Tekuk Dortmund Kukuhkan Status Jago Tandang Arsenal

Borussia Dortmund vs Arsenal
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender

VIVAbola - Arsenal lagi-lagi menunjukkan diri sebagai tim jago tandang. Tak tanggung-tanggung, finalis Liga Champions musim lalu, Borussia Dortmund, dikalahkan di markasnya sendiri. Tampil di Signal Iduna Park, The Gunners menang 1-0 berkat gol tunggal Aaron Ramsey di menit ke-62.

Hasil ini membalaskan kekalahan Arsenal di pertemuan sebelumnya. Seperti diketahui, di laga perdana yang berlangsung di Emirates, tim besutan Arsene Wenger harus takluk 1-2. Arsenal kini mengumpulkan 9 poin, sama dengan jumlah poin Napoli dan unggul 3 poin atas Dortmund.

Kemenangan ini membuat Arsenal tidak terkalahkan di 15 laga tandang terakhir di semua kompetisi. Dimulai laga melawan Bayern Munich di Liga Champions, musim lalu.

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

The Gunners menjadi tim Inggris pertama sejak Manchester United (November 1964) yang mampu meraih kemenangan di kandang Dortmund pada kompetisi Eropa. Khusus di Signal Iduna Park, tim London Utara ini menjadi klub Inggris pertama yang meraih kemenangan.

Kekalahan Dortmund di kandangnya juga menimbulkan catatan tersendiri. Untuk kali pertama sejak Desember 2002 (0-1 melawan AC Milan), Die Schwarzgelben gagal mencetak gol di laga kandang Liga Champions.

Catatan menggembirakan ini tentu saja disambut antusias manajer The Gunners, Arsene Wenger. Pria berkebangsaan Prancis ini memuji Tomas Rosicky cs yang tampil sangat matang.

"Pertandingan yang sangat ketat. Namun, kami tampil kompak dan tidak memberikan ruang sedikit pun kepada lawan," kata Wenger dikutip Sky Sport, Kamis, 7 November 2013.

"Secara keseluruhan performa kami sangat matang. Kami bermain stabil, khususnya ketika bertahan. Pemain tengah kami juga sangat berpengalaman, mereka tak pernah kehilangan bola dalam posisi yang buruk," sambungnya.

Namun, Arsenal tak boleh lengah. Sebab, persaingan di grup F begitu ketat. Mereka memiliki poin sama dengan Napoli dan hanya berselisih 3 poin dari Dortmund. Lengah sedikit saja, The Gunners bisa terpeleset.

Di laga berikutnya, Arsenal akan menjamu Olympique Marseille pada 26 November 2013. Setelah itu, The Gunners akan bertandang ke San Paolo menghadapi Napoli, 11 Desember 2013.

"Sayangnya, grup kami sangat kuat. Salah satu dari tim di sini harus membayar mahal. Saya harap itu bukan kami," ungkap Wenger.

Pujian juga ternyata hadir dari pelatih Dortmund, Juergen Klopp. Pria 46 tahun ini bahkan tak segan menyebut Arsenal berpeluang merebut gelar Liga Champions musim ini.

"Mereka bisa menjadi juara Liga Champions, jika tidak bertemu Bayern Munich. Mereka masih muda, segar, dan berteknik tinggi. Mereka memenangkan pertandingan dengan cerdas malam ini," ujar Klopp seperti dikutip Soccerway.

Modal Berharga Hadapi MU

Melihat performa Arsenal belakangan ini, fans boleh saja berharap tim kesayangan mereka mengakhiri paceklik gelar sejak merebut Piala FA 2005. Arsenal kini memuncaki klasemen Premier League dan grup F penyisihan grup Liga Champions.

Statistik berbicara, Arsenal meraih 4 kemenangan dan 1 kali imbang di laga tandang di Premier League musim ini. Satu-satunya kekalahan justru terjadi di markas sendiri saat menghadapi Aston Villa. Sama halnya di Piala Liga dan Liga Champions, Arsenal justru kalah saat berlaga di Emirates. The Gunners kalah 0-2 dari Chelsea dan 1-2 dari Dortmund.

Arsenal kini memuncaki klasemen Premier League dengan 25 poin dari 10 pertandingan. Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur membayangi dengan selisih 5 poin.

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman

The Gunners sudah ditunggu lawan tangguh, juara bertahan Manchester United di Old Trafford, Minggu 10 November 2013. Melihat performa positif di laga tandang, bukan tak mungkin tiga poin bisa direbut.

Meskipun demikian, striker MU, Wayne Rooney, tak gentar saat melawan Arsenal. Wazza bahkan yakin Setan Merah bisa menyusul perolehan poin The Gunners.

"Kita harus melihat sebelumnya bahwa mereka pernah berada di atas, tapi Februari atau Maret mereka memudar. Mereka melakukan hal yang luar biasa. Dan itu jadi tugas mereka untuk tetap di situ. Kami akan coba mengejar mereka," kata Rooney seperti dikutip Soccerway.

"Kami mampu mengalahkan Arsenal. Kami telah melakukannya berulang kali. Tapi, kami tahu mereka kini berada di puncak dan tentu akan menjadi sebuah pertandingan yang sulit," tambahnya. (one)

Baca juga: 

Bintang Arsenal Desak Wenger Fokus Cari Bek

5 Pembelian Terburuk Premier League Musim Ini

Bek Milan: Messi Krisis Apanya?

Sentuhan Wenger Vs Moyes, Lebih Tokcer Siapa?

Jika Menang dari MU, Arsenal Akan Sempurna

Pique Pernah Dibentak Mantan Kapten MU Gara-gara Ponsel

Bulan Depan, Erick Thohir Resmi "Kuasai" Inter Milan

"Timnas U-23 Berada di Grup Sulit"

Dilirik Brisbane Roars, Striker Timnas U-23 Masih Bungkam

Mantan Bek Timnas Indonesia Gabung Klub Malaysia

Alasan Hamka Bergabung dengan Klub Malaysia

Stefano Lilipaly Diincar Persebaya Surabaya

Keluarga Jadi Alasan Utama RD Pilih Persebaya

Persib Masih Kesulitan Gaet Bek Timnas Indonesia

3 Raksasa Inggris Bersaing untuk Dapatkan Cavani

Patahkan Kaki Lawan, Bek Belia Prancis Dihukum 10 Laga

Henrikh Mkhitaryan

Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?

Mourinho punya hubungan baik dengan CEO Dortmund, Hans Joachim-Watzke.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016