Ini Tanggapan Tim 9 Menpora Soal Deklarasi Bandung Klub ISL

Persib Bandung Juarai Final ISL 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly

VIVA.co.id - Tim 9 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menghormati Deklarasi Bandung yang digelar klub-klub Indonesia Super League (ISL). Salah satu anggota Tim 9 Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menilai, itu merupakan hak klub-klub ISL untuk mengambil sikap atas keputusan Menpora dan BOPI terkait rekomendasi izin ISL.

Klub-klub ISL menghasilkan sejumlah keputusan dalam deklarasi Bandung yang digelar pada Jumat 20 Februari 2015. Dalam Deklarasi Bandung, klub-klub ISL menghasilkan keputusan untuk memerintahkan PT Liga Indonesia tak mengindahkan keputusan Menpora dan BOPI terkait persyaratan rekomendasi izin ISL

Selain itu, PT Liga Indonesia juga diminta menyusun jadwal baru ISL 2015, menyusun program masa transisi hingga kick-off, dan mengambil keputusan strategis untuk melindungi bisnis klub. Kemudian, Deklarasi Bandung juga meminta Presiden RI Joko Widodo untuk mengambil tindakan tegas atas keputusan Menpora yang esensinya absorbed abuse of power sehingga menghambat kompetisi.

“Itu hak mereka, klub-klub ISL. Itu ungkapan keinginan agar ISL tetap berlangsung. Mereka merasa penundaan dari Menpora dan BOPI mengganggu ISL, itu hak mereka dan perlu diapresiasi,” kata Gatot kepada VIVA.co.id saat ditanya soal hasil Deklarasi Bandung, Sabtu 21 Februari 2015.

Namun, Gatot meminta klub-klub ISL tersebut menyadari bahwa tanpa rekomendasi dari BOPI atau Kepolisian, kompetisi tidak bisa dijalankan. Jadi, Gatot menyarankan agar klub-klub ISL itu tetap mematuhi terkait persyaratan rekomendasi izin bergulirnya ISL dari Menpora dan BOPI.

“Kalau tetap keukeuh ingin menjalankan kompetisi tanpa menghiraukan BOPI dan Menpora, tidak akan bisa. Karena rekomendasi itu sangat penting untuk izin keamanan pertandingan dari Kepolisian,” jelas Gatot. 

“Saya sarankan, jangan memaksa tetap menggulirkan kompetisi. Bagaimana bisa pertandingan bisa digelar tanpa ada izin keamanan,” lanjutnya. (One)

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Baca juga:

Indra Sjafri: Indonesia Bisa Lolos Piala Dunia 2026

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

10 Fakta Menarik Jelang ManCity VS Newcastle

Timnas U-19 Terbang ke Korsel, Marselino Ferdinan Tergantung Persebaya

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Malam Nanti

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022