Superioritas Chelsea Berlanjut, Para Rival Terus Memburu

Pemain Chelsea, Eden Hazard, merayakan gol bersama Didier Drogba
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh
VIVAbola - Chelsea melanjutkan tren positif sebagai satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Premier League. John Terry dan kawan-kawan mendapat hal itu setelah meremukkan Tottenham Hotspur tiga gol tanpa balas.
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Bertanding di Stamford Bridge, Kamis 4 Desember 2014 dini hari WIB, Chelsea, yang tampil tanpa striker andalan, Diego Costa, tampil superior. Dominan sepanjang laga, The Blues akhirnya menang 3-0 berkat gol-gol Eden Hazard, Didier Drogba, dan Loic Remy.
Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

"Kami bermain melawan tim yang bagus dan mereka menunjukkan hal itu di laga ini. Mereka memulai laga lebih baik dibandingkan kami dan harusnya dapat mencetak gol lebih dulu," kata manajer The Blues, Mourinho, usai laga, seperti dilansir Soccerway.
Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

"Tapi, setelah kami mampu mencetak gol, penampilan kami lebih stabil dan percaya diri. Setelah itu, kami menguasai jalannya laga. Saya senang dengan poin penuh, penampilan dan semangat para pemain. Hasil ini terlalu berat untuk Tottenham," lanjutnya.

Hasil tersebut membuat Chelsea kokoh di puncak klasemen sementara Premier League, dengan raihan 36 poin, hasil 11 kemenangan dan tiga imbang. Tim asuhan Jose Mourinho itu juga menjadi tim tersubur sejauh ini, dengan koleksi 33 gol.

Kendati demikian, tak ada waktu bersantai untuk The Blues. Sebab, tim-tim di bawahnya mulai aktif menyodok, dengan raihan tiga poin yang mereka dapatkan. Khususnya Manchester City, yang menang besar 4-1 atas tuan rumah Sunderland.

Pada laga tersebut, Aguero kembali tampil apik dengan menyarangkan dua gol. Manajer The Citizens, Manuel Pellegrini pun menyoroti peran mantan pemain Atletico Madrid itu. Namun baginya, hal utama tetaplah kekompakan sebagai kesatuan tim. 

"Dia merupakan pemain penting, tapi ini bukan hanya Sergio Aguero. Kami bermain dengan cara yang bermanfaat baginya untuk mencetak gol. Tapi, penting juga baginya untuk tak hanya memikirkan gol dan bermain demi tim," ujar Pellergini.

"Banyak striker hebat, tapi seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa saya yakin dia adalah salah satu dari lima pemain terbaik di dunia. Sebab, dia bukan hanya mencetak gol, tapi juga bermain dengan sangat baik," lanjutnya seperti dilansir Independent.

The Citizens masih berada di peringkat 2, dengan koleksi 30 poin, hasil sembilan kemenangan, tiga imbang, dan dua kekalahan. Kemenangan atas Sunderland juga meneruskan tren positif, empat kemenangan dari lima laga terakhir di Premier League.

Ancaman bagi Chelsea juga datang dari Manchester United, yang sehari sebelumnya menang 2-1 atas Stoke City. Tambahan tiga poin membuat mereka tetap di posisi 4, dengan raihan 25 poin, hasil tujuh kemenangan, empat imbang, dan tiga kekalahan.

Tak hanya itu, seakan tak mau ketinggalan, West Ham United juga meraih kemenangan 1-2 atas tuan rumah West Bromwich Albion. Kemenangan membuat mereka tetap menempel MU di posisi 5, dengan koleksi 24 poin.

Arsenal dan Liverpool berbenah
Sementara itu, dua tim yang sempat terseok-seok, Arsenal dan Liverpool, mulai bangkit dan mencoba mengembalikan status penghuni Big Four. Kemenangan yang didapat membuat mereka merangkak mendekati Chelsea dan kawan-kawan di papan atas.

Menjamu salah satu tim kejutan musim ini, Southampton, Arsenal sempat kesulitan mencetak gol. Namun, bintang mereka, Alexis Sanchez menjadi pemecah kebuntuan, lewat gol yang dicetaknya pada menit 89.

Usai pertandingan, manajer Arsenal, Arsene Wenger secara khusus memuji penampilan Sanchez. Dikatakannya, mantan pemain Barcelona tersebut memiliki semangat bertanding luar biasa, yang akhirnya membawa tim memaksimalkan poin.

"Alex (Sanchez) merupakan salah seorang pemain yang harus menggali lebih dalam, namun dia punya semangat untuk bertarung. Dia selalu menemukan sesuatu yang spesial untuk mencetak gol," ujar Wenger seperti dilansir Dailymail.co.uk.

"Sangat sulit mencari contoh seseorang yang telah mantap di sebuah klub begitu cepat. Ia tiba Juli lalu dan sekarang Desember. Ketika Anda melihat koleksi golnya dan dampaknya kepada tim, itu sangat luar biasa," sambung pelatih asal Prancis itu. 

Dengan hasil tersebut, The Gunners naik ke peringkat 6, dengan koleksi 23 poin, hasil enam kemenangan, lima imbang, dan tiga kekalahan. Sempat kalah dua kali beruntun, tim asal London Utara itu bangkit dengan meraup kemenangan di dua laga terakhir.

Hal sama juga diraih Liverpool, yang bertandang ke markas tim papan bawah, Leicester City. Sempat dikejutkan gol bunuh diri Simon Mignolet, The Reds akhirnya memastikan kemenangan 3-1 berkat gol Adam Lallana, Steven Gerrard, dan Jordan Henderson.

Usai tak pernah dalam empat laga beruntun (tiga di antaranya berakhir dengan kekalahan), The Reds bangkit dengan dua kemenangan di dua laga terakhir. Tim asuhan Brendan Rodgers pun berhak naik satu setrip ke posisi 8, dengan torehan 20 poin, hasil enam kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan.

Menilik hasil yang didapat tim-tim di pekan ke-14 Premier league pekan ini, tim-tim dengan nama besar tampaknya mulai kembali ancaman berbahaya bagi tim kejutan. Terlebih, Southampton, yang semakin terancam terlempar dari tiga besar.

Persaingan utama masih menjadi milik Chelsea dan ManCity, yang memang merupakan dua tim paling tangguh saat ini. Namun, kebangkitan MU yang mulai menyodok di empat besar perlu diwaspadai. Sedangkan Arsenal dan Liverpool mencoba meraih target realistis mereka, zona Liga Champions.

Baca juga:
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya