Gara-gara Twitter, FIFA Denda 3 Klub Indonesia

Para pemain Persebaya Surabaya pada pertandingan ISL 2014
Sumber :
  • ANTARA/Suryanto

VIVAbola - Tiga klub sepakbola Indonesia harus menerima sanksi berupa denda dari FIFA setelah dianggap mempublikasikan informasi terlarang di twitter. Ini menjadi yang pertama FIFA memberikan sanksi untuk kasus pelanggaran di media sosial.

Dilansir di situs resmi FIFA, ketiga klub yang dimaksud yakni Persebaya Surabaya, Persires Bali Devata, dan PSIS Semarang. Persebaya dan Persires masing-masing didenda USD25.800 atau setara Rp318,2 juta karena dianggap telah menerbitkan data yang dianggap rahasia oleh FIFA di akun twitternya.

Sedangkan PSIS didenda sebesar USD15.000 atau setara Rp185 juta karena telah menerbitkan surat rahasia yang dikirim FIFA kepada mereka. "Klub-klub ini telah melanggar kewajiban mereka untuk menyimpan data rahasia seperti yang diatur dalam FIFA Transfer Matching System," tulis pernyataan di situs FIFA.

FIFA menambahkan, ini menjadi pertama kalinya Komite Disiplin memberikan sanksi untuk pelanggaran di media sosial. Menurut FIFA, setiap data yang bersifat rahasia tidak boleh dipublikasikan dalam bentuk apapun.

"Ini demi keamanan lebih dari 6.500 klub, dan 209 asosiasi anggota yang menggunakan sistem tersebut," tutup pernyataan resmi dari FIFA. (one)

Bonek 'Sulap' Stadion di Jakarta Bak Markas Sendiri
Baca juga:

Wagub DKI: Kalau Bonek Mengganggu, Kami Tindak Tegas

7 Fakta Menarik Usai Madrid Perpanjang Rekor Kemenangan

Polisi Bersenjata Kawal Demo Bonek di Kongres PSSI

Singkirkan Liverpool, Basel Juga Sakiti dengan Lelucon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya