Pilih Tim Anda
Daftar
FOKUS

Membedah Timnas U-23 Usai Pencoretan Pemain

RD memulangkan 12 nama dari TC Timnas yang digelar di Yogyakarta.
Selasa, 29 Oktober 2013, 00:17 WIB
Anry Dhanniary, Rejdo Prahananda
Klub
Timnas Indonesia U-23 saat melawan Brunei Darussalam (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

VIVAbola - Tim nasional Indonesia U-23 yang dipersiapkan ke SEA Games Myanmar, akhir tahun nanti, sudah mulai terlihat bentuknya. Terutama usai Rahmad Darmawan memangkas sejumlah nama, Senin 28 Oktober 2013.

Pencoretan ini didasarkan oleh hasil pengamatan selama Timnas U-23 mengikuti Islamic Solidarity Games, dan dua laga ujicoba melawan klub lokal. Di mana "Garuda Muda" menang 1-0 atas PSS Sleman dan kalah 1-2 dari Persibat Batang.

RD memulangkan 12 nama dari pemusatan latihan yang digelar di Yogyakarta. Salah satunya adalah striker DC United, Syamsir Alam. Sebagai gantinya, RD kemudian memanggil nama baru, yakni Yandi Sofyan Munawar.

Sebanyak 26 pemain yang tersisa ini akan dipersiapkan untuk mengikuti uji coba melawan Timor Leste, 30 Oktober 2013, serta mengikuti try out ke Hong Kong pada 12-14 November 2013.

RD juga menyiapkan empat pemain cadangan bagi 26 pemain yang tersisa. Selain Stefano Lilipaly, tiga nama lain yang masuk dalam daftar tunggu adalah David Laly (Persidafon Dafonsoro), Novri Setiawan (Sriwijaya FC), dan Rasyid Bakri (PSM Makassar).

Nama Syamsir Alam sebenarnya cukup diharapkan untuk menjadi penyerang andalan Indonesia di SEA Games, November nanti. Sayangnya, performa Alam kurang stabil dan tidak bisa mencetak satu gol pun dalam beberapa laga ujicoba terakhir.

RD mengungkapkan, pemain milik DC United itu tidak kunjung memberikan performa meyakinkan. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu mengungkapkan, lini depan Timnas Garuda Muda memang masih menyisakan pekerjaan rumah baginya.

"Syamsir sudah berulang kali dicoba dan beberapa kali diberi kesempatan. Dia juga bermain di pertandingan melawan Chelsea dan saat menghadapi Brunei. Namun, performanya belum terlalu bagus. Kami juga memberikan kesempatan untuk TC, tapi kami realistis saja," beber RD.

Sang pemain tampak sudah menerima keputusan dicoret ini. Melalui akun Twitternya, penyerang jebolan SAD Uruguay itu menegaskan usaha kerasnya lebih penting dibanding hasil pemanggilan.

"Jangan pernah menyesali keputusan itu," tulis Syamsir singkat, beberapa saat usai pencoretan.

Kejutan di Daftar Pemain

Selain nama Syamsir Alam, yang mengejutkan lainnya adalah dimasukkannya nama Stefano Lilipaly dalam daftar tunggu. Pemain klub Belanda, Almere City, ini diharapkan bisa memompa kreatifitas skuad "Garuda Muda."

Lilipaly sejauh ini belum pernah mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23. Namun, pemain 22 tahun itu sempat menjalani debut bersama Timnas Indonesia  senior saat menghadapi Filipina di pertandingan persahabatan, 14 Agustus 2013, dimana ia membuat satu assist.

Namun, kehadiran pemain berdarah Belanda itu masih tanda tanya. Lilipaly masih terganjal izin dari klub yang dibelanya.

"Lilipaly bermain di klub profesional. Jadi, dia hanya bisa memperkuat Timnas jika pertandingan internasional Indonesia tercantum dalam kalender FIFA," ujar Rahmad.

Yang tak kalah mengejutkan adalah masuknya nama pemain-pemain muda seperti Nelson Alom dan Syakir Sulaiman. Ini menandakan RD masih sangat belum puas dengan lini depan Timnas.

