Pilih Tim Anda
Daftar
FOKUS

Indonesia Mencari Lawan

Waktu 7 bulan akan digunakan BTN untuk mendatangkan tim papan atas.
Jum'at, 29 Maret 2013, 07:51 WIB
Zaky Al-Yamani
Selebrasi Boaz Solossa usai menjebol gawang Arab Saudi. (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAbola - Persiapan matang terus disusun Badan Tim Nasional (BTN) untuk membangun tim nasional Indonesia dalam usaha menuju Piala Asia 2015. Program jangka panjang pun dibuat oleh BTN sebelum melakoni empat laga krusial kualifikasi Piala Asia yang dimulai pada Oktober mendatang.

Timnas akan menjalani tiga laga kualifikasi Piala Asia sepanjang 2013. Dimulai dengan melawan China pada 15 Oktober dan 15 November dan disusul menghadapi Irak 4 hari kemudian. Selanjutnya Indonesia akan menjalani laga terakhir Grup C melawan Arab Saudi pada 5 Maret 2014.

Waktu tujuh bulan yang tersisa dimanfaatkan oleh BTN, salah satunya adalah dengan mencoba mendatangkan sejumlah tim papan atas dunia ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam sebuah laga ujicoba. Ini jadi bagian penting dari persiapan timnas.

Indonesia saat ini sedang terpuruk di posisi buncit Grup C setelah menelan dua kekalahan pada dua laga perdana, melawan Irak (0-1) dan Arab Saudi (1-2). Kemenangan dalam empat laga terakhir sangat dibutuhkan agar merebut tiket ke Australia.

Dan laga ujicoba menjadi salah satu persiapan penting bagi Indonesia melakoni empat laga tersisa. Mantan pelatih timnas, Rahmad Darmawan sebelumnya memang mendesak PSSI agar menjadwalkan banyak laga ujicoba sebelum menghadapi Cina.

Pelatih yang akrab disapa RD itu mengungkapkan hal tersebut setelah Indonesia ditekuk Arab Saudi 1-2 pada Sabtu lalu. "Jujur, mayoritas pemain yang ada sekarang lama absen di laga tingkat internasional. Makanya beberapa pemain terlihat grogi dan tidak lepas," kata RD.

Calon Lawan yang Masuk Bidikan Indonesia

Sejumlah tim telah masuk dalam bidikan BTN sebagai calon lawan Indonesia. Bahkan beberapa di antaranya sudah mulai dijadwalkan . Timnas Benin diusahakan hadir sebagai lawan pertama Indonesia di laga ujicoba pertama pada 27 April mendatang.

Meski kurang populer di telinga Indonesia, namun posisi Benin berada di atas Indonesia dengan menempati rangking 86 Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Unggul jauh dari Indonesia yang saat ini masih terdampar di urutan 166 rangking FIFA.

Benin merupakan negara yang terletak di barat Afrika. Prestasi terbaik negara yang berpenduduk 9,5 juta jiwa ini adalah berlaga di Piala Afrika 2004, 2008 dan 2010. Selain itu Benin juga berpeluang lolos ke Piala Dunia 2014 setelah memuncaki Grup H zona Afrika.

Setelah melawan Benin, BTN selanjutnya mengagendakan Korea Selatan, Belanda, Paraguay, Chile, Ekuador dan Australia atau Jepang sebagai calon lawan uji coba Indonesia untuk persiapan jelang melawan China. Setelah itu, giliran Meksiko yang akan datang 2 pekan sebelum Indonesia bertandang ke Arab Saudi, Maret 2014 mendatang.

"Semua tim sudah kami komunikasikan. Namun, sampai sekarang belum ada yang resmi karena masalah-masalah kecil. Tapi kemungkinan datangnya cukup besar," ujar Direktur Pemasaran dan Hubungan Luar Negeri PSSI, Rudolf Yesayas, dalam jumpa pers, Kamis kemarin.

"Sedangkan beberapa tim terus kami usahakan sampai sekarang. Makanya ada pertandingan yang berstatus 'plan'. Kalau ternyata ada masalah, bisa kita cut dari sekarang untuk cari pengganti," lanjutnya.

Ambisi Besar Datangkan Lionel Messi dan Kawan-kawan
Program laga ujicoba untuk timnas Indonesia tidak hanya berhenti sampai di ajang kualifikasi Piala Asia 2015 saja. Masih ada tiga ujicoba yang akan digelar pada tahun berikutnya. Dan ketiga calon lawan Indonesia adalah tim papan atas dunia.

Brasil dan Portugal kemungkinan akan datang pada Agustus atau Oktober 2014 mendatang. Sedangkan laga Argentina sudah ditentukan pada 9 September 2014. "Kami sudah berbicara dengan federasi mereka dan tak ada masalah. Itu tanggal (9 September) yang diminta oleh mereka," ujar Rudolf Yesayas.

Rudolf sendiri mengungkapkan bahwa PSSI harus merogoh dana sampai Rp 30 miliar untuk mendatangkan Argentina. "Untuk match fee saja kita harus mengeluarkan $30 juta. Tapi kami dijanjikan Argentina pasti mendatangkan first team, termasuk Messi," lanjutnya.

Untuk Brasil dan Portugal sendiri, sampai saat ini laga tersebut memang belum pasti. Namun, BTN akan terus mengusahakan memberi laga ujicoba yang maksimal untuk timnas. "Ini karena target kami menjadi juara di Piala AFF 2014 nanti," tambahnya.

Rencana Pertandingan Timnas Indonesia (Waktu/Status):
Benin (27 April 2013/In Progress)
Korea Selatan (Mei pekan kedua 2013/ Plan)
Belanda (7 juni 2013/In Progress)
Paraguay (11 juni 2013/In Progress)
Cile (14 Agustus 2013/In Progress)
Ekuador (8 Oktober 2013/Plan)
Cina (15 Oktober 2013/Official Match PPA 2015)
Australia atau Jepang (Oktober pekan ke-4 2013/Plan)
Cina (15 November 2013/Official Match PPA 2015)
Irak (19 November 2013/Official Match PPA 2015)
Meksiko (Februari pekan ke-2 2014/Plan)
Arab Saudi (5 Maret 2014/Official Match PPA 2015)  (sj)

Baca juga:

PSSI Kuras Kantong Datangkan Lionel Messi

RD & Aji Santoso Kembali Berduet Tukangi Timnas

Derby d'Italia, Apa Itu?

Markas MU Jadi Arena Foto Pre Wedding

Duo MU Tunggu Vonis Hukuman UEFA

Balotelli Dimabuk Asmara

Kata Sergio Van Dijk Tentang Fans Indonesia

Blanco Puji Penampilan Timnas Besutan RD & Jacksen

 



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id