Profil Klub ISL 2015: PSM Makassar dan Semangat 100 Tahun

Para Pemain PSM Makassar.
Sumber :
VIVA.co.id
Kalah dari PSM, Pelatih Gresik United Amuk Wasit
- PSM Makassar adalah satu klub yang sejarahnya tidak akan bisa dikalahkan siapa pun. Klub berjuluk "Juku Eja" ini merupakan klub tertua tak hanya di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara.

Terbang ke Indonesia, Luciano Leandro Bawa 3 Pemain Brasil

Tapi sayang, performa PSM dalam pentas Indonesia Super League (ISL) masih belum bisa menghasilkan prestasi. Juara Liga Indonesia tahun 2000 jadi prestasi terbaik tim kebanggaan Sulawesi Selatan tersebut.
Ini Target PSM di Piala Jenderal Sudirman


Selebihnya, PSM hanya bisa berkutat di papan tengah dan selalu gagal menyodok ke atas. Musim lalu, Samsul Chaerudin cs harus puas menduduki peringkat tujuh klasemen akhir wilayah timur.

Berbagai masalah memang menghambat PSM selama dua musim terakhir. Masalah internal yang berkepanjangan berimbas pada menumpuknya utang. Gaji pemain pun tertunggak. Pemasukan pun minim karena tak bisa main di Makassar akibat tak ada stadion yang representatif.

ISL musim 2015 bisa menjadi titik balik bagi PSM. Wajah dan semangat baru menjadi modal klub yang berdiri pada 2 November 1915 tersebut. Bagaimana tidak, Alfred Riedl kini hadir sebagai pelatih utama.


Tangan dingin eks arsitek timnas Indonesia itu diharapkan bisa membangkitkan prestasi PSM yang tenggelam dalam satu dekade terakhir. Pemain-pemain top asli Sulsel, Ponaryo Astaman dan Syamsul Chaerudin, pun pulang dari perantauan.


Dua pemain asing PSM saat ini pun cukup mentereng. Boman Aime merupakan bek kekar dan berusia muda asal Pantai Gading, lalu ada Nemanja Vucicevic yang sudah malang-melintang di Eropa dan Asia. Dua bintang Timnas U-19, Maldini Pali juga Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, melengkapi skuad "Pasukan Ramang".


Selain itu, PSM dipastikan bisa kembali tampil di depan pendukungnya sendiri. Stadion Andi Mattalata atau yang populer dengan Stadion Mattoangin akan kembali menggelar pertandingan ISL.


Dukungan penuh The Macz Man, The Red Gank, dan Laskar Ayam Jantan di kandang sendiri bisa melecut semangat PSM, dibandingkan musim lalu saat terpaksa tampil di Gelora Bung Tomo, Surabaya.


Berbagai modal penting sudah dikantongi PSM demi mengincar gelar pertamanya di kancah ISL. Apakah gelar juara jadi kado perayaan ulang tahun satu abad "Juku Eja"? Kita nantikan saja.


DATA KLUB:

Nama lengkap: Persatuan Sepakbola Makassar

Julukan: Juku Eja (Ikan Merah), Pasukan Ramang, Ayam Jantan dari Timur

Didirikan: 2 November 1915

Stadion: Andi Mattalatta, Makassar , Indonesia (Kapasitas : 30.000)

Manajer: Irsal Ohorella

Direktur Teknik: Sumirlan

Pelatih: Alfred Riedl

Asisten Pelatih: Hans Peter Schaller


SUSUNAN PEMAIN:

Kiper: Markus Haris Maulana, AM Guntur, Fauzi Toldo


Bek: Boman Airin Aime, Ikbal Samad, Djayusman Trisad, Agung Prasetyo, Rasul Zainuddin, Hendra Wijaya


Tengah: Syamsul Haeruddin, Rasyid Bakri, Kurniawan Karman, Ponaryo Astaman, Ardan Aras, Kaharuddin Salam, Maldini Pali


Depan: Muchlis Hadi Ning Saifulah, M Rahmat, Abdul Abanda Rahman, Achmad Hasim Tolle, Aditya Putra Dewa


![vivamore="
Baca Juga
:"]

Promosi Lomba Selfie, Eks Pacar CR7 'Pamer' Belahan Dada

Harry Kane Sakit Hati Lihat Chelsea Juara Piala Liga

Arema Hadapi Persija di Laga Perdana ISL 2015

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya