Umpatan CR7 Buah Frustrasi Strategi Ancelotti?

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, frustrasi saat lawan Barcelona
Sumber :
  • MARCA

VIVAbola - Buntut kontroversi laga El Clasico, akhir pekan kemarin, masih terasa. Terakhir, terungkapnya umpatan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, pada wasit yang dianggap menguntungkan Barcelona.

Laga di Camp Nou hari Sabtu kemarin memang berlangsung panas dan keras. Neymar membuat Barca unggul lebih dulu pada babak pertama. Tertinggal, Madrid tampil lebih menekan di paruh kedua.

CR7, yang menjadi motor serangan Los Blancos, sempat menebar ancaman saat menusuk ke dalam kotak penalti. Namun, pergerakan bintang Portugal itu dijegal oleh Javier Macherano, lalu tersungkur.

Wasit Alberto Undiano Mallenco tidak menilai tabrakan itu sebuah pelanggaran dan melanjutkan permainan. Meski Ronaldo sempat menyatakan kekesalannya, sang pengadil tetap tidak mengubah keputusannya.

Ronaldo saat itu tampak tak terlalu mempermasalahkan keputusan wasit. Tapi, ia mengungkapkan kekesalannya kepada wasit Mallenco usai Barcelona mencetak gol keduanya melalui Alexis Sanchez pada menit ke-78.

Program televisi Spanyol, Imagen Jugones, mengungkapkan apa yang dikatakan Ronaldo kepada wasit Mallenco. Dari video tersebut, terungkap bahwa Ronaldo menyebut Mallenco sebagai "Cagon" atau "Pengecut". Mallenco pun memberi Ronaldo kartu kuning.

"Pengecut! Pengecut! Seharusnya sudah 1-1. Itu penalti," ujar Ronaldo kepada Mallenco seperti dikutip dari 101 Great Goals.



Protes Ronaldo sempat ditertawai oleh Lionel Messi. Sergio Busquets juga ikut mengejek dengan menunjukkan gerak tubuh merengek ke arah Ronaldo. Busquets menaruh tangan kirinya ke bagian mata, layaknya anak kecil sedang menangis.

Usai laga, pro kontra seputar keputusan wasit langsung keluar. Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, mempertanyakan keputusan wasit. Sedangkan kubu Barcelona mengatakan Madrid bermain tak kalah kasar.

Buah Frustrasi

Rasa kecewa Ronaldo memang bisa dimengerti karena Madrid tertinggal dua gol sehingga semakin sulit untuk mengejar ketertinggalan. Namun, rumitnya strategi yang diterapkan Ancelotti pada akhir pekan kemarin juga jadi salah satu alasan.

Skuad Los Blancos memang terlihat kebingungan di sepanjang babak pertama. Formasi 4-3-3 dengan menempatkan Sergio Ramos sebagai jangkar membuat aliran bola kurang kreatif. Luka Modric dan Sami Khedira harus fokus membantu pertahanan.

Begitu juga Angel Di Maria dan Gareth Bale yang beberapa kali dipaksa turun jauh ke belakang. Hal ini membuat CR7 frustrasi dalam membangun serangan. Canal+ mengungkapkan Pemain Terbaik Dunia 2008 itu sempat mengeluh kepada Ramos.

"Ini sangat buruk, sangat buruk. Semua pemain mundur dan saya ditinggalkan sendirian di depan," kata Ronaldo mengeluh kepada Ramos. "Semua pemain mengawasi bola. Kami terjebak di sini (di lini pertahanan)," balas Ramos.

Setelah turun minum, permainan berjalan lebih baik bagi Madrid. Los Blancos mampu mengambil alih kendali permainan. Masuknya Karim Benzema dan Asier Illarramendi membuat permainan tim tamu lebih berani.

Meski demikian, Ramos sempat terlihat mengeluh kepada Ancelotti karena kurang kuatnya penguasaan bola mereka di lini tengah. "Kau telah membuat kami kehilangan banyak bola."

