Kualifikasi Piala Eropa 2016

Dihajar Turki, Belanda Terancam Absen di Piala Eropa 2016

Pemain Belanda, Robin van Persie (kiri) dan Wesley Sneijder tertunduk lesu
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas

VIVA.co.id - Tim nasional Belanda terancam gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 setelah kalah 0-3 dari Turki pada babak kualifikasi Grup A di Ataturk Olympic Stadium, Minggu 6 September 2016.

Dengan kekalahan ini, Belanda terpuruk ke posisi empat klasemen sementara dengan 10 poin. Dengan dua laga sisa, The Flying Dutchman hanya bisa berharap bisa menjadi posisi ketiga. Kemenangan ini juga membuat Turki masih punya peluang untuk merebut posisi tersebut.

Kembali ke pertandingan, Turki memberikan mimpi buruk bagi Belanda di babak pertama. Pasukan Danny Blind dibuat tak berdaya sehingga kebobolan dua gol. 

Gawang tim tamu sudah dibobol oleh Turki pada menit ke-8. Menerima umpan terobosan Arda Turan, Oguzhan Ozyakup dengan tenang memperdaya kiper Belanda, Jasper Cillessen.

Turki menambah keunggulannya pada menit ke-26. Akselerasi Arda Turan diakhiri dengan sebuah tendangan yang sebenarnya tak terlalu mematikan. Tapi, bola gagal dimentahkan dengan baik oleh Cillessen sehingga membuat gawang tim tamu kembali kebobolan.

Belanda mencoba bangkit di babak kedua. Di menit awal, sudah ada beberapa peluang yang tercipta. Salah satunya lewat aksi Memphis Depay.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016

(Baca juga: Inggris Melenggang, Rooney Cemerlang)

Pada menit ke-55, Depay melepaskan tendangan ekras ke arah gawang Turki. Sayang, bola masih bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Volkan Babacan.

Danny Blind coba melakukan beberapa pergantian di babak kedua ini. Quincy Promes dan Luuk de Jong dimasukkan. Namun, tak ada pengaruh berarti yang dihasilkan kedua pemain ini.

Justru Turki yang kembali mencetak gol pada menit ke-85. Adalah Burak Yilmaz yang menutup pesta Turki ke gawang Belanda. Skor 3-0 bertahan hingga akhir laga. Untuk mengetahui jalannya pertandingan, silahkan mengakses tautan ini.

Susunan pemain

Turki
: Volkan Babacan, Sener Ozbayrakli, Serdar Aziz, Hakan Balta, Caner Erkin, Ozan Tufan, Arda Turan (Volkan Sen 56), Selcuk Inan, Oguzhan Ozyakup (Olcay Sahan 82), Burak Yilmaz, Hakan Calhanoglu (Mehmet Topal 65)

Belanda: Jasper Cillessen, Gregory van der Wiel, Stefan de Vrij (Georginio Wijnaldum 46), Jeffrey Bruma, Jairo Riedewald, Daley Blind (Luuk de Jong 75), Davy Klaassen, Wesley Sneijder, Lucianio Narsingh (Quincy Promes 69), Robin van Persie, Memphis Depay

Pemain Timnas Jerman, Julian Draxler (kostum putih).

Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016

Bintang Wolfsburg ini mengalami cedera paha.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2016