Nelson adalah talenta muda milik Persipura Jayapura. Ia mencuri perhatian kala mencetak dua gol ke gawang Sriwijaya FC. Sedangkan Syakir adalah Pemain Muda Terbaik di Liga Super Indonesia (ISL) kemarin.

Selain yang promosi, terbuangnya nama David Laly dari tim utama juga patut dipertanyakan. Gelandang asal Persidafon Dafonsoro itu selama ini menjadi pemain kunci RD di lini tengah.

Dengan nama-nama ini, tercatat hanya enam pemain yang merupakan alumni SEA Games 2011. Pengalaman itu pasti akan sangat dibutuhkan Kurnia Meiga, Egi Melgiansyah, dan Oktovianus Maniani yang kali ini bermain di luar kandang.

Sektor lini tengah tampaknya tak menjadi masalah untuk Timnas. Dari nama-nama yang ada, RD tampak tak kekurangan stok, baik pemain sayap dengan kecepatan atau pemain yang bertahan.

Masuknya Lilipaly tampaknya untuk mengisi "ruang" yang selama ini ditinggalkan Egi Melgiansyah. Pemain Arema Indonesia itu masih belum bisa menjalani perannya sebagai gelandang penghubung dengan baik.

Skuad Timnas Sudah Teraba?


Dengan keluarnya daftar nama pemain untuk SEA Games, menurut pengamat sepakbola, Tommy Welly, Rahmad sudah harus menentukan skuad yang akan dibawa pada turnamen multievent Asia Tenggara tersebut. Namun, kerangka tim belum terlihat jelas.

Tommy melihat, tampaknya Rahmad masih mencari komposisi pemain berdasarkan 30 pemain yang telah didaftarkan. Pasalnya, dari 30 pemain tersebut, akan dirampingkan kembali menjadi 20 pemain untuk dibawa ke SEA Games.

"Dari jumlah 30 pemain saat ini, Rahmad tampaknya masih ingin melihat komposisi pemain yang tepat sebelum dikurangi menjadi 20 pemain. Ini artinya, persaingan antarlini sangat ketat," ujar Tommy saat dihubungi VIVAbola.

"Tapi, mulai dari sekarang, Rahmad sudah harus memiliki kerangka 20 pemain yang akan dibawa ke SEA Games nanti," lanjut pria yang akrab disapa Towel tersebut.

Tommy melihat, persaingan setiap pemain untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain masih sangat terbuka lebar.

"Semua pemain memiliki kemungkinan 50-50. Karena menurut saya, RD memiliki pemain yang terbatas di SEA Games, hanya 20 orang pemain. Dia masih harus melihat permainan 26 pemain itu."

Mengenai seleksi bergelombang yang dilakukan Rahmad, Tommy menilai, cara itu memang harus ditempuh sang pelatih untuk melihat seluruh pemain yang bermain di dua kompetisi.

"Kalau dia langsung memutuskan 26 pemain untuk didaftarkan ke SEA Games dan mencoret 4 pemain menjadi 20 pemain, tentu sangat riskan," tutur Tommy. (one)

Baca juga:   

Ini yang Dikatakan Ronaldo ke Wasit El Clasico

Hina Wasit El Clasico, Ronaldo Terhindar dari Sanksi

CR7: Semua Pemain Mundur, Saya Ditinggal Sendirian

Barcelona Mengakui Madrid Pantas Dapat Penalti

VIDEO: Tertawai Ronaldo, Messi Disikut Modric

Fabregas: La Liga Beda dengan Premier League, Bale!

Nasib Lilipaly di Timnas U-23 Masih Tanda Tanya

Tiga Pemain Baru Sudah Gabung Timnas Senior

3 Wanita Cantik Mantan "Gebetan" Lionel Messi

Tahan Tendangan Bebas, Kiper PSV Langsung Pingsan

"Bocah Ajaib" Indonesia Diundang Latihan di Belanda



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id