Taklukkan 10 Pemain Irak, UEA Raih Peringkat 3 Piala Asia

Ahmed Khalil
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su.

VIVA.co.id – Uni Emirat Arab (UEA) akhirnya meraih peringkat ke-3 di Piala Asia 2015 usai mengalahkan Irak di Hunter Stadium, Newcastle, Australia, Jumat 30 Januari 2015. UEA keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 3-2.

Baru menit 12, Ahmed Khalil nyaris membuka keunggulan bagi UEA andai sepakannya dari dalam kotak penalti tak melayang tinggi ke atas gawang Irak. Akhirnya, gol dari Khalil tercipta di menit 16.

Gol berawal dari umpan satu-dua dengan Omar Abdulrahman, Khalil yang berada di dalam kotak penalti dengan mudah melepaskan bola ke gawang Irak. Upaya kiper Mohammed Hameed untuk menghadangnya pun gagal.

Tertinggal 0-1 dari UEA, Irak memberikan ancaman serius di menit 20. Salah satu pemainnya melepaskan bola ke gawang UEA yang tak terkawal, karena Khalid Essa sudah keluar dari sarangnya.

Beruntung, bola mengenai tiang gawang dan Essa langsung menyelamatkan bola hasil pantulan tersebut. Waleed Salim akhirnya mengubah skor menjadi 1-1, sepakannya dari sudut sempit berhasil bersarang ke gawang UEA.

Irak malah berbalik unggul menjadi 2-1 di menit 42 lewat gol dari Amjad Kalaf, yang memanfaatkan bola rebound Ahmed Yasin yang ditepis Essa. Tak ada gol tambahan di menit-menit akhir babak pertama, Irak unggul hingga turun minum.

Younis Mahmoud langsung membuka peluang bagi Irak di menit awal babak 2, akan tetapi sepakan kaki kanannya dari dalam kotak penalti masih melebar. Petaka bagi Irak, UEA berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit 52.

Gol kembali dicetak oleh Ahmed Khalil, yang memanfaatkan umpan terukur dari Omar Abdulrahman. Wasit memberikan hadiah penalti untuk UEA dan kartu merah pada Ahmad Ibrahim karena menjatuhkan Ali Ahmed di kotak terlarang di menit 57.

Ali Ahmed yang mengambil sendiri eksekusi penalti tersebut, berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna dan membawa UEA unggul 3-2 atas Irak. Skor tetap bertahan hingga berakhirnya laga, dan UEA keluar sebagai pemenang sekaligus peringkat 3 Piala Asia 2015.

Juara pertama akan diperebutkan oleh Australia dan Korea Selatan. Laga keduanya akan berlangsung di ANZ Stadium, Sydney, Sabtu 31 Januari 2015 pukul 16.00 WIB.

Tuan Rumah Piala Asia 2019, Dubai Siapkan Stadion Megah

Susunan Pemain
Irak: Mohammed Hameed; Salam Shakir, Ahmad Ibrahim Khalaf, Dhurgham Ismail, Ahmed Yasin (Ali Adnan '80), Saad Abdulameer, Yaser Kasim, Amjad Kalaf (J.Mehram '86), Mahdi, Kamil (Ali Bahjat Fadhil '62), Younis Mahmoud, Waleed Salim

UEA: Khalid Essa; Mohamed Ahmad, Abdelaziz Husain, Mohanad Salem, Abdulaziz Sanqour (Walid Abbas '68), Omar Abdulrahman, Habib Fardan Abdualla (Ismaeel Al Hamadi '53), Majed Hassan, Khamis Esmail, Ahmed Khalil (Amer Abdulrahman '76), Ali Ahmed Mabkhout

(art)

Momen Horor Sepakbola Irak Terekam Kamera Penonton

Baca Juga:

Hantam UEA, Australia Susul Korsel ke Final Piala Asia

Komentar Rodgers Membuat Fans Liverpool Gigit Jari

Xabi Alonso: Dicadangkan, Kenapa Tidak?

Didukung Chelsea, Costa Tolak Dakwaan FA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya