Kepakan Pertama "Garuda Muda", Asa Taklukkan Asia

Ferdinand Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Ferdinand Sinaga bertekuk lutut sambil mengepalkan kedua tangannya. Satu per satu skuad tim nasional Indonesia U-23 memeluknya. Secercah harapan muncul di awal Asian Games 2014.

Skuad "Garuda Muda" tampil luar biasa saat melakoni laga perdana Grup E Asian Games di Incheon, Korea Selatan, Senin 15 September 2014. Timor Leste dipermalukan 7 gol tanpa balas di Goyang Stadium.

Penampilan fantastis Ferdinand berbuah empat gol bagi Indonesia. Kemenangan besar itu berhasil dilengkapi oleh Alfin Tuasalamony, Novri Setiawan, dan Fandi Eko Utomo.

Umpan-umpan pendek yang dipadu kecepatan berhasil merusak pertahanan Timor Leste. Menurut kapten Timnas U-23, Dedi Kusnandar, timnya bisa menang karena mampu menerapkan strategi pelatih dengan baik.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

"Kami bermain sesuai skema dan instruksi pelatih. Semoga ke depannya bisa lebih baik," ujar Dedi lewat pesan singkat kepada wartawan.

Kemenangan Timnas U-23 ini sebenarnya agak mengejutkan, apalagi dengan kemenangan telak seperti ini. Pasalnya, kedua negara hanya bermain imbang 0-0 dalam dua pertemuan terakhir baik di laga persahabatan maupun SEA Games 2013.

Karena itu, menurut Dedi, kemenangan ini tak lepas dari sikap mereka dalam menghadapi Timor Leste. Meski sadar kalau kualitas lawan masih di bawah mereka, Timnas U-23 tetap tampil dengan penuh motivasi.  "Kami tidak meremehkan Timor Leste," tutur pemain Persebaya Surabaya tersebut.

Ferdinand, Si Pemecah Rekor

Skor besar yang diraih Indonesia atas Timor Leste juga berbuah sejumlah rekor baru di kancah Asian Games bagi kontingen Merah-Putih. Ferdinand Sinaga juga ikut mencatatkan namanya di buku rekor.

Seperti yang dilansir dari situs statistik, Labbola, kemenangan 7-0 ini berhasil mempertajam rekor kemenangan terbesar di Asian Games. Rekor sebelumnya dicatatkan timnas Indonesia pada Asian Games 1962 di Jakarta, saat menang 6-0 atas Filipina.

Gol-gol yang dicetak Ferdinand ternyata mencatatkan namanya dalam buku rekor. Bomber Persib Bandung itu menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu laga Asian Games untuk Indonesia.

Empat gol tersebut melewati angka milik Ramang. Kala itu, legenda PSM Makassar tersebut berhasil mencetak tiga gol ke gawang India di Asian Games 1954. Torehan gol Ferdinand pun berhasil pecahkan rekor yang bertahan 60 tahun.

Indonesia juga menjadi tim yang paling banyak mencetak gol pada laga pembuka Asian Games 2014. Tim sekelas Uni Emirates Arab U-23 hanya bisa menang 5-0 atas India U-23. Sedangkan tuan rumah Korea Selatan menang 3-0 atas Malaysia U-23.

Sedangkan dari Grup E, Indonesia dipastikan menduduki puncak klasemen sementara dengan mengantongi modal 7 gol. Thailand U-23 harus puas berada di peringkat 2 setelah hanya bisa menang 2-0 atas Maladewa U-23 di laga setelahnya.

Tak Sekedar Penuhi Target

Melihat grafik penampilan yang sangat luar biasa di awal turnamen, suporter tim "Garuda Muda" pantas berharap banyak agar bisa meraih prestasi tinggi di Incheon nanti. Bahkan, kalau bisa melewati babak 16 besar yang ditargetkan oleh PSSI.

Selanjutnya, Timnas U-23 akan menghadapi Maladewa di Incheon Football Stadium, 18 September 2014. Sementara itu, di laga terakhir, Ramdani Lestaluhu dan kawan kawan akan bersua Thailand di tempat yang sama pada 22 September.

Kalau bisa menang lawan Maladewa, maka satu tempat di fase knockout sudah berhasil diamankan Indonesia. Partai pamungkas kontra Thailand bisa menjadi kunci perjalanan Indonesia di Asian Games kali ini. Menang akan jadi pemuncak klasemen, sedangkan posisi runner-up akan diduduki kalau sampai kalah.

Calon lawan Indonesia di babak 16 besar adalah negara-negara yang mengisi Grup F, diisi oleh Korea Utara U-23, Pakistan U-23, dan Tiongkok U-23. Saat ini, Korut menduduki posisi teratas grup setelah menang 3-0 atas Tiongkok.

Melihat calon lawan, tak mudah bagi Indonesia untuk memilih sehingga lebih baik fokus pada pertandingan di Grup E lebih dulu saja. Kemenangan absolut di fase grup bisa berbuah rasa percaya diri tinggi untuk menapaki laga yang lebih sulit.

Prestasi terbaik Indonesia di Asian Games adalah peringkat 3 yang berhasil diraih pada 1958 di Jepang. Setelah itu, peringkat 4 sempat diduduki pada 1968 di Korea Selatan.

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Setelah itu, prestasi Indonesia terus merosot. Bahkan, Timnas U-23 tak pernah menang satu kali pun pada Asian Games 2006 di Qatar, dan tidak berpartisipasi 4 tahun kemudian di Tiongkok.

Menilik hasil pada laga perdana, kesempatan mengulang memori indah di Korsel 46 tahun silam bisa saja terjadi. Atau mungkin meraih hasil lebih tinggi lagi. Itu jadi mimpi seluruh pecinta bola tanah air.

Deretan Musisi Indonesia yang Awet Muda di Usia 40an

Yang bisa meraih mimpi itu adalah konsistensi permainan Timnas U-23 pada laga-laga selanjutnya. Tidak lantas besar kepala usai kemenangan besar di laga pembuka. Perlu diingat, ini baru langkah pertama menuju prestasi besar "Garuda Muda" di kancah Asia. (one)

Baca juga:

Fantastis, Sepanjang Kariernya Kiper Ini Cetak 120 Gol

Inzaghi, Pemain Gratisan, dan Kebangkitan AC Milan

Di Maria, Kunci MU untuk Pulangkan Ronaldo

Lawan Atletico, Timnas U-19 Andalkan Permainan Cepat

Usai Dipermalukan Villa, 3 "Matador" Liverpool Kencan Bersama

Tim Medis Atletico Bantu Penyembuhan Kiper Timnas U-19

3 Pemain Muda Indonesia Diminati Klub Swedia

Rapor Pemain Timnas U-23 Usai Bantai Timor Leste 7-0

Bayu Gatra: Menang Besar, Timnas U-23 Harus Tetap Fokus

Lawan Al Qadsia, Persipura Kehilangan Bek Tangguh

Tolak Beri Tanda Tangan, Mobil Bale Ditendang Suporter Madrid

WAGs Anyar Madrid Direkrut Tim Bola Voli Pantai

Real Madrid Digoyang Isu Pemecatan Ancelotti

Neville: Masih Cinta MU, Ronaldo akan Kembali ke Old Trafford

Kisah-kisah Kepergian Menyakitkan Para Pesepakbola

Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016