Indra Sjafri: Indonesia Bisa Lolos Piala Dunia 2026

Pelatih Bali United, Indra Sjafri.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memprediksi Indonesia bisa berkompetisi di Piala Dunia setidaknya 11 tahun lagi. Prestasi itu bisa diraih dengan catatan Indonesia melakukan pembinaan sepakbola dengan tepat sejak usia dini.

"Timnas kuat jika pembinaan usia muda bagus. Sesuai aturan dari FIFA pembinaan usia muda atau youth dimulai sejak usia 6-12 tahun dilanjutkan dengan fase berikutnya, youth formative phase di usia 13-15 tahun," ujar Indra yang kini menangani Bali United Pusam.

Di fase ini, kata Indra, ada kompetisi Piala Dunia U-17. Setelah itu, ada fase usia 16-19 tahun yang dikenal dengan youth final phase. Di fase ini ada Piala Dunia U-20.

Jika jenjang pembinaan berlangsung dengan baik, sejak saat ini, menurut Indra, Indonesia bisa berpartisipasi di Piala Dunia. Jika dirunut berdasarkan Piala Dunia di Brasil pada 2014, maka Indonesia bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2026. "Sepakbola butuh proses, mulai sekarang lakukan yang benar," lanjutnya.

Untuk melakukan pembinaan, tak bisa dipungkiri, Indonésia butuh banyak guru olahraga sejak level dasar. Jumlah saat ini menurutnya jauh dari cukup.

"Ada 6.000 guru sepakbola di Indonesia sekarang, separuhnya dari PNS dan hanya seperempat saja yang aktif dan berkualitas. Bedakan dengan Jepang, data tahun 2011 ada 61 ribu pelatih dengan jumlah penduduk yang jauh lebih sedikit dibandingkan kita," katanya.

Salah satu cara untuk memperbanyak guru dan juga meningkatkan kemampuan pemain adalah lewat akademi dan berbagai coaching clinic, yang bisa dilakukan pelatih berlisensi pada pelatih junior.

" Kita butuh guru berkualitas, banyak pencerahan untuk guru sepakbola. Karena pemain berkualitas tidak bisa dihasilkan dari kompetisi saja, tapi lebih penting dari akademi," ucapnya.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Baca Juga:

Hasil Lengkap Laga Sepakbola Eropa Semalam

ISL 2015 Baru Bisa Bergulir April Mendatang

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Malam Nanti

Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016