Beranda Login
img_title

Dedeh Rosidah

5 Agustus 1951
s/d
Sekarang
img_title img_title
Dedeh Rosidah alias Mamah Dedeh mulai terkenal sejak berdakwah lewat radio. Namanya makin melambung saat ia intensif ceramah di media televisi. Perjalanan dakwahnya di media hampir 22 tahun. Padahal jauh sebelum itu, ia juga sudah berceramah keliling kampung.

Pada setiap cermahnya selalu mendapat respons yang baik. Bicaranya ceplas-ceplos ala orang Betawi. Penyampaiannya tegas, galak, kadang mengundang tawa para jemaahnya. Apalagi kalau sudah mendengar ketawa mama Dedeh sendiri. "Ya, saya menyampaikan apa adanya sesuai Quran dan Hadits," jelas Mama Dedeh.

Perempuan kelahiran Ciamis, 5 Agustus 1951 ini mengenal dakwah sejak kecil. Ia adalan anak seorang kiai bernama Sujai dan menikah dengan Syarifuddin yang juga anak kiai asal Betawi KH.Hasan Basri.

Masa kecil dan remajanya ia habiskan di kota kelahirannya. Ia besar dalam lingkungan agama yang ketat. Ayahnya seorang kiai. Tak heran bila Mama Dedeh dan saudaranya melakoni seperti ayahnya berceramah sejak kecil. Saat usia SD, Mama Dedeh kadang mengisi ceramah-ceramah pengajian di kampung.

Lulus SMP, ia meneruskan sekolah pendidikan guru agama (PGA) yang tidak terlalu jauh dengan kegiatan ayahnya sebagai penceramah. Padahal ia bercita-cita ingin menjadi pelukis. Untuk meneruskan kegiatan ayahnya, Mama Dedeh dikirim ayahnya kuliah ke Jakarta pada usia 17 tahun. Pada tahun 1968 itulah ia tinggal di Asrama putri Institut Agama Islam Negeri (kini menjadi Universitas Islam Negeri) Syarief Hidayatullah. Ia mengambil Fakultas Tarbiyah (pendidikan).

Kebiasan berceramah tetap ia lakukan saat menjadi mahasiswa. Saat Sabtu Minggu libur, ia keluar asrama bersama teman-temanya berceramah di sekitar Ciputat, Cireunde, dan Pondok Cabe, Jakarta. Memasuki kuliah tahun ketiga, pada tahun 1970, usia 19 tahun, ia menikah dengan kakak kelasnya Syarifuddin. Ia jalani kuliah meskipun sudah berumah tangga dan tetap tinggal di asrama.

Setelah selesai kuliah, ia tinggal bersama suaminya di rumah mertuanya di Tanah Abang, Jakarta. Di sini pun bercermah. Setelah lima tahun di sana, ia pindah ke Depok. Beradaptasi dengan lingkungan baru bukan hal yang sulit baginya. Ia bahkan diminta untuk mengisi acara pengaian di lingkungannya. Seiring perjalanan waktu, ia pun berceramah dari RW ke RW hingga antar kampung. Tak hanya itu, ia juga mengangkat anak asuh untuk disekolahkan. Namanya mulai dikenal di sekitar Jabotabek.

Pada tahun 1994, aktor Benyamin Sueb pemilik radio betawi Bens Radio meminta Mama Dedeh mengisi program Ngaji setiap hari Jumat. Nama Mama Dedeh masuk ke sini, karena salah satu anak asuhnya yang bekerja di radio ini mengusulkannya ke Benyamin Sueb yang sedang mencari penceramah perempuan.

Mama Dedeh mulai siaran di Radio. Gaya khasnya yang ceplas-ceplos mirip dengan karakter Bens Radio mendapat respon yang bagus dari pendengar radio. Dari situlah stasiun televisi Indosiar mengenal dan memintanya mengisi program Mamah dan Aa.

Pada tahun 2007, awal Mama Dedeh dikontrak Indosiar. Sejak tampil di Indosiar, namanya makin populer. Ia pun mulai banyak undangan dari ibu-ibu pengajian hingga pejabat menteri. Ia sudah berkeliling kota-kota di Indonesia. Dalam sehari, ia bisa menghadiri 5-6 tempat.

Selain berceramah lewat visual, audio, tatap muka, ia juga berdakwah lewat buku. Ia menulis buku dengan judul Curhat ke Mamah Dedeh:Menuju Keluarga Sakinah.

Mama Dedeh makin eksis di dunia televisi, ia dipercaya untuk mengisi beragram program dengan nama yang berbeda, tapi tetap dengan aikon dengan nama Mamah, misalnya program; Mamah dan Aa, Ceramah (ceria Bersama mamah), Mamah On The Street, Mamah dan Aa Beraksi, Hati ke hati bersama Mamah Dedeh.

      
KELUARGA      
Suami   : Drs. H. M. Syarifuddin
Anak     : Empat orang anak

 

PENDIDIKAN

    SD, Ciamis Lulus
    SMP, Ciamis
    PGA, Ciamis, Lulus, 1968
    Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

 

KARIER

    Penceramah, sejak kecil
    Pengisi Acara Ngaji, Bens Radio, 1994,
    Pengisi Program Mamah dan Aa, Indosiar, 2007
    Mamah dan Aa, Indosiar, (2007-2011)
    Ceramah (Ceria Bersama Mamah) (2011)
    Curhat Akbar (2011)
    Mamah On The Street (2011)
    Hati ke Hati Bersama Mamah Dedeh, Antv,(2011-2013)
    Mamah dan Aa BerAKSI, Indosiar,(2013-sekarang)
    Dewan Juri Aksi Indosiar, 2015


Berita Terkait
Fakta-fakta Kekayaan Mamah Dedeh, Rumah Megah Bak Istana

Fakta-fakta Kekayaan Mamah Dedeh, Rumah Megah Bak Istana

Gosip

16 Maret 2022
Usia Kepala 6 Mamah Dedeh Tetap Bugar, Apa Rahasianya?

Usia Kepala 6 Mamah Dedeh Tetap Bugar, Apa Rahasianya?

Fit

25 Mei 2018
Dedeh Rosidah

Dedeh Rosidah

3 Juni 2016
Share :