"Grup Neraka" Intai 5 Raksasa Eropa di Piala Dunia 2014

Siaran Langsung Undian Grup Piala Dunia 2014
Sumber :
VIVAbola
Eropa Minta Tambah Jatah Tempat di Piala Dunia
- Nasib 32 tim terbaik dunia dipertaruhkan hari ini, Jumat 6 Desember 2013. Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan menggelar undian grup (drawing) putaran final Piala Dunia 2014 bagi 32 tim peserta dari enam benua.

Stadion Megah Eks Piala Dunia 2014 Kini Jadi Parkiran Bus

Dari 32 tim yang lolos ke putaran final, Eropa menempatkan wakil terbanyak dengan 13 tim. Dilanjutkan oleh Amerika Selatan dengan enam tim dan Afrika dengan lima tim. Sementara Asia dan Amerika Utara sama-sama menaruh empat tim.
8 Insiden Meludah Paling Terkenal dalam Sepakbola (2)


Dengan sistem penempatan pot unggulan berdasarkan rangking FIFA dan pembatasan tim di zona konfederasi yang sama di tiap grup, membuat prediksi muncul: bakal tercipta lebih dari satu 'grup neraka' pada Piala Dunia 2014 mendatang di Brasil.

Seperti dilansir situs resmi FIFA, jelang undian digelar, FIFA sudah membagi 32 peserta dalam empat klasifikasi (pot) dengan delapan tim. Pembagian berdasarkan status tuan rumah, klasifikasi tim-tim unggulan dan perbedaan zona konfederasi.

Berikut ini pembagian pot yang dilansir FIFA:
Pot 1: Unggulan

Brasil, Argentina, Kolombia, Uruguay, Belgia, Jerman, Spanyol dan Swis

Pot 2: Wakil Afrika (CAF) dan Amerika Selatan (CONMEBOL)

Ajlazair, Kamerun, Pantai Gading, Ghana, Nigeria, Chile dan Ekuador

Pot 3: Wakil Asia (AFC) dan Amerika Utara (CONCACAF)

Australia, Jepang, Korea Selatan, Kosta Rika, Honduras, Meksiko dan Amerika Serikat

Pot 4: Wakil Eropa (UEFA)

Bosnia Herzegovina, Kroasia, Inggris, Prancis, Yunani, Italia, Belanda, Portugal dan Rusia


Brasil masuk dalam pot unggulan karena berstatus tuan rumah. Sementara tujuh tim pot 1 lainnya merupakan tim-tim yang memiliki rangking FIFA teratas pada Oktober 2013 lalu. Sehingga tidak mengherankan jika Swis yang tampil konsisten di kualifikasi masuk dalam pot unggulan.


Sementara pot dua diisi tujuh tim raksasa yang berasal dari zona Afrika (CAF) dan Amerika Selatan (CONMEBOL). Sedangkan di pot tiga diisi delapan tim asal zona Asia (AFC) dan Amerika Utara (CONCACAF).


Di pot empat, ditempati sembilan tim asal Eropa (UEFA). Sebelum undian digelar, satu tim Eropa di pot empat akan diundi untuk naik ke pot dua. Agar saat undian digelar setiap pot nantinya memiliki jumlah tim yang sama, yaitu delapan.


Selanjutnya undian akan dilakukan yang diawali di pot 1, pot 2, pot 3 dan pot 4. Dengan klasifikasi ini, tidak ada dua tim yang berasal dari zona yang sama, masuk dalam satu grup. Kecuali Eropa yang dibatasi maksimal dua tim dalam satu grup.


Potensi Para Raksasa 'Saling Bunuh' Sejak Awal

Penentuan tim-tim unggulan berdasarkan rangking FIFA edisi Oktober 2013 membuka potensi terciptanya lebih dari satu grup neraka di Piala Dunia 2014. Pasalnya sejumlah raksasa Eropa terpaksa terlempar dari pot satu dan masuk pot empat.


Fakta yanga sangat disesalkan jika memang terjadi para raksasa Sepakbola harus sudah 'saling bunuh' sejak awal.Ppadahal lima raksasa Eropa di pot empat seperti Inggris, Prancis, Italia, Belanda dan Portugal bukanlah nama asing di dunia sepakbola.


Italia diketahui merupakan tim peraih empat trofi Piala Dunia. Terakhir mereka meraihnya di Piala Dunia 2006. Sementara Prancis juara Piala Dunia 1998 dan finalis Piala Dunia 2006. Inggris juga pernah menjuarai Piala Dunia pada tahun 1966.


Sementara Belanda, meski belum pernah meraih juara, selalu menjadi salah satu tim yang paling difavoritkan. Pada Piala Dunia 2010, Belanda bahkan menjadi finalis walau pada akhirnya kalah oleh Spanyol.


Sedangkan Portugal sejak Piala Dunia 2002 telah menjelma menjadi kuda hitam yang diperhitungkan. Dalam satu dekade terakhir, pencapaian terbaik Portugal yaitu ketika menempati posisi empat di Piala Dunia 2006.


Kehadiran mesin gol Cristiano Ronaldo akan menambah nilai Portugal di Piala Dunia 2014 nanti. Ronaldo telah membuktikan ketajamannya salah satunya kala memborong 4 gol kemenangan Portugal atas Swedia di babak playoff.


Namun aturan sudah diputuskan oleh FIFA. Sehingga lima raksasa Eropa ini berpotensi akan bertemu dalam satu grup dengan tim-tim unggulan asal Amerika Selatan yang menghuni pot satu seperti Brasil, Argentina, Kolombia dan Uruguay.


Dengan naiknya satu tim Eropa di pot empat ke pot dua, maka ada peluang dua raksasa Eropa bakal bertemu dalam satu grup yang sama. Pertempuran bakal sengit jika tim kuat asal Amerika Selatan masuk juga dalam grup ini.


Berikut ini dua contoh 'grup neraka' yang kemungkinan bakal tercipta di undian grup (drawing) Piala Dunia 2014 seperti dilansir Bleacher Reports:

Versi 1

Brasil, Italia, Meksiko, Inggris

Versi 2

Argentina, Pantai Gading, Jepang, Belanda


Undian Grup Disiarkan Langsung di 119 Negara

Undian grup Piala Dunia 2014 akan digelar di Costa do Sauipe Resorts di Bahia. Undian akan dipimpin langsung oleh Sekretaris Umum FIFA, Jerome Valcke dan akan disaksikan para legenda sepakbola dunia dari berbagai negara.


Para saksi terdiri dari: Alcides Ghiggia (legenda Uruguay), Geoff Hurst (legenda Inggris), Marcos Cafu (mantan kapten Brasil), Fabio Cannavaro (legenda Italia), Mario Kempes (legenda Argentina), Fernando Hierro (legenda Spanyol), Zinedine Zidane (Prancis) Lothar Matthaus (Jerman).


FIFA melansir acara ini akan ditayangkan langsung sedikitnya di 193 negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia yang akan menyiarkan langsung seluruh proses undian melalui stasiun televisi



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya