10 Pesepakbola yang Namanya Sulit Diucapkan

Kiper Juventus, Wojciech Szczesny
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id - Di antara banyak pesepakbola di dunia ini, ada nama-nama yang unik. Ada pemain pesepakbola yang punya nama yang sulit untuk dieja dan diucapkan.

Salah satunya adalah winger Everton, Gerard Deulofeu. Bahkan, Everton sempat salah menulis "Deulofeu menjadi "Deufoleu".

Beberapa nama pemain sulit dieja karena menggabungkan huruf konsonan dan vokal dengan tidak lazim. Ada pula yang namanya panjang dan sulit untuk diingat.

Berikut 10 pemain yang namanya sulit diucapkan:

1.  Wojciech Szczesny (AS Roma)

Kiper Arsenal yang sedang dipinjamkan ke AS Roma ini terkenal dengan namanya yang sulit dieja. Bahkan, Roma sempat menantang fans mereka untuk mengeja nama Szczesny dengan benar.

Hasilnya, tak ada satu pun yang bisa menyebut nama kiper internasional Polandia ini dengan benar. Bahkan, Szczesny gagal mengeja namanya dengan benar.
Kiper AS Roma, Wojciech Szczesny
Musim ini, Szczesny menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Roma. Dia tampil 15 kali di semua kompetisi bersama Giallorossi.

(Baca juga: VIDEO: Sulitnya Penggemar AS Roma Mengeja Nama Szczesny)



2. Gerard Deulofeu (Everton)
Ejaan pemain ini sulit diucapkan, karena ada dua huruf vokal yang ditulis berdekatan. Ini bisa membuat orang awam kebingungan dalam menyebut namanya dengan benar.

Jangankan orang awam, Everton saja sempat salah menuliskan nama pemain internasional Spanyol ini. Hal ini terjadi di awal musim 2013-14, saat The Toffees meminjam Deulofeu dari Barcelona.

Parahnya, itu terlihat di toko resmi Everton, di jersey milik Deulofeu. Tim asal Marseyside ini malah menulis nama pemain 21 tahun ini menjadi Deufoleu.

Konyol, Everton Salah Tulis Nama Pemain di Kostum Anyar

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

(Baca juga: Konyol, Everton Salah Tulis Nama Pemain di Kostum Anyar)

Everton sepertinya harus benar-benar berlatih bagaimana mengeja Deulofeu dengan benar. Pasalnya, sejak 1 Juli 2015 lalu, pemain ini sudah resmi menjadi milik mereka secara permanen. Musim ini, Deulofeu mencetak 3 gol dari 16 laga bersama Everton.


3. Sinthaweechai Hathairattanakool (Chonburi)
Nama yang satu ini tak asing untuk pecinta sepakbola Indonesia, khususnya Bobotoh Persib Bandung. Sinthaweechai, yang dulu lebih dikenal dengan nama Kosin, sempat membela Persib pada 2006.

Penampilan gemilang kiper internasional Thailand ini membuat banyak Bobotoh memujanya. Kiper 33 tahun ini sempat kembali membela Maung Bandung pada 2009, dengan status pinjaman.

Nama Sinthaweechai tergolong unik. Terutama nama belakangnya yang sangat panjang. Tak banyak yang bisa menuliskan atau membaca Hathairattanakool dengan benar.



4. Jakub Blaszczykowski (Fiorentina)

Melihat nama Blaszczykowski, mungkin bisa membuat mata Anda sakit. Betapa tidak, pemain internasional Polandia ini punya nama dengan ejaan yang sangat tidak lazim.

Bayangkan, ada 6 huruf konsonan yang berderetan di namanya. Ini sangat sulit dieja dan diucapkan oleh orang pada umumnya. Beruntung, pemain 29 tahun ini punya nama panggilan yang lebih akrab di telinga, Kuba.

Kuba 8 musim membela Borussia Dortmund sejak 2007-08. Awal musim ini, pemain internasional Polandia ini dipinjamkan ke Fiorentina. Dia menorehkan 1 gol dari 10 penampilan.

5. Bastian Schweinsteiger (Manchester United)
Meski tak sesulit mengucapkan Blaszczykowski, pelafalan nama gelandang Manchester United ini juga perlu keahlian khusus. Ada 3 huruf konsonan yang berdempetan sehingga menuliskan namanya sedikit sulit.

Beruntung, Schweinsteiger punya nama panggilan yang tak terlalu menyulitkan. Menyebut Schweini, jelas lebih mudah dibandingkan Schweinsteiger.
Bastian Schweinsteiger
Setelah 13 musim membela Bayern, Schweini memutuskan untuk berlabuh di Manchester United di awal musim ini. Pemain asal Jerman ini menorehkan 1 gol dari 22 pertandingan bersama Setan Merah.


6.  Cesar Azpilicueta (Chelsea)
Satu lagi nama pemain yang sulit diucapkan. Dia adalah Cesar Azpilicueta, bek yang membela Chelsea sejak musim 2012-13.

Saking sulitnya namanya diucapkan, dia sampai mengunggah video di Youtube, mengenai cara mengeja namanya dengan benar. Azpilicueta memiliki nama panggilan Dave lantaran para pemain The Blues sulit menyebutnya.
Cesar Azpilicueta memandu untuk mengeja namanya lewat video
“'Cesar' memang tidak terlalu sulit. Tapi, saya kira Azpilicueta cukup sulit. Sejumlah orang menganggap nama saya terlalu sulit diucapkan. Jadi, mereka memanggil saya Dave,” ujar Azpilicueta seperti dilansir Daily Telegraph, beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Bek Chelsea Bikin Video Panduan Mengeja Namanya)


Sejak membela The Blues di musim 2012-13, Azpilicueta menyumbangkan 2 gol dari 141 penampilan.



7. Tomasz Kuszczak (Birmingham City)

Penulisan nama para pemain Polandia memang banyak yang menyulitkan. Selain  Wojciech Szczesny, ada Tomasz Kuszczak yang juga berposisi sebagai penjaga gawang.

Ada kejadian konyol terkait sulitnya menulis nama Kuszczak. Saat itu, Manchester United salah menuliskan nama Kuszczak, di ajang Piala Liga melawan Crewe Alexandra, 25 Oktober 2006.

MU malah menulis Zuszczak di jersey kiper asal Polandia itu. Cukup jauh dari nama aslinya.

Di awal musim ini, Kuszczak membela klub Championship (Divisi II Inggris), Birmingham City. Pemain 33 tahun ini menjadi pilihan utama dengan 20 penampilan.


8. Sokratis Papastathopoulos (Borussia Dortmund)

Pemain asal Yunani ini mungkin bisa membuat bingung siapa saja yang mengucapkan namanya. Namanya relatif panjang dibandingkan nama kebanyakan orang.

Bahkan, karena namanya terlalu panjang untuk dituliskan, namanya biasa ditulis Sokratis di jersey tim. Pemain 21 tahun ini juga punya nama panggilan yang lebih mudah diingat, Papa.

Papastathopoulos sempat membela AC Milan di musim 2010-11. Semusim kemudian, dia hengkang ke Werder Bremen, sebelum membela Borussia Dortmund sejak musim 2013-14.


9. Anatoliy Tymoshchuk (FC Kairat)

Penulisan nama kapten Timnas Ukraina ini sangat membingungkan. Ada beberapa huruf konsonan yang berdempetan dan tentunya sulit diucapkan masyarakat awam.

Tymoshchuk sempat membela Bayern Munich dalam 4 musim, pada 2009 hingga 2013. Pemain 36 tahun ini turut menyumbangkan gelar Liga Champions 2012-13 untuk Die Roten.

Sejak 6 Juli 2015 lalu, Tymoshchuk memperkuat klub Kazakhstan, FC Kairat. Total, dia tampil sebanyak 16 kali.


10. Henrikh Mkhitaryan (Borussia Dortmund)
Pemain lain yang cara penulisan namanya tak lazim adalah winger Borussia Dortmund, Henrikh Mkhitaryan. Pemain 26 tahun ini sudah membela Die Borussen sejak  musim 2013-14.

Tiga musim membela Dortmund, kapten Timnas Armenia ini menjadi andalan dengan 30 gol dari 106 penampilan. Berkat penampilan apiknya, dia banyak diincar klub top Eropa. (one)

Henrikh Mkhitaryan

Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?
Kapten Manchester United, Harry Maguire

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Bek Manchester United, Harry Maguire, dianggap belum pantas menjadi kapten di klub berjuluk Setan Merah itu.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022