KOI Tak Ada Dana, PSSI Tetap Kirim Timnas U-23 ke Asian Games

Pemain timnas Indonesia U-23 dalam latihan di SEA GAmes 2013
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Merespon langkah Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk memfasilitasi timnas Indonesia berangkat ke ajang Asian Games 2014, PSSI menyatakan siap menanggung penuh biaya mengirim cabang sepakbola agar bisa berpartisipasi di Incheon nanti.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Sebelumnya, ketua umum KOI, Rita Subowo, menyatakan
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
siap memfasilitasi kontingan sepakbola Indonesia untuk berlaga di AG 2014. Namun, dana sekitar Rp 250 miliar untuk enam cabang dinilai tak akan cukup jika memasukan sepakbola.


Kini, PSSI pun menyatakan siap menggelontorkan dana untuk Timnas Indonesia U-23, dan akan membahasnya dalam rapat Komite Eksekutif pada Sabtu, 25 Januari 2014.


Dalam rapat exco itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, mengungkapkan, akan dibahas mulai dari pelatih, biaya, hingga teknis pengiriman. PSSI menanggung penuh dana persiapan timnas ke Asian Games.


"Kami mengirim timnas U-23. Di rapat Exco akan dibahas pelatih timnas dan dana pengiriman tim. Kami siap mendanai sendiri," katanya.


"Dua hari lalu, secara pribadi, saya sudah berkomunikasi dengan Ketua KOI. Keputusan formal terkait pengiriman timnas ke Asian Games pada 25 Januari 2014," lanjut Joko.


Menurut Joko, sebuah kehormatan karena pemerintah melalui Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ikut memfasilitasi keikutsertaan timnas Indonesia untuk berlaga di gelaran multi event antarnegara di kawasan Asia itu pada September 2014.


"PSSI mendapat kehormatan karena pemerintah melalui KOI telah mendorong sepakbola untuk ikut berpartisipasi di Asian Games," ujar Joko dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu 8 Januari 2014.


Sepanjang sejarah, Indonesia tampil delapan kali dari 17 edisi Asian Games dengan prestasi tertinggi medali perunggung di AG 1958. Setelah diwakilkan oleh tim U-23 sejak 2002, skuad Garuda hanya tampil satu kali yaitu pada AG 2006 Qatar, sekali imbang dari tiga kali main.


Asian Games 2014 rencananya akan digelar mulai 19 September 2014 sampai 4 Oktober diIncheon, Korea Selatan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya