Kualifikasi Piala Eropa 2016

Menangi Duel di Luzhniki, Rusia Tempel Swedia

Pemain Rusia, Artem Dzjuba (tengah), merayakan gol ke gawang Swedia
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Zmeyev

VIVA.co.id - Tim nasional Rusia menempel ketat Swedia di klasemen Grup G kualifikasi Piala Eropa 2016 berkat kemenangan tipis 1-0 di Luzhniki Stadium, Sabtu 5 September 2015.

Berkat kemenangan itu, Rusia kini hanya tertinggal satu poin dari Swedia yang ada di peringkat kedua. Posisi puncak masih ditempati Austria dengan 16 poin.

Tampil sebagai tuan rumah, Rusia langsung menekan sejak awal. Banyak peluang yang dicetak oleh tuan rumah. Namun belum ada yang mampu berbuah gol hingga menit ke-38.

Sbornaya akhirnya mencetak gol keunggulan setelah tembakan keras kaki kanan Dzjuba tak mampu dibendung oleh Isaksson. Bola pun meluncur mulus ke sisi kanan gawang Swedia. Skor 1-0 pun tetap bertahan hingga jeda.

Rusia meneruskan dominasinya di babak kedua. Pasukan Fabio Capello tak mau memberikan kesempatan untuk Swedia bangkit dan berkembang.

Namun, penyelesaian akhir lagi-lagi menjadi kendala. Beberapa peluang yang didapat belum mampu dimaksimalkan dengan sempurna.

Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016

(Baca juga: Real Madrid Sumbang Rp16 Miliar Buat Pengungsi Suriah)

Pada menit ke-62, Swedia yang terus tertekan, nyaris mencetak gol penyama kedudukan. Tendangan dari Emil Forsberg mengarah tepat ke gawang Rusia. Beruntung bagi tuan rumah, Igor Akinfeev masih sigap dalam mengamankan gawangnya.

Swedia kembali mengancam di menit ke-75. Namun, Akinfeev kembali jadi penghalang lewat aksinya menepis bola yang dilepaskan pemain Swedia.

Jelang akhir pertandingan, kedua tim sama-sama menciptakan peluang. Namun, tak ada gol yang tercipta di babak kedua ini.

Susunan pemain

Rusia
: Igor Akinfeev, Sergey Ignashevich, Vasily Berezutskiy, Yury Zhirkov (Oleg Kuzmin 71), Igor Smolinkov, Igor Denisov, Alan Dzagoev, Roman Shirokov (Alexei Berezutsky 84), Oleg Shatov, Aleksandr Kokorin, Artem Dzjuba (Aleksei Ionov 79)

Swedia: Andreas Isaksson, Pierre Bengtsson (Marcus Berg 60), Mikael Antonsson, Martin Olsson, Andreas Granqvist, Emil Forsberg, Sebastian Larsson, Albin Ekdal (Isaac Kiese Thelin 82), Pontus Wernbloom, Jimmy Durmaz, Zlatan Ibrahimovic (Ola Toivonen 46)

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
Penyerang Nigeria, Sadiq Umar mencetak gol ke gawang Swedia di Olimpiade 2016

Gol Umar Buat Nigeria Semakin Kokoh di Olimpiade 2016

Nigeria mempertahankan posisi puncak Grup B dengan dua kemenangan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016