Arsenal Vs Chelsea, Duel di Tengah Gejolak Papan Atas Premier League

Pemain Chelsea, Fernando Torres, saat melawan Arsenal
Sumber :
  • REUTERS/Suzanne Plunkett

VIVAbola - Papan atas klasemen Premier League tengah bergejolak. Arsenal, yang selalu menguasai puncak klasemen sejak pekan 5, untuk sementara harus terlempar ke posisi 3, dan menyerahkan peringkat 1 dan 2 pada Liverpool dan Manchester City.

Arsenal bisa saja merebut kembali takhta klasemen. Syaratnya, menang pada laga pekan ke-17 melawan Chelsea. Ya, Arsenal akan menjamu The Blues, yang kini menduduki posisi 5, di Emirates Stadium, Selasa 24 Desember 2013 dini hari WIB. Laga pun diperkirakan bakal berlangsung sengit.

Bagi The Gunners, kemenangan menjadi hal penting jika ingin melepaskan diri dari tren negatif. Dalam tiga pertandingan terakhir di seluruh kompetisi, pasukan Arsene Wenger tak meraih satu pun kemenangan. Padahal, sebelumnya mereka meraih empat kemenangan beruntun dan tak kebobolan.

Tren negatif Arsenal tersebut diawali hasil imbang 1-1 melawan Everton di Emirates Stadium. Berlanjut di ajang Liga Champions, di mana mereka tumbang 0-2 dari Napoli, meski akhirnya lolos ke babak 16 besar. Setelahnya, mereka dihancurkan ManCity dengan skor 3-6.

Demi mengakhiri rentetan hasil buruk itu, Wenger akan mengandalkan Mesut Oezil, yang memiliki peran penting bagi Arsenal musim ini. "Saya memang akan mengistirahatkannya (usai terus-terusan menjadi starter), tapi bukan dalam laga melawan Chelsea nanti," ujar Wenger di situs resmi klub.

Tak hanya itu, The Professor pun memiliki senjata lain. Dia adalah penyerang Lukas Podolski, yang baru saja pulih dari cedera. Mantan pemain Koeln dan Bayern Munich itu absen lama dari lapangan hijau, lantaran menderita cedera pada laga Liga Champions melawan Fenerbahce, akhir Agustus lalu.

"Dia sudah siap diturunkan. Ini merupakan kabar yang baik karena Podolski selalu mampu mencetak gol penting di laga-laga besar. Dia telah menunjukkannya dalam beberapa pertandingan. Podolski adalah pembunuh terbaik di depan gawang lawan," tutur Wenger.

Kendati demikian, skuad The Gunners pun bukannya tanpa masalah. Di lini belakang, Arsenal kehilangan bek tengah andalannya, Laurent Koscielny, yang menderita cedera lutut pada laga melawan ManCity. Namun, masih ada Thomas Vermaelen yang bisa menemani Per Mertesacker di jantung pertahanan.

Semarakkan 3 Besar

Kubu Chelsea akan coba memanfaatkan tren negatif yang tengah menghinggapi Arsenal. Menempati peringkat 5, The Blues berhak naik tiga peringkat dan semakin meramaikan persaingan di papan atas jika mampu membawa pulang tiga poin dari Emirates Stadium.

Namun, pelatih Jose Mourinho perlu menyiapkan formula terbaik dalam laga nanti. Pasalnya, hingga pekan ke-16 Premier League musim ini, catatan The Blues saat bermain di kandang lawan tak terlalu bagus. Dari tujuh laga, mereka menorehkan tiga kemenangan, dua imbang, dan tiga kekalahan.

Penyerang Chelsea, Fernando Torres, menyadari pentingnya meraih kemenangan pada laga nanti. Selain itu, striker asal Spanyol itu juga mengatakan status tim papan atas yang melekat pada kedua tim juga akan mempengaruhi atmosfer di Emirates Stadium nanti.

"Kami tahu seberapa penting laga ini bagi kami. Ini adalah kesempatan untuk menyalip mereka di klasemen. Kami akan menghadapi Arsenal, dan ini akan menjadi pertandingan besar bagi kedua fans," kata Torres, sebagaimana dilansir situs resmi klub.

The Blues juga memiliki modal bagus dalam melakoni laga nanti. Pada 30 Oktober 2013 lalu, mereka mempermalukan The Gunners di Emirates Stadium pada laga perdelapan final Piala Liga. Saat itu, Chelsea menggulung Arsenal 2-0 lewat gol Cesar Azpilicueta dan Juan Mata.

