Sayonara Brendan Rodgers!

Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers
Sumber :
  • Reuters/Jason O'Brien
VIVA.co.id
Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool
- Berakhir sudah hubungan kerja antara Liverpool dengan Brendan Rodgers. Manajer asal Inggris ini akhirnya dipecat setelah The Reds bermain imbang 1-1 lawan Everton, Minggu kemarin.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Terdepaknya Rodgers tak lepas dari performa buruk Liverpool pada awal musim ini. Mereka hanya mampu menempati peringkat ke-10 dengan raihan 12 poin dari delapan laga yang sudah dilakoni. Bahkan, Liverpool hanya mampu meraih imbang dua kali di ajang Europa League.
Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp


"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Brendan Rodgers atas kontribusi signifikannya kepada klub. Kami mengapresiasi kerja keras dan komitmennya. Kami semua memiliki pengalaman istimewa bersama Rodgers. Kami percaya dia punya jalan karier yang panjang,” bunyi pernyataan Liverpool.

Meskipun sulit, manajemen The Reds percaya ini akan menjadi kesempatan terbaik kami untuk sukses di lapangan. "Ambisi dan kemenangan adalah inti dari yang kami inginkan. Kami percaya, perubahan ini akan membuka kesempatan itu," lanjut pernyataan tersebut.

Selain karena prestasi buruk di atas lapangan, pemecatan Rodgers ini diyakini tak lepas juga dari kegagalan di bursa transfer pemain. Eks manajer Swansea itu dinilai tak mampu menciptakan skuad yang mentereng meski sudah diguyur dana melimpah.


Total, sudah £291,55 juta dihabiskan oleh Rodgers untuk 23 pemain. Namun, Liverpool kian terpuruk dari musim ke musim.


Deretan Nama Calon Pengganti Rodgers


"Saat ini, kami tengah dalam proses pencarian manajer baru dan berharap bisa segera mengumumkannya pada saat yang tepat," tutur Liverpool.


Ada banyak nama yang masuk dalam radar manajemen Liverpool. Semuanya pun terbilang sebagai pelatih top dunia.


Pertama yang dikaitkan dengan The Reds adalah Juergen Klopp dan Carlo Ancelotti. Keduanya memang tengah menganggur saat ini. 


Lalu muncul nama Frank de Boer, Roberto Di Matteo, Walter Mazzarri dan Ronald Koeman. Belakangan, ada dua nama baru yang masuk dalam daftar, yaitu Marcelo Bielsa dan Unai Emery.


Salah satu kandidat, Ancelotti, kemudian membantah bahwa dia akan menjadi pengganti Rodgers. Pasalnya, dia belum menerima tawaran apapun dari klub Inggris tersebut.


 "Saya tidak pernah mendapatkan tawaran apapun dari Liverpool,” kata pelatih berusia 56 tahun itu kepada Express.


Klopp Jadi Kandidat Kuat


Dari sekian nama, Klopp disebut-sebut sebagai calon kuat. Bahkan, beredar isu bahwa pelatih berkebangsaan Jerman itu sudah menandatangani kontrak selama tiga musim.


BBC Sport
melaporkan bahwa perekrutan Klopp menjadi prioritas manajemen Liverpool saat ini. Memang belum ada kesepakatan resmi, tapi jalan menuju ke sana sudah cukup terbuka.


Banyak yang mendukung rencana ini. Dua legenda Liverpoo, Mark Lawrenson dan Jamie Carragher masuk dalam barisan pendukung rencana kedatangan Klopp.


"Mereka (fans) tahu apa yang Klopp lakukan di Borussia Dortmund. Jika saya yang memutuskan, saya akan memilih Klopp dibandingkan Ancelotti," kata Carragher.


Liverpool sendiri sudah mempersiapkan calon pendamping Klopp. Manajemen The Reds akan memboyong mantan asistennya, Zeljko Buvac, demikian yang dilansir
Pravdabl
.


Sementara itu, fans Liverpool berharap kedatangan Klopp bisa diikuti oleh para bintang Borussia Dortmund. Ada tiga pemain yang diharapkan bisa mengikuti jejak Klopp datang ke Anfield.


Ketiga pemain itu adalah Marco Reus, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Mats Hummels. Ketiga pemain ini memang dibutuhkan tenaganya oleh Liverpool. 


Kehadiran Reus dan Aubameyang tentu akan menambah daya gedor lini depan Liverpool. Sementara itu, Hummels akan memperkokoh lini belakang The Reds yang belakangan terlihat rapuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya