KOI Bakal Fasilitasi Timnas Garuda ke Asian Games 2014

Timnas Indonesia U-23
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAbola - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersedia untuk memfasilitasi cabang sepakbola berangkat ke Asian Games 2013. Ketua KOI, Rita Soebowo, beralasan, tim nasional (timnas) Indonesia memerlukan kompetisi yang lebih tinggi.

Pertimbangan lain adalah pencapaian cabor sepakbola di pentas SEA Games dua episode terakhir (2011 dan 2013) di mana Garuda Muda mampu mempersembahkan perak. Rita mengaku telah berkomunikasi dengan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, dan Sekjen Joko Driyono terkait kualifikasi tim yang akan dikirimkan ke Asian Games di Korea Selatan, 9 September-4 Oktober 2014.

"Pada prinsipnya, kami dari KOI siap memfasilitasi cabang sepakbola. Terutama melihat pencapaian cabang sepakbola di dua SEA Games. Kami sangat mendukung dan siap memafasilitasi cabang sepakbola," ujar Rita saat ditemui di gedung KOI, Rabu 8 Januari 2013.

Hanya saja, menurut Rita, keterbatasan dana menjadi masalah utama dalam mengirimkan cabang sepakbola ke ajang multievent antarnegara di kawasan Asia itu. Pasalnya, KOI dan Pemerintah hanya memprioritaskan cabang-cabang yang berpotensi meraih emas. Sampai saat ini, Rita menjelaskan, pemerintah hanya menyedikan dana Rp 250 miliar untuk enam cabang olahraga (cabor).

KOI pun membuka kemungkinan kerja sama dengan PSSI dalam hal pendanaan cabang sepakbola. "Saya meminta pemerintah agar cepat memberikan informasi dana yang diturunkan untuk Asian Games," kata Rita.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Mengirimkan cabang sepakbola tidak lepas dari pendanaan karena keterbatasan anggaran. Kami masih akan duduk bersama dengan pemerintah dan PSSI. Bila sistemmnya memungkinkan untuk bertanding di SEA Games mengapa tidak?" ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi IV Menpora, Joko Pekik Irianto, belum mau berspekulasi untuk mengirimkan cabang sepakbola ke Asian Games. "Prinsipnya, pemerintah hanya akan memberangkatkan cabang yang berpotensi. Jika memang secara anggaran tidak mencukupi, tentu bisa ada share. Bila ada kekurangan, PSSI bisa ikut membantu. Nanti kami masih akan duduk bersama dengan KOI dan PSSI," papar Joko Pekik. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016