Barcelona Krisis, Ini 7 Dosa Zubizarreta

Para pemain Barcelona merayakan gol ke gawang PSG
Sumber :
  • REUTERS/Philippe Wojazer

VIVAbola - Kabar mengejutkan datang dari Barcelona. Klub Catalan itu memecat Direktur Sepakbola, Andoni Zubizarreta, tidak lama setelah Lionel Messi taluk 0-1 dari Real Sociedad dalam lanjutan La Liga, akhir pekan lalu.

Belum diketahui secara pasti alasan pemecatan ini. Namun, laman olahraga Spanyol, Marca, Selasa 6 Januari 2015, mensinyalir Zubizarreta bertanggungjawab atas aneka permasalahan yang menerpa Blaugrana.

Berikut ini 7 dosa besar yang dianggap merupakan tanggungjawab Zubizarreta yang menjabat sebagai Direktur Sepakbola Barca sejak 2010:

1. Lini belakang rapuh
Barcelona gagal memperkuat lini belakang sejak ditinggal Carles Puyol. Kehadiran bek mahal macam Jeremy Mathieu dan Thomas Vermaelen belum berpengaruh banyak untuk pertahanan Barca.

2. Penjualan Thiago Alcantara dan Cesc Fabregas
Barca nekat melepas dua pemain tersebut. Padahal, di saat bersamaan, lini tengah Barca butuh regenerasi, menyusul veteran Xavi Hernandez yang sudah tak muda lagi.

3. Hengkangnya Victor Valdes
Kiper internasional Spanyol ini dianggap sebagai salah satu pemain penting atas sukses Barca dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, Barca gagal mempertahankan Valdes yang hengkang di awal musim ini.

4. Skandal Transfer Neymar
Barcelona menjadi sorotan publik setelah dianggap tidak trnasparan soal transfer Neymar Jr. Masalah ini membuat presiden Barca, Sandro Rosell, mundur.

5. Sanksi FIFA
Zubizarreta dianggap punya peran atas sanksi larangan jual beli pemain karena melakukan pelanggaran dengan melakukan transfer pemain di bawah umur.

6. Eksodus Pemain La Masia
Kebijakan Zubizarreta membeli pemain bintang membuat sejumlah pemain muda berbakat dari La Masia meninggalkan Camp Nou. Seperti Bojan Krkic, Marc Muniesa, Thiago, Isaac Cuenca dan Cristian Tello.

7. Suksesi Gagal
Usai meraih era keemasan bersama Pep Guardioa pada 2011, Barca gagal bangkit. Mereka kini harus bersusah payah bersaing ketat dengan rival mereka, Real Madrid di kancah domestik. (one)

Baca juga:

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Liverpool Gilas Barcelona di Wembley
Selangkah Lagi, Bek Barcelona Gabung Roma

Mantan Kekasih Ronaldo Segera Jadi Sepupu Superman

Biang Keladi Embargo Transfer Barcelona Akhirnya Dipecat

Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016