Rapor Penampilan Pelatih Anyar Barcelona Sejauh Ini

Pelatih Barcelona Luis Enrique
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAbola - Musim ini, Barcelona kembali dipimpin oleh pelatih baru yaitu Luis Enrique. Bagaimana penilaian eks gelandang tersebut bersama Blaugrana sampai pertengahan musim ini?

Kedatangan Enrique sebenarnya menimbulkan dua reaksi. Suporter yang bosan dengan bola panjang ala Tata Martino tentu sangat senang. Di sisi lain, ia dinilai masih terlalu "hijau" untuk melatih tim sebesar Barca.

Sebelumnya, Enrique hanya bertahan satu musim bersama AS Roma setelah finis di posisi tujuh klasemen dengan kemenangan 17 kali dan kalah 16 kali. Saat membesut Celta Vigo, Enrique berhasil membawa mereka ke posisi lima dengan 15 kemenangan dan 18 kekalahan.

Sampai tengah musim ini, Barcelona masih menduduki peringkat dua klasemen La Liga dengan 38 poin dari 16 pertandingan. Hanya terpaut satu poin saja dari Madrid, yang baru memainkan 15 pertandingan.

Ada beberapa poin penilaian yang diberikan oleh Bleacher Report:

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Manajemen Skuad: C

Selama 24 pertandingan memimpin Barca, Enrique membuat 24 pergantian tim inti. Ini menjadi bukti pengalamannya masih sangat minim menghadapi level Liga Champions dan papan atas La Liga.

Selain itu, hal ini mengisyaratkan sang entrenador tidak percaya diri dengan pemainnya sendiri. Bahkan menurut Marca, beberapa tensi ruang ganti Barca sempat panas usai kalah dari Real Madrid.

Menyatukan Luis Suarez dengan Lionel Messi dan Neymar pun terbukti menjadi masalah buat Enrique. Beruntung Messi dan Neymar terus mencetak gol, sehingga masalah ini tidak terlalu terlihat.

Hasil Pertandingan: B+

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

Meski berbagai perubahan dan tekanan soal pemilihan pemain, Barca masih berhasil melaju di seluruh turnamen yang diikutinya. Menang atas Paris Saint-Germain di laga terakhir grup Liga Champions mungkin hasil terbaik Blaugrana sejauh ini.

Sempat tak kebobolan tujuh laga awal lalu menang atas Valencia dan Sevilla, Barca akhirnya menelan hasil buruk kalah oleh PSG, Madrid dan Celta Vigo lalu ditahan imbang tanpa gol oleh Malaga dan Getafe.

Barcelona dituntut tampil lebih baik saat menghadapi Manchester City pada babak 16 besar Liga Champions. Semangat dan keinginan meraih kemenangan harus lebih ditunjukan.

Performa Permainan: B

Jelas sangat banyak hal yang bisa dikembangkan dari skuad Barca saat ini. Penampilan Blaugrana musim ini tidak se-eksplosif musim sebelumnya meski tetap meraih kemenangan.

Contohnya saat bertandang ke Almeria. Pemain Barca tampak tidak dapat berbuat apa-apa dan berhasil meraih kemenangan lewat usaha yang sangat keras. Tapi, pasukan Enrique tak akan terhentikan kalau sedang nyetel. Contohnya saat mengalahkan Sevilla.

Baca juga:


Ronaldo Kenang Pertemuan Menyentuh dengan Martunis

Hasil Lengkap Pertandingan Premier League Malam Tadi

Kiper QPR Dapat "Wangsit" Sebelum Gagalkan Tendangan Penalti Sanchez

Selangkah Lagi, Bek Barcelona Gabung Roma
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016