Persiwa Beberkan Alasan Menolak Tampil Lawan Persipura

Persiwa Wamena vs Persib Bandung
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Agus Bebeng

VIVAbola - Persiwa Wamena mengungkapkan alasan menolak tampil melawan Persipura Jayapura, 10 Februari 2013. Persiwa mundur dari pertandingan itu karena ingin menjaga iklim keamanan di Papua tetap kondusif pasca Pilkada

Manajer Persiwa, Agus Santoso mengatakan pihaknya tidak ingin laga sarat gengsi yang sedianya akan berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura berpotensi menimbulkan kericuhan.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Pasalnya, di saat bersamaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua tengah bersiap menggelar rapat Pleno penghitungan rekapitulasi suara Pilkada pada 13-14 Februari 2013.

Jika tetap dipaksakan, Persiwa cemas akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Intinya, kami tidak mau pertandingan nanti digunakan pihak tertentu untuk membuat kondisi di Papua menjadi tidak kondusif karena ditunggangi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," ujar Agus saat dihubungi VIVAbola.

Agus menegaskan, mundurnya tim berjuluk Badai Pegunungan ini bukan berarti tidak siap tampil lawan Persipura. Langkah Persiwa murni untuk mengedepankan kepentingan yang lebih besar."Agar rapat pleno KPU yang sangat berdekatan dengan jadwal pertandingan ini berjalan lancar."

Dia juga menyatakan, tidak ada intervensi dari pihak manapun, termasuk pihak berwenang terkait keputusan ini. "Kami semata ingin menjaga situasi keamanan di Jayapura tetap terkendali." 

Persiwa sendiri mengaku siap jika harus menerima sanksi dari Komisi Disiplin PT Liga Indonesia selaku operator ISL menyusul keputusan tim walk out dari laga kontra Persipura. "Kami sudah siap menerima konsekuensi apapun dari PT Liga atas keputusan menolak tampil lawan Persipura."

Dihubungi terpisah, CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono mengatakan, PT Liga masih mendalami keputusan Persiwa mundur dalam laga kontra Persipura. PT Liga belum bisa mengambil keputusan lebih jauh karena masih menunggu laporan perihal mundurnya Persiwa dari laga lawan Persipura.

"Kami akan menggelar rapat pleno dengan Komisi Disiplin dan masih harus mendengar laporan dari Panpel pertandingan. Kami masih harus menggali informasi secara jelas dan utuh mengenai hal ini," beber Joko. (umi)

Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa
Pelatih Bhayangkara FC, Ibnu Grahan (kanan)

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

BSU kalah lewat gol telat Boaz Solossa.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016