Ini yang Dibutuhkan 'Messi' Indonesia Buat Mentas di Eropa

Pesepakbola muda Indonesia, Tristan Alif Naufal
Sumber :
  • Dokumen Pribadi

VIVA.co.id - Prestasi yang ditorehkan pesepakbola cilik Indonesia, Tristan Alif Naufal, selama di Belanda membuat dua klub besar Belanda, Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam, tertarik meminangnya. Sayangnya, Alif dan keluarga belum mendapat izin tinggal di Belanda, sehingga kesempatan itu belum bisa diambil.

Sebelumnya, Alif memenuhi undangan berlatih bersama akademi Ajax Amsterdam. Karena visa yang hanya membolehkan Alif dan keluarga di Belanda selama 3 bulan, terpaksa bocah kelahiran Jakarta itu tak bisa berlama-lama di sana.

Pada Maret 2015, Alif diminta kembali ke Belanda dan dipersilakan untuk memilih bergabung dengan akademi Ajax atau Feyenoord. Syarat agar Alif bisa masuk akademi dua klub tersebut adalah harus didampingi orangtuanya di Belanda, mengingat usianya yang masih 10 tahun.

“Kami perlu izin tinggal di Belanda untuk sekeluarga agar Alif juga bisa bergabung di akademi Ajax atau Feyenoord. Karena sekarang yang dibutuhkan hanya itu (izin tinggal), kami berharap pemerintah mau membantu prosesnya, termasuk Kedutaan,” jelas ayahanda Alif, Ivan Trianto, kepada VIVA.co.id.

“Alif tak perlu trial atau tes untuk masuk akademi Ajax, akademi sepakbola terbaik di dunia. Ini kesempatan besar dan tak mudah mendapatkannya. Para pelatih dan petinggi Ajax sangat berharap Alif sudah kembali ke Belanda, Maret 2015,” lanjutnya.

Selama ini, Ivan mengungkapkan, banyak bantuan datang dari segala penjuru demi kemajuan karier anaknya di Belanda. Ketika Alif memenuhi undangan berlatih ke Belanda tahun lalu, Dewan Perwakilan Rakyat mendesak pemerintah mengeluarkan visa untuk keluarganya.

Terkait masalah biaya, keluarga Alif mengaku banyak pihak yang menawarkan bantuan selama mereka tinggal di Belanda. Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Luar Negeri dalam hal ini diharapkan dukungannya agar ada anak Indonesia yang masuk akademi sepakbola terbaik di dunia.

“Kalau soal biaya kita di sana, alhamdulillah tak ada masalah, BUMN lewat Pertamina memberikan bantuan, anggota DPR yang gila bola juga banyak membantu Alif. Sekarang, kami hanya butuh izin tinggal di Belanda untuk sekeluarga agar Alif resmi gabung Ajax,” paparnya. (one)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Baca juga:

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

5 Pemain Hasil "Pembelian Panik" di Bursa Transfer Januari

Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini

Jumat, Pemprov DKI Bakal Miliki 20 Persen Saham Persija

Eks Pemain Cerezo Osaka Bikin Pelatih Persib Terpukau

Pesepakbola Cilik Indonesia Jadi Rebutan 2 Klub Belanda

Perjuangan 'Messi' Indonesia di Tanah Belanda

Ketika Ajax Enggan Kehilangan Pesepakbola Cilik Indonesia

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016