6 Fakta Menarik Jelang Indonesia Vs Filipina

Latihan Timnas Jelang Lawan Filipina
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAbola -
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
Indonesia akan menghadapi Filipina di laga penyisihan Grup A Piala AFF, Selasa sore, 25 November 2014. Laga di My Dinh National Stadium ini bisa menentukan langkah kedua tim menuju babak semifinal.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Sejumlah fakta menarik tersaji jelang laga ini. Berikut di antaranya seperti dihimpun
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
VIVAbola:

1.
Laga melawan Filipina akan menjadi laga ke-50 Indonesia di Piala AFF. Total, Tim Garuda meraih 25 kemenangan, 10 kali imbang, dan 14 kekalahan. Indonesia mencetak 118 gol dan kebobolan 65 kali.


2.
Dalam 5 pertemuan dengan Filipina di Piala AFF, Indonesia selalu meraih kemenangan. Rekornya pun sangat fantastis, mencetak 21 gol dan hanya kebobolan sekali.


3.
Kemenangan terbesar sepanjang sejarah Indonesia, terjadi saat melawan Filipina. Tim Garuda membantai Azkals 13-1 di penyisihan grup Piala AFF 2002 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, 23 Desember 2002. Indonesia juga pernah menggilas Filipina 12-0 dalam ajang Presidents Cup di Seoul, 25 September 1972.


4.
Meski rekor pertemuan jauh di bawah Indonesia, Filipina punya peringkat dunia FIFA yang lebih baik. Filipina menjadi negara peserta Piala AFF dengan peringkat terbaik (129), sedangkan Indonesia ada di peringkat 157.


5.
Filipina dan Indonesia sama-sama belum pernah meraih gelar Piala AFF. Indonesia sempat empat kali menjadi
runner-u
p pada 2000, 2002, 2004, dan 2010. Sementara itu, raihan terbaik Filipina adalah semifinal pada 2010 dan 2012.


6.
Indonesia dan Filipina sama-sama memiliki pemain yang berkarier di luar negeri. Indonesia punya Sergio van Dijk yang membela klub Thailand, Suphanburi. Sementara itu, Filipina memiliki Jerry Lucena yang membela klub Denmark, Esbjerg dan Martin Steuble yang tercatat sebagai pemain klub MLS Amerika Serikat, Sporting Kansas City. Lalu, ada Rob Gier yang membela klub Inggris, Ascot United. (art)


Baca Juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya