Seberapa Berubah Skuad Riedl di Piala AFF 2010 dan 2014?

Pemain timnas Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Alfred Riedl kembali dipercaya untuk menukangi tim nasional Indonesia di ajang Piala AFF. Apakah pria Austria ini bisa menyumbangkan gelar juara pertama bagi Skuad Garuda?

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Pelatih 65 tahun itu sebelumnya dipercaya membesut timnas Indonesia pada Piala AFF 2010 silam. Kala itu, tim asuhan Riedl mampu menembus partai puncak sebelum kalah dari Malaysia.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Kini, Riedl kembali dipercaya jadi pelatih kepala Timnas jelang Piala AFF edisi ke-10 dan ditargetkan bisa memberi trofi juara Asia Tenggara untuk Indonesia. Seberapa berubah skuad yang dimilikinya, jika dibandingkan 2010?

Dari tiga kiper yang sekarang dibawa Riedl, Kurnia Meiga Hermansyah, I Made Wirawan, Dian Agus Prasetyo, hanya Kurnia yang masuk tim 2010. Namun, saat itu kiper milik Arema Cronus ini hanya berstatus kiper ketiga.


Pada turnamen 2010 lalu, Riedl mengandalkan Markus Haris Maulana sebagai kiper utama. Sedangkan Ferry Rotinsulu dipercaya sebagai kiper cadangan.


Sedangkan dari sektor lini belakang, hanya tercatat dua pemain eks Piala AFF 2010 yang masih dipanggil oleh Riedl yaitu Zulkifli Syukur dan Muhammad Roby. Tak ada lagi nama Muhammad Nasuha, Maman Abdurahman, atau Hamka Hamzah.


Riedl kini mempercayakan lima pemain belakang lain yaitu Ahmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Rizki Ripora dan Fachrudin Aryanto. Perubahan besar juga dilakukan di lini tengah.


Tercatat juga dua nama saja yang bertahan dalam skuad Riedl, yakni Muhammad Ridwan dan kapten Timnas, Firman Utina. Sedangkan nama seperti Oktovianus Maniani, Arif Suyono, sampai Ahmad Bustomi dipastikan tidak terpilih.


Pemain muda lebih banyak diberikan kepercayaan oleh Riedl pada sektor lini tengah. Manahati Lestusen, Immanuel Wanggai, Ramdhani Lestaluhu, Zulham Zamrun, sampai  Evan Dimas Darmono dipercaya untuk mengisi posisi gelandang.


Lini Depan


Perubahan besar juga dibuat Riedl pada lini depan. Tinggal nama Cristian Gonzales yang dipertahankan. Sedangkan nama-nama seperti Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas, dan Yongki Aribowo bakal absen.


Riedl mempercayakan tiga posisi tersebut kepada tiga penyerang yang tidak kalah berbahaya. Sebut saja Samsul Arif, Sergio van Dijk, dan juga bintang Persipura Jayapura, Boaz Solossa.


Total, tercatat hanya 6 pemain bekas Piala AFF 2010 yang masih dipertahankan Riedl untuk tampil di Vietnam, 22 sampai 28 November 2014, nanti. Sedangkan 17 nama lain adalah pemain baru.


Mampukah skuad baru Riedl ini mengembalikan euforia layaknya Piala AFF 2010? Atau malah semakin berhasil dengan menggondol trofi juara ke Indonesia?


Skuad Garuda akan menjalani laga perdana di Piala AFF 2014 pada Sabtu 22 September 2014, menghadapi tuan rumah, Vietnam, di Stadion My Dinh. Lalu, melawan Filipina dan Laos. (one)


Baca Juga:






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya