Satu Langkah Madrid Menuju Tim Terbaik di Dunia

Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • REUTERS/Youssef Boudlal

VIVAbola - Selangkah lagi Real Madrid menasbihkan diri sebagai klub terbaik di dunia. Kemenangan atas tim asal Meksiko, Cruz Azul dengan skor 4-0, Selasa 16 Desember 2014 (Rabu dini hari WIB) mengantarkan Los Blancos ke final Piala Dunia Klub.

Tampil di Stade de Marrakech, empat gol Los Blancos disumbangkan oleh Sergio Ramos, Karim Benzema, Gareth Bale, dan Isco. Cristiano Ronaldo memang tidak mencetak gol, namun dia menyumbangkan 2 assist untuk gol Bale dan Isco.

Terkait hal itu, pelatih Madrid, Carlo Ancelotti sama sekali tak khawatir. Pria asal Italia itu bahkan berpendapat, CR7 sengaja menyimpan golnya untuk laga final.

"Ronaldo bermain sangat baik. Dia mempersembahkan dua assist," kata Ancelotti dikutip Soccerway.

"Dia selalu tampil efektif, bahkan di saat gagal mencetak gol seperti di laga ini. Saya percaya Ronaldo menyimpan golnya buat partai final," sambungnya.

Selain Ronaldo, Ancelotti juga memuji performa Iker Casillas. Sang kiper berhasil memblok sebuah tendangan penalti di menit 40 ketika Los Blancos sudah unggul 2-0.

"Penyelamatan Casillas juga menjadi kunci kemenangan kami. Cruz Azul hampir saja menghidupkan peluangnya lagi. Untungnya, kiper kami menjatuhkan badan ke arah yang tepat," ungkap mantan pelatih AC Milan dan Chelsea tersebut.

Madrid memang tampil luar biasa. Pelatih Cruz Azul, Luis Fernando Tena sampai mengakui timnya memang kalah kelas dari Los Blancos.

"Real Madrid pantas menang. Mereka jelas lebih unggul. Skor 4-0 adalah refleksi yang bagus dari apa yang terjadi di luar lapangan," ujar Tena seperti dilansir situs resmi FIFA.

"Kami memiliki beberapa peluang bagus untuk mencetak gol. Sayangnya, kami tak bisa memanfaatkan salah satunya," lanjut pelatih yang membawa Meksiko meraih medali emas Olimpiade 2012 ini.

Tena mengakui Madrid merupakan tim yang jauh lebih bagus. Pelatih 56 tahun ini senang bisa menghadapi lawan setangguh Los Blancos dan berharap bisa memetik banyak pelajaran.

Patahnya Berbagai Rekor

Kemenangan atas Cruz Azul ternyata membuat Madrid menciptakan rekor baru dalam persepakbolaan Spanyol.

Sebagaimana dilansir AS, El Real menjadi tim Spanyol yang mampu mencetak gol terbanyak dalam satu tahun. Sepanjang 2014, skuad asuhan Carlo Ancelotti tersebut sudah membukukan 176 gol.

Jumlah tersebut berhasil melewati catatan milik Barcelona yang menorehkan 175 gol pada 2012. Torehan gol dari Madrid bisa bertambah, karena mereka masih akan tampil di final Piala Dunia Klub pada 20 Desember 2014.

Raihan cemerlang atas Cruz Azul juga membuat Madrid sudah menorehkan 21 kemenangan secara beruntun di semua kompetisi. Catatan itu, tercatat sejak kalah 1-2 dari Atletico Madrid di pekan ketiga La Liga pada 16 September lalu.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya kalah 3 laga dari pemegang rekor dunia asal Brasil, Coritiba, dengan 24 kemenangan beruntun. Madrid juga sudah membukukan 78 gol dan baru kebobolan 10 gol.

Hegemoni Eropa Berlanjut?

Madrid berpeluang memperpanjang hegemoni Eropa di Piala Dunia Klub. Sejak Piala Dunia Klub diadakan pada 2000 -  sempat vakum pada 2001 hingga 2004 - Eropa dan Amerika Latin terus bergantian menjadi juara.

Tercatat, sudah 9 kali wakil Eropa dan Amerika Latin menembus partai final. Hasilnya, Eropa lebih unggul dengan 6 kali juara. Sementara itu, Amerika Latin sempat juara sebanyak 4 kali.

Barcelona menjadi klub Eropa yang sempat 2 kali juara, pada 2009 dan 2011. Sisanya, diraih oleh AC Milan (2007), Manchester United (2008), Inter Milan (2010), dan Bayern Munich (2013).

Sementara itu, wakil Amerika Latin yang meraih 2 kali juara ada Corinthians (2000 dan 2012). Sao Paulo juara pada 2005, sedangkan Internacional menjadi yang terbaik pada 2006. Uniknya, semua gelar juara untuk Amerika Latin diraih oleh klub Brasil.

Beruntung, lawan Madrid di final bukanlah klub Brasil, namun klub Argentina. Los Blancos akan menghadapi San Lorenzo dalam partai final yang berlangsung di Stade de Marrakech pada 20 Desember mendatang.

Juara Copa Libertadores itu sukses menghentikan tim kejutan asal Selandia Baru, Auckland City. Mereka menaklukkan juara Oseania tersebut lewat babak tambahan waktu dengan skor 2-1.

Gelar juara juga bisa memperbaiki catatan Madrid di Piala Dunia Klub. Sebelumnya, Los Blancos hanya mampu meraih peringkat 4 pada 2000. Ini akan menjadi trofi pertama Madrid di Piala Dunia Klub. Sebelumnya, El Real pernah 3 kali juara Piala Intercontinental pada 1960, 1998, dan 2002.

Baca juga:

Diam-diam, Irina Shayk Curi Celana Dalam Ronaldo

Kekasih Seksi Ronaldo Pamer Foto Sedang Didekap Pria Lain

Pensiun, Thierry Henry Banting Setir Jadi Komentator

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016