Kebangkitan MU Dihadang Liverpool yang Terluka

MU sukses taklukkan Liverpool 1-0 di Piala Liga
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble
VIVAbola
Rekor Buruk Mourinho di MU
- Tensi panas akan terjadi akhir pekan ini di Premier League, menyusul bigmatch yang mempertemukan dua rival, Manchester United melawan Liverpool di Old Trafford, Minggu malam, 14 Desember 2014.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

MU yang sedang dalam performa terbaik menyusul kemenangan beruntun di lima laga terakhir mendapat ujian berat dari Liverpool yang merupakan rival abadi dalam sejarah panjang kedua tim di sepakbola Inggris.
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali


Di saat bersamaan, Liverpool juga diprediksi bakal menjadikan laga ini sebagai pelipur lara setelah mereka dipastikan tersingkir dari kompetisi kasta tertinggi Eropa, Liga Champions, tengah pekan ini.

Sejarah Panjang Rivalitas MU Vs Liverpool
Rivalitas kedua tim berawal dari persaingan bisnis antara dua kota, Manchester dan Liverpool di periode industri di Inggris pada tahun 1890-an. Persaingan pun berlanjut ke lapangan hijau hingga kini.

Duel MU kontra Liverpool paling banyak menarik perhatian publik di Inggris karena keduanya merupakan dua tim tersukses di tanah Britania. Sehingga tak heran keduanya juga dikenal memiliki fans fanatik terbanyak.


Liverpool pernah mendominasi sepakbola Inggris pada 1975 hingga 1990 dengan memenang 11 gelar liga. Sementara MU mulai mendominasi sejak 1993 dengan memenangi 13 gelar juara liga.


Keduanya pun dianggap sebagai dua klub tersukses di Inggris. Total, Liverpool telah mengkoleksi 59 trofi dari berbagai kompetisi domestik dan internasional. Sementara MU lebih unggul dengan mengkoleksi total 62 trofi.


Selain berlangsung keras dan sengit, pertemuan kedua tim juga kerap dibumbui insiden yang menaikkan tensi. Seperti insiden rasial yang melibatkan striker Liverpool Luis Suarez dengan bek MU, Patrice Evra pada musim 2012.


Sihir Van Gaal

16 Maret 2014 lalu menjadi salah satu hari yang menyedikan buat MU. Pasalnya mereka digebuk Liverpool 0-3 di ajang Premier League. Kekalahan ini sendiri menjadi pemicu pemecatan David Moyes dari jabatan manajer MU.


Namun kini MU ditangani manajer 'jaminan sukses', Louis van Gaal. Yang tentunya kekalahan musim lalu tidak bisa menjadi acuan. Apalagi Setan Merah saat ini sedang dalam performa terbaik menyusul kemenangan beruntun di lima laga terakhir mereka.


Rangkaian kemenangan ini membuat MU yang sempat terseok di awal musim, melesat naik ke peringkat tiga klasemen. Perbaikan posisi MU secara otomatis menaikkan kepercayaan diri Wayne Rooney dan kawan-kawan.


MU saat ini berada di posisi tiga klasemen sementara dengan 28 poin dari 15 pertandingan. Hanya tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen Chelsea dan lima poin dari peringkat dua Manchester City,


Namun tekad MU melanjutkan tren positif mereka mendapat ujian berat. Karena harus bertemu dengan rival bebuyutan yang tentunya bakal menguras energi mereka. Tidak mudah meraih poin penuh melawan Liverpool.


Apalagi di saat bersamaan, Liverpool juga diprediksi bakal menjadikan laga ini sebagai laga pelipur lara setelah mereka dipastikan tersingkir dari kompetisi kasta tertinggi Eropa, Liga Champions, tengah pekan ini.


Penampilan Liverpool sendiri sejauh ini tidak stabil di Premier League. Dari enam laga terakhir, mereka hanya memetik dua kemenangan. Sisanya, berakhir dengan tiga hasil imbang dan satu kekalahan.


Performa yang naik turun membuat Liverpool saat ini berada di papan tengah klasemen sementara Premier League. Steven Gerrard dan kawan-kawan berada di peringkat sembilan dengan 21 poin dari 15 laga.


Di laga akhir pekan ini, baik MU dan Liverpool tidak dalam kekuatan terbaik. Dari kubu MU, mereka belum bisa diperkuat Daley Blind dan Phil Jones yang masih menjalani proses pemulihan cedera.


Sedangkan dari kubu Liverpool, mereka juga belum bisa diperkuat Mario Balotelli, Jhon Flanagan, Suso dan Daniel Sturridge yang mengalami cedera. Tak pelak kondisi ini bakal mengganggu permainan The Reds.


Dari catatan pertemuan dua musim terakhir, MU dominan. Dari enam pertemuan, MU memenangi empat di antaranya. Sementara dua laga lainnya di menangkan Liverpool.


Berikut ini 6 pertemuan terakhir kedua tim:


5 Agustus 2014 International Champions Cup

Liverpool  1 - 3  Manchester United


16 Maret 2014 Premier League

Manchester United 0 - 3  Liverpool


26 September 2013 Piala Liga

Manchester United  1 - 0  Liverpool


1 September 2013 Premier League

Liverpool  1 - 0  Manchester United


13 Januari 2013 Premier League

Manchester United  2 - 1  Liverpool


23 September 2012 Premier League

Liverpool  1 - 2 Manchester United


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya