Menebak Kapten Liverpool Pengganti Gerrard

Kapten Liverpool, Steven Gerrard
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Steven Gerrard sudah memutuskan untuk meninggalkan Liverpool, akhir musim ini. Tentu saja hal ini jadi keputusan mengejutkan dan sangat emosional, karena The Reds merupakan satu-satunya klub yang dibela Gerrard sepanjang karier profesionalnya.

Gerrard sudah membela Liverpool saat masih berusia 8 tahun. Sejauh ini, Stevie G sudah tampil dalam 695 laga dan membukukan 180 gol. Berbagai prestasi telah ditorehkan Gerrard bersama Liverpool selama 17 tahun terakhir, di mana 10 trofi telah dia bawa ke Anfield.

Gerrard mendapat kepercayaan menjadi pemain utama sejak 2000. Pria kelahiran Whiston, Marseyside, 34 tahun lalu ini didapuk sebagai kapten tim sejak 2003. Dia menggantikan jabatan yang sebelumnya dipegang Sami Hyypia.

Sebagai kapten tim, Gerrard tergolong sukses. Sekarang, tugas berat bagi The Reds untuk mencari pengganti Gerrard sebagai kapten tim.

Talenta Lokal Jadi Kapten?

Saat ini, jabatan wakil kapten The Reds dipegang oleh Jordan Henderson. Namun, bukan berarti pemain 24 tahun itu akan otomatis menggantikan Gerrard sebagai kapten tim.

Justru kini muncul peluang talenta lokal yang menggantikan posisi Gerrard sebagai kapten tim. Manajer The Reds, Brendan Rodgers, kini sedang gencar mencari talenta lokal menyusul akan hengkangnya Gerrard.

Setelah hengkangnya Jamie Carragher pada 2013 dan disusul Gerrard, akhir musim nanti, Liverpool berarti semakin sedikit dibela pemain asli asal Merseyside.

Rickie Lambert dan Jon Flanagan menjadi pemain asli Liverpool terakhir yang kini berada dalam skuad utama. Sedangkan pemain 17 tahun asli Scouser, Jordan Rossiter, berpeluang naik ke tim senior.

"Tidak banyak pelatih yang bisa menangani situasi seperti ini (Carragher dan Gerrard pergi). Kita harus menemukan yang berikutnya," ujar Rodgers, seperti dilansir Liverpool Echo.

"Itu yang terjadi dalam sepakbola. Anda harus mencari yang berikutnya. Kami ingin mencari pemain berbakat, saya yakin banyak bakat terpendam di Merseyside dan di sekitar Liverpool," tambahnya.

Jika melihat ketiga nama tersebut, Flanagan sepertinya paling berpeluang. Lambert baru musim ini bergabung dengan Liverpool, sedangkan Rossiter masih terlalu muda.

Flanagan merupakan didikan akademi Liverpool. Pemain 22 tahun ini melakoni debut di Premier League pada 11 April 2011 melawan Manchester City. Total, dia sudah tampil 42 kali untuk The Reds dan mencetak 1 gol. Rodgers mengaku bukan hal mudah mencari pengganti Gerrard.

"Seperti cukup mustahil untuk mencari pengganti Steven dari segi mutu dan kualitas yang dimilikinya. Caranya bermain dan memimpin tim sangat unik. Kami tak bisa mencari pengganti langsung, tapi semua selalu untuk tim. Kami dikenal sebagai klub yang memiliki pemain papan atas," imbuh Rodgers.

Peluang Henderson untuk menjabat kapten juga cukup besar. Apalagi, saat kedatangan Henderson pada 2011, Gerrard sempat merasa terancam. Hal itu diungkapkan mantan bek The Reds, Jamie Carragher.

"Dan Gerrard pun bertanya kepada Dalglish (pelatih Liverpool), 'Di mana saya akan bermain?'. Saya kira itu adalah sebuah candaan. Tapi, ternyata ada sisi keseriusan di dalamnya," ungkap Carragher kepada Daily Mail.

Alasan Gerrard Hengkang

Hal lain yang sempat menjadi misteri adalah alasan Gerrard memilih hengkang di akhir musim. Pria 34 tahun ini mengungkapkan putusannya tersebut karena pelatih Brendan Rodgers tak bisa menjaminnya di tim inti.

"Ada banyak momen yang membuat saya mengambil keputusan ini, tapi saya pikir yang utama adalah saat saya duduk bersama pelatih beberapa saat lalu. Dia mengatakan sudah waktunya untuk mengatur jam main saya, demi diri saya dan tim,” ujar Gerrard seperti dilansir BBC.

“Saya sudah memikirkan bahwa pembicaraan ini bakal terjadi suatu saat, tapi benar-benar menyakitkan rasanya dan itulah yang membuat saya pergi. Juga karena beberapa hal yang terjadi 6-12 bulan terakhir. Tapi, yang terpenting adalah pembicaraan yang tadi itu," lanjutnya.

Gerarrd menegaskan akan melanjutkan kariernya di Major League Soccer (MLS). Terlepas dari itu, Gerrard sudah terbukti sebagai pemain yang loyal. Ini bahkan diakui seorang Zinedine Zidane.

"Saya tahu, klub dua kali mencoba, tapi dia tak mau meninggalkan Liverpool. Tak banyak pemain yang menolak tawaran Real Madrid, tapi saya pikir, itu menunjukkan loyalitas dari seorang pria,"  ujar Zidane seperti dilansir Metro, tentang rencana perekrutan Gerrard oleh Madrid pada masa lalu. (one)

Tak Ditempatkan Sesuai Posisi di Liverpool, Apa Kata Origi

Baca juga:
Klub Medioker Serie A Serius Dekati Balotelli

Dibekap Valencia, Rekor Kemenangan Madrid Terhenti

"Madrid Klub Sukses, Buat Apa CR7 Kembali ke MU?"

Striker Ini Contek Gaya Rambut Aneh Ronaldo

Tumbang di Markas Sociedad, Barcelona Gagal Salip Madrid

Pengacara Cantik dan Mahasiswa Seksi Berebut Cinta Neymar

45 Ribu Fans Meriahkan Kepulangan Fernando Torres

Gol Indah Herrera Warnai Lolosnya MU ke Babak 4

Dramatis, ManCity Melaju ke Babak 4 Piala FA

Bantai Watford, Chelsea Pastikan Tiket Babak 4

Singkirkan Hull, Arsenal Segel Tempat di Babak 4

Persipura Berharap Pemerintah Tak Intervensi PSSI

Jelang Lawan Arsenal, Kondisi Sturridge Belum Jelas
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Klopp menginginkan posisi itu untuk mengurangi beban kerjanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016