Torres menganggap hal itu sebagai keuntungan. "Kami telah mengalahkan mereka satu kali pada musim ini di Capital One Cup di Emirates. Jadi, kami tahu apa yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan di sini. Kami perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin, dan saya yakin kami mampu."

Sementara itu, Mourinho menyoroti Oezil, yang berpotensi menjadi sosok merepotkan lini pertahanan The Blues, dengan umpan-umpannya. Sejauh ini, pemain yang juga merupakan salah satu pemain andalan Mourinho saat masih di Real Madrid itu telah mencetak delapan assist bagi Arsenal.

"Dia (Oezil) datang. Arsene Wenger memberi dia seragam dan langsung bermain dan langsung membuat tim menjadi lebih baik. Dia pemain fenomenal. Dia salah satu pemain yang selalu Anda ingin beli dan menyempurnakan tim Anda," kata Mourinho dilansir Soccerway.

"Saya mengetahui poin kekuatan dia, tapi tidak dengan kelemahannya. Dan saya rasa, saya tahu bagaimana menghentikan dia dalam pertandingan. Tapi, mustahil menghentikan dia selama 90 menit karena pemain dengan tipe dia akan selalu punya sebuah atau beberapa momen, di mana Anda tidak dapat menghentikannya," lanjut Mou.

Wenger Belum Taklukkan Mourinho

Tak hanya di antara kedua tim, duel sengit juga akan terjadi di antara dua pelatih. Dalam urusan ini, Mourinho di atas angin. Pasalnya, dari sembilan laga yang mempertemukan mereka (termasuk periode pertama Mourinho di Chelsea), Wenger tak pernah bisa membawa timnya menang.

Dari sembilan laga (Premier League, Piala Liga, dan Community Shield) tersebut, Mourinho lima kali membawa The Blues menang, sementara empat laga lainnya berakhir imbang. Kendati demikian, Wenger enggan menyoroti secara dalam terkait rekor pertemuannya dengan Mourinho.

"Sejujurnya, kami memiliki pertandingan besar di masa lalu, tapi fokus saya untuk Arsenal dan memberikan yang terbaik untuk tim," ujar The Professor.

Wenger justru memilih untuk memberi pujian bagi Mourinho, yang pada periode pertamanya membawa Chelsea pada kejayaan dengan meraih dua gelar Premier League, satu Piala FA, dan dua Piala Liga. Dia yakin, Mourinho bakal menyiapkan kekuatan terbaik menghadapi Arsenal.

"Chelsea fantastis dan dia adalah manajer bagus. Dia membuat Chelsea sulit dikalahkan. Ini adalah kompetisi, sehingga semua orang berjuang untuk membawa tim meraih kemenangan," lanjut pelatih yang pernah membesut Nancy, AS Monaco dan Nagoya Grampus Eight itu. (one)

5 pertandingan terakhir Arsenal:
Cardiff 0-3 Arsenal | 30/11/13, Premier League
Arsenal 2-0 Hull | 05/12/13, Premier League
Arsenal 1-1 Everton | 08/12/13, Premier League
Napoli 2-0 Arsenal | 12/12/13, Liga Champions
Manchester City  6-3 Arsenal | 14/12/13, Premier League

5 pertandingan terakhir Chelsea:
Sunderland 3-4 Chelsea | 05/12/13, Premier League
Stoke City 3-2 Chelsea | 07/12/13, Premier League
Chelsea 1-0 Steaua Bucuresti | 12/12/13, Liga Champions
Chelsea 2-1 Crystal Palace | 14/12/13, Premier League
Sunderland 2-1 Chelsea | 18/12/13, Piala Liga

Baca juga:

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea

Buku Skandal Prostitusi Kandidat Ballon d'Or Akan Diterbitkan

Suguhan Tari Perut untuk Punggawa Bayern Munich

Bukan Palacio, Pahlawan Inter di Derby Milan Versi Erick Thohir

6 Fakta Menarik Usai Inter Tekuk Milan

Gol Tunggal Palacio Antar Inter Tekuk Milan

Menang di Derby, Mazzarri Teringat Masa-masa Sulit

Sempat Tertinggal, Barcelona Permalukan Getafe di Kandang

Kekuatan Barcelona Pincang Tanpa Pemain Pilar

Lagi, Balotelli Pamerkan Sepatu "Why Always Me"

Madrid Menang Tipis Atas Valencia di Mestalla

Juventus Siap Tampung Radja Nainggolan

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal
Eks bos Chelsea Guus Hiddink

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Pemilik baru Inter Milan menginginkan Hiddink jadi bos sementara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016