Striker-striker Korban "Kesadisan" Barcelona

Barcelona Tekuk AC Milan
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino

VIVAbola - Barcelona resmi melepas salah satu strikernya, David Villa. Pemain berjuluk El Guaje ini ditransfer dengan nilai €5,1 juta atau setara Rp65 miliar.

Seperti dilansir Soccerway, Villa akan pindah ke Atletico dengan transaksi awal €2,1 juta di tahun pertama. Tambahan €2 juta jika Villa bertahan di Atletico pada musim depan. Dan Atletico akan membayar €1 juta tambahan lainnya di tahun ketiga.

Keputusan Barca ini bisa dibilang tergolong berani. Pasalnya, prestasi Villa dalam 3 musim bersama Alzugrana tergolong impresif. Pemain 31 tahun ini berhasil mencetak 48 gol dari 119 pertandingan.

Villa juga sudah berhasil mempersembahkan beragam gelar untuk Barcelona. Ayah dari tiga anak ini telah merebut dua gelar La Liga, satu Liga Champions, satu Piala Raja, dua Piala Super Spanyol, satu Piala Super Eropa dan satu Piala Dunia Antarklub.

Di level internasional, Villa adalah sosok tak tergantikan di timnas Spanyol. Hingga kini, Villa tercatat sebagai top scorer sepanjang masa La Furia Roja dengan torehan 56 gol dari 92 laga. Gelar Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 tak lepas dari sumbangsih Villa.

Namun penampilan Villa mulai menurun sejak mengalami patah tulang tibia ketika melawan Al-Sadd di Piala Dunia Antarklub 2011. Hal ini membuat dia kesulitan menembus tim inti Alzugrana hingga akhirnya dijual ke Atletico.

Villa langsung memiliki kesempatan membuktikan Barca salah membuangnya. Dia akan menghadapi mantan klubnya itu di ajang Piala Super Spanyol. Villa akan menghadapi Barcelona pada leg 1 Piala Super Spanyol 2013 di Vicente Calderon, 21 Agustus 2013. Leg 2 di Camp Nou digelar pada 28 Agustus 2013.

Villa Perpanjang Striker Korban Barcelona

Barca membela Villa pada 2010 dengan nilai yang cukup mahal yakni €40 juta (setara Rp512 miliar). Nilai tersebut sangat jauh dibandingkan harga yang harus dikeluarkan Atletico saat ini yaitu €5,1 juta (setara Rp65 miliar). Ini membuat Alzugrana terkesan membuang Villa. Apalagi, tim besutan Tito Vilanova baru saja mendapatkan Neymar dari Santos.

Villa bukanlah korban pertama Barcelona. Los Alzugranas sudah sering membuang pemain berlabel bintang yang dianggap gagal bersaing. Ronaldinho adalah korban pertama tim yang bermarkas di Camp Nou itu. Barca melegonya ke AC Milan di awal musim 2008-09.

Padahal kontribusi Ronaldinho dalam 5 musim berkostum Barca begitu luar biasa. Dia adalah otak serangan Barca. Total pemain internasional Brasil ini berhasil menyumbangkan 94 gol dan 81 assist dari 24 penampilan.

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Pemain yang kini memperkuat Atletico Mineiro ini juga dua kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 2004 dan 2005, saat berstatus pemain Barca. Ronaldinho berhasil menyumbangkan dua gelar La Liga, dua Piala Super Spanyol, dan satu Liga Champions.

Setahun kemudian giliran Samuel Eto'o yang menjadi korban kebijakan Barca. Striker asal Kamerun ini dilepas sebagai bagian kesepakatan untuk mendapatkan Zlatan Ibrahimovic. Padahal semusim sebelumnya, Eto'o merupakan pahlawan Barca dalam merebut treble winners.

Sumbangsih Eto'o selama membela Barca sebenarnya cukup impresif. Pemain yang kini membela Anzhi Makhachkala ini mencetak 129 gol dan 35 assist dari 201 penampilan. Dia juga turut menyumbangkan 3 gelar La Liga, 2 Liga Champions, 2 Piala Super Spanyol, dan 1 Copa del Rey.

Nasib Ibra sendiri akhirnya tak beda jauh dengan Eto'o. Dibeli dengan transfer €67 juta (setara Rp857 miliar), Ibra hanya bertahan di Camp Nou hingga 2011. Bahkan, pemain asal Swedia itu sempat dipinjamkan ke AC Milan selama satu musim. Selama di Barcelona, Ibrahimovic mencetak 21 gol dari 43 pertandingan.

Striker lain yang menjadi korban "kesadisan" Barca adalah Thierry Henry. Pemain timnas Prancis ini didatangkan Alzugrana dari Arsenal pada musim panas 2007. Henry akhirnya dilego ke klub Major League Soccer (MLS), New York Red Bulls pada 2010.

Barca seolah melupakan jasa Henry yang mencetak 49 gol dan 26 assist dari 121  laga. Pemain 35 tahun ini juga berhasil merebut dua titel La Liga, satu Liga Champions, serta masing-masing satu Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Bojan Krkic juga harus menjadi korban Barca. Pemain 22 tahun ini sebenarnya sempat bertahan di Barca pada 2007 hingga 2011. Namun, jebolan akademi Barca, La Masia ini kesulitan menembus posisi inti. Dia akhirnya dipinjamkan ke berbagai klub dari mulai AS Roma, AC Milan, dan Ajax Amsterdam.

Bersama Barca, Bojan tampil dalam 163 pertandingan dan mencetak 41 gol. Dia sempat menyumbangkan tiga gelar La Liga, dua Liga Champions, satu Copa del Rey, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Villa Gantikan Peran Falcao

Kehadiran Villa di Atletico Madrid bisa menggantikan peran Radamel Falcao. Pemain internasional Kolombia ini begitu identik dengan kesuksean Los Rojiblancos dalam dua musim terakhir.

Falcao berhasil mencetak 70 gol dari 90 penampilan. Pemain berjuluk El Tigre ini juga kunci kesuksesan Los Rojiblancos dalam merebut masing-masing satu gelar Copa del Rey, Liga Europa, dan Piala Super Eropa.

Atletico melepas Falcao ke AS Monaco dengan nilai €60 juta atau Rp765,974 miliar. Kedatangan Villa ke Vicente Calderon sebelumnya sudah diprediksi oleh bek Atletico, Juanfran. Dia menyebut Villa sebagai salah satu incaran timnya.

"Kami membutuhkan seseorang dengan kualitas tinggi, sama seperti yang Falcao berikan pada kami. Tentu saja, nama-nama yang disebut akan melakukan hal itu," ungkap Juanfran seperti dilansir Football Espana.

"Negredo, Soldado, dan Villa adalah striker berkualitas. Mudah-mudahan kami memiliki musim yang hebat," lanjut pemilik nama lengkap Juan Francisco Torres Belen ini. (one)

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Baca juga:

7 Pemain Ini Tetap Berpuasa di Tengah Kerasnya Kompetisi Eropa

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

Mobil Mewah Berderet di Latihan Perdana Manchester United

Boaz Terancam Absen Saat Melawan Arsenal

Dikejar Wartawan, Presiden Barcelona Masuk Toilet Wanita

Erick Thohir Tak Buru-buru Akuisisi Inter Milan

Rencanakan Liburan Anda Dengan Pilihan Hotel Berbintang dan Tiket Pesawat Harga Terjangkau http://www.viva.co.id/travel

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya