Pelatih Legendaris Brasil: Mandela Seperti Tuhan Bagi Rakyat Afsel

Nelson Mandela
Sumber :
  • Reuters
VIVAbola -
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Berita meninggalnya Nelson Mandela telah sampai ke telinga Carlos Alberto Parreira. Pelatih asal Brasil ini langsung mengucapkan belasungkawa yang mendalam. Ya, Parreira memang punya kenangan manis dengan sang tokoh.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Saat Nelson Mandela sukses menjadikan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010, Parreira mendapat kehormatan sebagai pelatih Bafana Bafana. Meski Afsel harus gagal melewati fase grup, namun kenangan bersama Mandela tetap dikenang Parreira.
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024


"Mandela salah satu pemimpin terbesar di abad 20 dan seluruh dunia akan memuja dia karena dia seorang laki-laki yang mampu membuat perubahan untuk dunia," kata Parreira dilansir Soccerway.


"Jika Afrika Selatan hari ini dapat hidup damai itu karena dia berhasil menjaga negara tersebut dan dia menjadi salah satu Tuhan bagi rakyat di sana," lanjut pelatih yang berhasil mengantarkan Brasil sebagai kampiun di Piala Dunia 1994 itu.


Parreira menambahkan, kepergian peraih nobel perdamaian ini dipastikan akan membuat rakyat Benua Afrika bahkan seluruh dunia kehilangan sosok kharismatik. Parreira sendiri berharap, semangat Mandela akan tetap hidup termasuk dalam sepakbola.


Sebagai catatan, mantan Presiden Afrika Selatan dan pejuang anti apartheid itu tutup usia di rumahnya, Kota Johanesburg, Kamis waktu setempat. Dia meninggal dunia pada usia 95 tahun, setelah sekian lama mengidap infeksi paru-paru.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya