Inspeksi Markas Arema, AFC Blusukan Hingga ke Toilet

Wakil AFC, Mahajan Vasuden Nair
Sumber :
  • Dyah Pitaloka/VIVAbola (27/2)

VIVA.co.id – Arema Cronus menerima tamu yang tidak biasa pada Kamis petang 26 Februari 2015. Tiba sekitar pukul 19:30 WIB, tamu istimewa asal India tersebut meminta diantar 'blusukan' ke Stadion Kanjuruhan di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Kontra Bali United, Momen 'Penebusan Dosa' Bagi Arema

Manajemen Arema Cronus yang kompak mengenakan kaos polo warna Ungu pun dengan ramah membawa tamu asal India itu 'blusukan' dari lapangan hingga ke dalam toilet ruang ganti pemain. Tamu tersebut tak lain adalah Mahajan Vasuden Nair, Head of Licensing and Commersial Legal AFC, yang datang untuk mengecek lima aspek pesanan AFC pada Arema Cronus, satu dari tiga tim peserta ISL yang mengantongi lisensi standard AFC tahun 2014.

"Kami pergi ke stadiun untuk memeriksa infratstruktur dulu, karena kami datang terlalu malam dari Makassar setelah menginspeksi Persipura, jadi kami ke stadion dulu lalu ke Kantor Arema mengumpulkan dokumen lain,” kata Mahajan, Kamis 26 Februari 2015.

VIDEO: Arema Juara Piala Bhayangkara

Selama 'blusukan', pria jangkung itu tampak berjalan memeriksa seluruh ruangan yang ada di Stadion Kanjuruhan. Mulai dari pintu masuk untuk penonton, ruang  pers, ruang ibadah, ruang kesehatan, dan ruang tes doping, hingga ruang ganti pemain plus toilet yang ada di dalamnya.

Mahajan terlihat selalu membuka semua toilet yang ada di setiap ruangan, seperti ketika di ruang ganti pemain, ruangan pers dan toilet yang ada di kantor utama Panitia Pelaksana Pertandingan. Kepada Fuad Ardiansyah, Manajer Bisnis Arema Cronus, dia pun sempat bertanya tentang perbedaan kelengkapan toilet yang ada di ruang ganti pemain dengan ruangan pelatih.

Tekuk 10 Pemain Persib, Arema Juara Piala Bhayangkara

"Yang satu tampak lebih lengkap dibandingkan yang di ruang ganti pemain," katanya.

Mahajan juga berhenti agak lama ketika berada di ruangan pers sambil menanyakan soal sambungan wi-fi dan akses jalan awak media dari luar menuju ke ruangan tersebut. Puas berada di dalam gedung, Mahajan bersama perwakilan AFC lain dan staff PSSI diantaranya Yulius Amos dan Surya Simorangkir segera memeriksa kondisi lapangan serta tribun penonton. Saat di tribun, entah kenapa Mahajan kembali terlihat berhenti cukup lama di tribun awak media sebelum turun dan menyudahi inspeksinya pada Kamis malam.

"Arema adalah satu di antara klub besar di Indonesia, dan kami bisa melihat sepakbola Indonesia sangat positif dan terus berkembang menjadi lebih baik. Kami belum bisa memberikan hasil evaluasi sebelum mengumpulkan dokumen lain dan membahasnya pada Sabtu pagi (28 Februari 2015) bersama PSSI,” katanya.

Ada lima aspek yang dinilai oleh AFC dari tiga tim pemegang lisensi AFC, Arema Cronus, Persib Bandung dan Persipura. Aspek itu antara lain infrastruktur, legal, financial, suporting dan pembinaan usia dini serta administrasi dan personalia. Tim AFC akan mengumpukan semua dokumen yang dibutuhkan sebelum memberikan penilaian dan masukan atas temuan mereka. Inspeksi itu dilakukan setelah tiga klub mendapatkan lisensi AFC tahun 2014 lalu.

"Kami memastikan prosedur yang diadopsi PSSI sudah tepat. Kami punya regulasi yang harus diikuti oleh PSSI dalam mengeluarkan lisensi. Nah, PSSI kan telah memberikan lisensi pada tiga klub itu tahun 2014. Sekarang kami cek apakah lisensi itu itu sudah memenuhi prosedur dan regulasi kita atau belum,” katanya.

Setelah mengunjungi Arema, tim AFC dan PSSI akan menyambangi Persib Bandung untuk melakukan inspeksi serupa. Semua hasilnya akan dibahas pada pertemuan Sabtu pagi bersama PSSI.

"Kami akan memberikan masukan pada PSSI tentang mana yang boleh dan tidak boleh dari hasil penilaian kami. Kita hanya mengecek saja, soal pemberian lisensi selalu haknya PSSI,” tandasnya.

Media Officer Arema Cronus Sudarmaji menambahkan rencana inspeksi yang dilakukan Mahajan dan kawan-kawan sudah diinformasikan lewat surat tertulis sejak satu bulan lalu. Sejak itu, Arema terus menyiapkan dan menambah fasilitas serta memenuhi semua regulasi.

"Inspeksi ini untuk pengajuan lisensi tahun kemarin, sekarang baru dilakukan pengecekan,” kata Sudarmaji.

Dari lima aspek yang dinilai, aspek infrastruktur menurutnya mendapatkan sambutan positif dari Mahajan dan timnya, meskipun manajemen tetap membutuhkan masukan dari AFC untuk perbaikan sarana di Kanjuruhan. "Empat aspek lain sudah kami siapkan dokumennya di kantor Arema, dan kami sangat terbuka untuk berbagai masukan dari AFC,” katanya.

Baca juga:

Hasil Lengkap Babak 32 Besar Europa League

Para Jagoan Inggris Melempem di Babak Knockout UCL

Kisah di Balik Busana Nyentrik Pelatih New Radiant

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya