Sembilan Fakta Menarik di Laga Juventus Vs Dortmund

Pemain Juventus merayakan hasil lolos ke babak 16 besar Liga Champoions
Sumber :
  • REUTERS/Giorgio Perottino

VIVA.co.id – Juventus akan menjamu Borussia Dortmund di Juventus Stadium pada leg satu babak 16 besar Liga Champions, dini hari nanti. I Bianconeri memiliki catatan cukup baik kala menjamu tim asal Bundesliga.

Juventus berhasil mengemas 14 kemenangan saat melawan tim-tim asal Jerman di kandang sendiri, sedangkan Dortmund hanya menang empat kali. Masih banyak fakta-fakta menarik lainnya, yang dirangkum dari situs resmi UEFA.

Berikut fakta pertandingan Juventus vs Borussia Dortmund:

1. Pertemuan terakhir Juventus vs Borussia Dortmund terjadi di final Liga Champions musim 1997, di mana Dortmund keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.

2. Untuk kedua kalinya, Juventus berhasil lolos ke fase knock out di enam musim terakhir (musim 2012-2013 dan 2014-2015). Sedangkan Dortmund sudah tiga kali mencapai babak 16 besar, ini menjadi yang ketiga kalinya secara beruntun.
 
3. Juventus yang diasuh oleh Massimiliano Allegri, tak terkalahkan dalam 10 pertandingan kandang di kompetisi UEFA, termasuk mereka kemenangan Grup A atas Malmo FF (2-0) dan Olympiakos (3-2) sebelum Natal.

4. Secara keseluruhan, I Bianconeri hanya kalah sekali dari 15 pertandingan kandang mereka sejak menggunakan nama Juventus Stadium di kancah Eropa. Di mana, delapan di antaranya berhasil menang dan enam imbang.

5. Juventus hanya menelan dua kekalahan pada 28 laga Liga Champions terakhir, di antara 17 kali menang dan sembilan imbang. Kekalahan tersebut terjadi kala menjamu Bayern Munich pada perempatfinal 2012-2013 (kalah 0-2) dan tahap grup pada musim 2009-2010  (kalah 1-4).

6. Dortmund tidak pernah mencatatkan clean sheet saat melawan Juventus di tujuh pertemuan terakhir kedua tim. 13 Dari total 14 gol yang dicetak Borussia Dortmund di Liga Champions musim ini dihasilkan dari skema open play.

7. Catatan Juventus saat menjamu tim asal Bundesliga adalah 14 kemenangan, dua imbang, dan lima kekalahan. Secara keseluruhan Juventus cukup kuat saat melakoni laga dua leg saat melawan tim asal Jerman, yaitu 12 menang dan kalah tiga kali dari 15 pertandingan.

8. Dortmund menang lima kali dari tujuh laga kandang terakhir mereka di Liga Champions.  Pada musim ini, mereka menang 3-0 atas RSC Anderlecht dan 4-0 dari Galatasaray AS , sebelum kehilangan 0-2 dari Arsenal.

9.
Rekor Dortmund di Italia, adalah empat kali menang, sembilan kalah, dan imbang sekali. Kunjungan terakhir skuad asuhan Jurgen Klopp ke Italia, kalah 1-2 dari Napoli pada matchday pertama musim lalu.

Baca juga:

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Juventus Vs Dortmund, Laga Klasik Penuh Kenangan

Lawan Juve, Klopp Klaim Dortmund Sudah Pulih

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Juventus Enggan Terlena dengan Anomali Dortmund

Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024