Ballon d'Or 2014: Adu Komentar Kubu Messi dan CR7

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Manuel Neuer
Sumber :
  • REUTERS

VIVAbola - Pengumuman pemenang FIFA Ballon d'or atau penghargaan pemain terbaik dunia 2014 semakin dekat. Komentar-komentar berisi dukungan terhadap salah satu kandidat pun terus bermunculan. Apa dasar mereka memberi dukungan tersebut?

Seperti diketahui, dari 20 nama yang sebelumnya diumumkan, FIFA telah menyaringnya menjadi tiga pemain saja. Mereka adalah bintang Barcelona, Lionel Messi, winger Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan kiper andalan Bayern Munich, Manuel Neuer.

Messi sebenarnya gagal membawa Blaugrana meraih satu pun trofi pada 2014. Namun, talentanya sebagai salah satu pemain terbaik dunia masih terlihat. Catatan pribadinya pada musim lalu pun terbilang fantastis, 41 gol dari 46 laga di seluruh kompetisi.

Selain itu, dia memiliki andil besar saat Argentina melaju ke final Piala Dunia 2014, sebelum akhirnya ditundukkan Jerman. Untuk itulah, Messi dinilai layak untuk masuk nominasi dan mencoba merebut kembali trofi yang pada tahun lalu lepas ke tangan Ronaldo.

Dukungan untuk Messi pun terus berdatangan. Bahkan di antaranya membuat telinga para pesaingnya, khususnya Ronaldo, panas. Salah satunya dikatakan oleh rekan setimnya di Blaugrana, Xavi, yang mengatakan Messi layak mendapat penghargaan.

"Yang pantas masuk tiga besar adalah pertama Lionel Messi, kedua Philipp Lahm dan ketiga adalah Javier Mascherano," kata Xavi saat ditanya tiga kandidat yang pantas meraih Ballon d'Or, sebagaimana dilansir Eurosport, Rabu 24 Desember 2014.

"Dia (Ronaldo) tidak berbuat banyak di Piala Dunia padahal penilaian Ballon d’Or tahun ini bisa dinilai dari situ," lanjut pemain asal Spanyol, yang telah mempersembahkan tujuh titel La Liga bagi Barcelona tersebut.

Dukungan juga datang dari gelandang Blaugrana lainnya, Ivan Rakitic, yang secara khusus memuji kemampuan individu pengoleksi empat titel Ballon d'Or itu. Bahkan menurutnya, Ballon d'Or saja tak cukup untuk mempresentasikan kehebatan Messi.

"Berbeda saat Anda melihatnya bermain di satu laga dan saat bersamanya setiap hari saat latihan. Ini gila, karena Anda tak akan pernah tahu apa yang akan dilakukannya. Di setiap aksinya, dia siap untuk mencetak gol," ujar Rakitic dilansir Inside Spanish Football.

"Mungkin, dia adalah pemain terbaik sepanjang sejarah sepakbola. Pele, Maradona (juga terbaik)... tapi Messi tentu saja. Kita tak cuma harus memberinya Ballon d’Or, tapi juga memberi segalanya di sepakbola. Dia spesial," sambung eks pemain Sevilla tersebut.

Selain itu, banyak hal lain, khususnya dalam hal performa individu, yang mendukung Messi bisa memenangi Ballon d'Or tahun ini. Salah satunya, pemain berusia 27 tahun tersebut sukses memecahkan rekor milik legenda Athletic Bilbao, Telmo Zarra, sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak sepanjang sejarah La Liga.

Hal lainnya, dia juga mematahkan rekor legenda Los Merengues, Raul, sebagai pemain paling tajam di ajang Liga Champions. Dan, bola emas di Piala Dunia 2014 pun menjadi catatan positif lainnya, yang berpotensi mengantarkan Messi meraih trofi kelima.

Ronaldo menjanjikan sepanjang 2014


Di ajang paling bergengsi dan ditunggu-tunggu, Piala Dunia 2014, Ronaldo memang gagal membawa Portugal meraih hasil memuaskan. Bahkan, Seleccao gagal lolos dari fase grup. Namun, jika berbicara performa sepanjang 2014, Ronaldo layaknya pemain super.

Sebelum masuk ke torehan individu, mari lihat trofi apa saja yang didapat Ronaldo bersama Los Blancos. Sepanjang 2014, CR7 total meraih empat trofi, yaitu Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan terbaru, Piala Dunia Antarklub.

Dan, trofi-trofi itu semakin lengkap, dengan pencapaian individunya. Dalam semusim, eks pemain Manchester United itu sukses membukukan 51 gol dari 47 laga yang dilakoninya di semua kompetisi. Torehan yang tak akan bisa diraih oleh pemain sembarangan.

Di musim 2013-14, Ronaldo pun menyabet top scorer La Liga dan Liga Champions. Selain itu, dia juga menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak sepanjang 2014. Di musim 2014-15, dia pun kini merupakan top scorer sementara La Liga dengan 25 gol.

Catatan mengagumkan itu pun kemudian mengundang pujian dari mantan pemain Madrid, Roberto Carlos. Dikatakannya, dengan seobjektif mungkin, dia yakin kalau tak ada pemain yang bisa menghalangi Ronaldo untuk meraih titel ketiga Ballon d'Or.

"Saya merupakan penggemar sejati Lionel Messi, tapi Cristiano Ronaldo sejauh ini lebih impresif. Dia sedang berada di momentum yang luar biasa. Segala yang dia lakukan tepat. Dia seorang pemimpin," ucap Carlos, sebagaimana dilansir Evening Times.

"Saya tak mengatakan itu karena dia pemain Real Madrid. Bukan itu poinnya. Messi luar biasa dan sejarahnya di sepakbola begitu mengagumkan. Tapi, kita harus memilih siapa pemain terbaik tahun ini, dan itu adalah Cristiano Ronaldo," sambungnya.

Dukungan lain datang dari bek sayap Chelsea, Filipe Luis. Menurutnya, Messi tetap merupakan salah satu pemain terhebat yang ada di muka bumi ini. Namun, pemain berusia 29 tahun itu mengatakan, pencapaian Ronaldo pada 2014 terlalu impresif.

"Messi salah satu pemain dengan talenta luar biasa yang pernah saya hadapi, tapi saya tidak merasa dia pantas memenangkan Ballon d'Or musim ini," kata Filipe Luis, sebagaimana dilansir Marca.

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

"Meskipun ini terlihat sebagai penghargaan dengan muatan politis yang jelas Ronaldo telah melakukan hal yang lebih hebat dibandingkan yang dilakukan pemain manapun," lanjut bek asal Brasil yang pernah memperkuat Atletico Madrid tersebut.

Neuer kurang diunggulkan

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Banyaknya pembandingan antara Messi dan Ronaldo membuat satu kandidat lainnya, sedikit terlupakan. Neuer sendiri merupakan "perwakilan" dari Timnas Jerman, yang merengkuh trofi Piala Dunia 2014, --kompetisi yang biasanya menjadi ajang penilaian.

Selain merengkuh trofi Piala Dunia, Neuer juga berhasil membawa Bayern Munich menjuarai Bundesliga dan DFB-Pokal 2013-14. Selain itu, penampilannya di bawah mistar gawang pun selalu cemerlang dan memainkan peran sebagai sweeper-keeper.

Namun satu hal yang sedikit mengganjalnya adalah, dia merupakan seorang kiper, posisi yang kurang diperhitungkan di ajang seperti Ballon d'Or. Hingga kini, baru ada satu pemain yang meraihnya, yaitu kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin pada 1963.

Namun, keraguan muncul dari sejumlah pihak. "Ini sungguh luar biasa di mana satu diantara tiga nominasi adalah seorang kiper. Tapi saya tidak yakin Neuer akan memenangkannya tahun ini," kata legenda kiper MU, Peter Schmeichel.

Mantan pemain AC Milan, Alessandro Nesta pun demikian. "Saya mendukung Cristiano Ronaldo, karena itu (Ballon d’Or) harus diberikan kepada seseorang yang melakukan hal spesial," kata Nesta, seperti dilansir Gazzetta dello Sport, Rabu 10 Desember 2014.

"Ini kenapa saya begitu berlawanan dengan keinginan memberikan itu (Ballon d’Or) kepada Neuer," sambung mantan kapten Lazio ini.

Namun, dukungan untuk Neuer pun tetap ada. Salah satunya dari pelatih Belgia, Marc Wilmots. "Dia (Neuer) adalah kiper komplet dan sejauh yang saya ketahui, yang terbaik di dunia. Dia memiliki musim yang sempurna, nyaris memenangkan segalanya. Dia konsisten dan membuat banyak kemajuan," ucapnya.

"Selain apa yang dia lakukan untuk Bayern, dia memimpin Jerman menjadi juara dunia. Jadi, saya pikir, kami harus menghargai pemain yang menghentikan gol dibandingkan memilih pemain pencetak gol," sambung pria berusia 45 tahun itu.

Jadi, siapakah yang paling layak mendapatkannya? Apakah Messi berhasil merebut kembali trofi yang lepas atau Ronaldo mampu menambah koleksinya menjadi tiga trofi? Atau justru Neuer yang bakal memberi kejutan, dengan mematahkan dominasi Messi-Ronaldo?

Semuanya baru bisa terjawab di Zurich Kongresshaus, Senin 12 Januari 2015, pada malam penghargaan FIFA Ballon d'Or 2014. Sangat menarik untuk dinanti.

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Baca juga:

Tak Cuma Atletico, Liverpool Juga Ingin Bawa Pulang Torres

Persaingan di Lini Tengah Madrid Sengit, Khedira Antusias


Adik Sendiri Ditekel Brutal, Pemain Ini Dapat Kartu Merah

Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016