Selain itu terungkap juga perkataan Pepe dan Ramos yang bertukar posisi tanpa instruksi Ancelotti. "Sergio! tetap di sini, saya akan melakukan yang lebih baik di lini tengah," teriak Pepe. "Ya, tapi saya tidak bisa pergi, saya harus menutup area ini," balas Ramos.

Madrid akhirnya harus menelan kekalahan 1-2, setelah Jese Rodriguez sukses memangkas ketinggalan saat pertandingan sudah memasuki injury time. Pasukan Ibukota semakin sulit mengejar karena jarak dengan Barca jadi enam poin di klasemen sementara.

Wasit, Pemain ke-13 El Clasico

Sosok pengadil dalam laga sepanas dan penuh gengsi seperti ini sangat krusial. Satu keputusan bisa berbuah kerugian untuk satu tim, sebaliknya dengan tim satunya yang meraih keuntungan.

Pada laga Sabtu kemarin, jelas kubu Madrid mengklaim diri sebagai tim yang paling dirugikan oleh keputusan wasit. Dorongan Mascherano pada Ronaldo dinilai sangat murni penalti.

Bahkan, pelatih Barcelona, Gerardo Martino, menyatakan hal itu sebuah pelanggaran. "Memang ada kemungkinan kesalahan pada wasit." ucapnya seperti dilansir AS.

"Namun, laga sudah dimainkan dan kita seharusnya fokus pada itu. Sulit untuk menuduh wasit macam-macam. Ada kemungkinan dia melakukan kesalahan, itu saja," tambah pelatih asal Argentina itu.

Tidak ingin berlarut-larut dalam urusan kontroversial ini, entrenador Madrid memilih untuk meredakan tensi panas yang merebak di media. Don Carlo menyatakan kesalahan itu hal yang lumrah.

Bahkan, ia menilai kekalahan timnya bukan berasal dari kepemimpinan wasit. Ancelotti justru mengaku sebagai pihak yang paling bertanggung jawab ketika Los Blancos mengalami kekalahan.

"Ketika Madrid kalah, saya adalah orang yang paling bertanggung jawab," kata pria Italia itu seperti dilansir Marca.

"Wasit tidak bisa disalahkan. Mereka juga bisa membuat kesalahan layaknya pemain karena juga manusia. Dia membuat kesalahan dalam satu momen di pertandingan, tapi saya pikir itu bukanlah sebuah perampokan," sambung dia.

Memang bagaimana pun hasilnya, kedua tim sudah harus segera melupakan laga Clasico dan menatap laga berikutnya. Liga masih panjang dan tiga poin kemarin bisa tak berpengaruh apa-apa.

Sekarang, Madrid akan ditantang untuk bangkit saat menjamu Sevilla hari Rabu 30 Oktober 2013. Jika ingin menunjukan semangat juara, CR7 dan kawan-kawan harus segera melupakan hasil dan sikap negatif di Camp Nou.(one)

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Baca juga:

Serang Ronaldo, Presiden FIFA Minta Maaf

Suporter Barcelona: Ronaldo, Kamu Anak Haram!

Chelsea Sukses Singkirkan Arsenal

Chelsea Catat Rekor di Kandang Arsenal

Mata Bangga Chelsea Tekuk ManCity dan Arsenal

Mourinho Dapat Kostum Oezil Usai Chelsea Tekuk Arsenal

Wenger Akui Arsenal Buat 2 Kesalahan

Dituding Selebrasi Tak Pantas, Ini Kata Fabregas

Persib Serius Ingin Datangkan Bek Persipura

VIDEO: Parade Gol "Lambung" Bintang Barcelona

Diancam Seseorang, Pesepakbola Ini Curhat Ke Polisi di Bandung

Persib Jajaki Uji Coba Lawan Klub Bundesliga

MU Gulung Norwich di Capital One Cup

Lawan Timor Leste, RD Tidak Mau Kembali Malu

Kyrgyzstan Bawa 17 Pemain ke Indonesia


Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016