Kecele, Kiper Asing Barcelona Sia-sia Belajar Bahasa Spanyol

Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen
Sumber :
  • REUTERS

VIVa.co.id - Nasib sial dialami kiper anyar Barcelona asal Jerman, Marc Andre ter Stegen. Usaha kerasnya belajar bahasa Spanyol demi bisa berkomunikasi dengan rekan-rekan setimnya ternyata sia-sia.

Sejak bergabung dengan raksasa Spanyol, Barcelona awal musim ini dari, Stegen menyadari bahasa adalah faktor terpenting buat pemain asing beradaptasi. Itulah sebabnya dia kursus bahasa Spanyol.

Tapi dia tak menduga ternyata publik di wilayah Barcelona dan mayoritas pemain Blaugrana tidak menggunakan bahasa Spanyol. Mereka ternyata lebih sering menggunakan bahasa lokal, bahasa Catalan.

"Saya mengambil banyak kursus bahasa Spanyol, tapi sulit berkomunikasi karena ternyata sebagian besar publik di sana menggunakan bahasa Catalan," kata Stege dilansir AS, Rabu 4 Februari 2015.

"Dan bahasa itu (Catalan) ternyata bahasa yang sulit," lanjut mantan pemain Borussia Mönchengladbach itu.  

Meski mendapat kesulitan baru, Stegen mengaku cukup mudah beradaptasi di Barcelona. Walaupun dia tidak menyangkal ada beberapa perbedaan antara Barcelona dengan Mönchengladbach.

"Semuanya hanya ada sedikit perbedaan antara kedua klub dan situasi yang ada. Tapi semua orang lebih fokus terhadap bagaimana saya bermain. Saya pikir, semuanya berjalan dengan sangat baik."

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Baca juga:

Perjuangan "Messi" Indonesia di Tanah Belanda

5 Pemain Hasil "Pembelian Panik" di Bursa Transfer Januari

5 Pemain Ini Hanya "Beberapa Hari" Berada di Suatu Klub

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016