Terungkap, Mourinho Mahir 5 Bahasa

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • Metro.co.uk
VIVAbola
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Sosok Jose Mourinho selama ini lebih dikenal sebagai sosok penuh kontroversi yang kerap bersikap arogan dan mengeluarkan kalimat-kalimat tajam kepada pihak yang tidak dia sukai.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Namun, banyak yang tidak tahu jika manajer Chelsea itu ternyata sosok cerdas dan menguasai 5 bahasa berbeda. Kemampuan inilah yang membuka jalan buat Mou yang awalnya hanya seorang penerjemah menjadi pelatih handal.
Scholes Ramal MU Paceklik Trofi 2 Tahun


Pelatih Paris PSG, Laurent Blanc, mengatakan, Mourinho awalnya ditunjuk sebagai penerjemah pelatih Barcelona asal Inggris, Bobby Robson. Saat itu, Blanc masih memperkuat Barcelona asuhan Robson sebagai pemain.


"Robson menyadari hanya bisa sedikit bahasa Spanyol dan Mourinho membantunya untuk berkomunikasi. Dia (Mou) berbicara 4 hingga 5 bahasa," kata Blanc seperti dilansir Marca, Kamis 22 Januari 2015.


"Setelah itu, pada akhir bulan, para pemain memintanya untuk mengubah sistem pelatihan tim. Dan Robson pun langsung mendelegasikan tugas ini kepada Mou karena dia bisa berkomunikasi dengan skuad."


Peluang besar inilah yang dimaksimalkan Mou. Apalagi, manajer asal Portugal itu juga mendapat kesempatan belajar dari pelatih papan atas asal Belanda, Louis van Gaal, kala ditunjuk menangani Barcelona.


"Saya pikir, sejak itulah segalanya dimulai. Kami tahu sejak lama, dia cerdas dan ingin menjadi pelatih bagus. Saat datang ke Barca, Van Gaal juga cukup pintar dengan mempertahankannya dan belajar banyak darinya."


Dan seperti diketahui, kini Mou merupakan salah satu pelatih papan atas dunia dan kerap menjadi rebutan klub-klub besar. Itu menyusul torehan trofi yang dia berikan kala membesut FC Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid. (one)


Baca Juga:

Enrique Ingin Barcelona Bantai Atletico 5-0 di Calderon

Daftar Klub Terkaya, MU Sukses Gusur Barcelona

Persija Mainkan "Trio Maut" Lawan Gamba Osaka?

Ini Dia Bursa Calon Ketum PSSI Mendatang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya