Skenario Tiket Piala Eropa Lewat Jalur Peringkat 3 Terbaik

Pemain Turki, Selcuk Inan (8) usai mencetak gol ke gawang Republik Ceko
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Perburuan tiket menuju Piala Eropa 2016 sudah memasuki babak akhir. Sudah ada 18 tim yang memastikan diri akan ambil bagian dalam ajang yang bakal berlangsung di Prancis, 10 Juni-10 Juli 2016.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016
Total ada 24 tiket yang diperebutkan. Satu tiket menjadi milik tuan rumah Prancis, sebanyak 18 tiket lainnya menjadi milik juara dan runner-up grup A hingga I. Satu tiket lagi akan menjadi milik peringkat 3 terbaik. Sementara itu, 8 tim peringkat 3 terbaik lainnya akan menempuh jalur playoff.

Untuk tim-tim di grup A sampai H, melihat peringkat 3 terbaik tak menghitung hasil duel melawan tim juru kunci masing-masing grup. Itu karena grup I hanya dihuni 5 tim, sedangkan grup lainnya diikuti 6 tim.

Sementara ini, Hungaria menjadi tim peringkat 3 terbaik. Tim berjuluk The Magical Magyars sudah memainkan seluruh laga di Grup F. Total, Hungaria mengumpulkan 15 poin dari 8 pertandingan.

Tim yang paling dekat dengan Hungaria adalah Kroasia yang mengumpulkan 14 poin. Namun, Kroasia akan menghadapi tim juru kunci Grup H, Malta. Itu artinya, hasil melawan Malta tak akan dihitung, dan Kroasia sudah tak mampu menggeser posisi Hungaria.

Seperti dilansir situs resmi UEFA, satu-satunya tim yang mampu menggeser posisi Hungaria adalah Turki. Turki memang baru mengumpulkan 9 poin di klasemen peringkat 3. Namun, ini masih bisa berubah jika melihat hasil dini hari nanti.

Turki wajib menaklukkan Islandia di Torku Arena, Konya. Sementara itu, Kazakhstan harus menaklukkan tuan rumah Latvia di Skonto Stadium, Riga.

Jika skenario itu terwujud, maka Latvia yang akan menjadi juru kunci Grup A, sedangkan Kazakhstan bakal menempati posisi 5. Otomatis, hasil melawan Kazakhstan akan dihitung.

Maka, Turki akan mengumpulkan 16 poin dan menggeser Hungaria di klasemen peringkat 3 terbaik. Mereka pun akan mengantongi tiket otomatis ke Prancis. Namun, jika skenario ini gagal, Turki akan melalui jalur playoff dan Hungaria yang lolos otomatis.

Sejauh ini, 5 tim sudah memastikan akan melakoni partai playoff. Mereka adalah Ukraina, Republik Irlandia, Slovenia, Swedia, dan Denmark. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya