tetap optimistis timnya bisa meraih kemenangan di pertandingan tersebut.

"Pertandingan pertama biasanya lebih berat. Tapi, kami sudah melakukan persiapan yang cukup. Dan saya pikir tim ini sudah siap. Kami harus menang di pertandingan melawan Timor Leste," kata Alfin.

Sama halnya dengan Alfin, Ferdinand Sinaga juga cukup yakin Timnas U-23 bisa mereguk poin penuh di pertandingan pertama melawan Timor Leste. Namun, pria 25 tahun ini mengingatkan rekan-rekannya untuk tetap fokus di sepanjang pertandingan.

"Saya rasa peta kekuatan di grup kami sama, tidak ada bedanya. Saya pikir tidak ada unggulan di grup ini. Semua tim punya peluang yang sama untuk lolos. Tapi, jika kami bisa menang atas Timor Leste, jalan untuk lolos dari fase grup terbuka lebar," ucap Ferdinand.

Setelah menghadapi Timor Leste, Garuda Muda akan menghadapi Maladewa di Incheon Football Stadium, 18 September 2014. Di laga terakhir penyisihan grup, tim besutan Aji Santoso akan menghadapi Thailand di Incheon Football Stadium, 22 September 2014. (one)

Baca juga:

Rayuan Kekasih Cantik Ancam Skenario MU Pulangkan Ronaldo

WAGs Cantik Ini Jadi "Peri Penjaga" Pemain Termahal MU

Model Cantik Ini Dijuluki "WAGs Matre"

Inilah Daftar 10 Pemain dengan Gaji Tertinggi di Serie A

Pemain Ini Jadi Biang Kekalahan Belanda

Lelucon Ibrahimovic Soal Insiden Sikut Wajah Alaba

Jangan Sentuh Ibrahimovic Kalau Tak Mau Dipelototi

Reus Terkapar, Rekan Setim Malah Sibuk Main Suit dengan Lawan

Meleng, Pemain Cadangan Tabrak Hakim Garis Hingga Terkapar

Munir Sempat Bimbang Sebelum Pilih Spanyol

Bek Muda MU: Van Gaal Jago Melucu

Van Persie Tak Sabar Main dengan Bintang Baru MU

Bek Persipura Tunda Bulan Madu Demi AFC Cup

Persiapan Mepet, Garuda Muda Siap "Goyang" Stadion Goyang

Punggawa Timnas U-23 Yakin Rebut 3 Poin di Laga Perdana

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Kiper Timnas U-19 Dibawa ke Rumah Sakit


Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016