Profil Klub ISL 2015: Krisis Finansial Akut Hantui PBR

Pemain anyar Pelita Bandung Raya, Ilja Spasojevic
Sumber :
  • www.pelitabandungraya.co
VIVA.co.id -
Tekanan Membuat Pemain PBR Tampil Menggila
Salah satu klub yang mencuri perhatian pada Indonesia Super League musim lalu adalah Pelita Bandung Raya (PBR). Sayang, persiapan "Badak Biru" terbentur masalah finansial yang masih membelit.

Strategi Tak Biasa Pieter Huistra Jadi Resep Kemenangan PBR

Kondisi finansial PBR jelang bergulirnya musim 2015 memang sedikit mengkhawatirkan. Bahkan, mereka harus sampai melepas pemain-pemain bintang demi membayar utang gaji dan operasional tim.
9 Pemain PBR Paksa Gresik United 'Angkat Koper'


Rizky Pellu menyusul kepergian Bambang Pamungkas, T.A. Musafri, sampai Dias Angga Putra. Pihak klub mengakui kalau penjualan gelandang muda berbakat itu demi menambal kriris keuangan yang tengah melanda, dan tak tahu akan sampai kapan.

Hal ini akhirnya merembet ke mana-mana. PBR tidak memiliki kandang jelas, setelah wacana pindah ke Stadion Siliwangi bahkan hijrah ke Bekasi, masih sulit untuk terwujud. Laga-laga uji coba yang sudah dirancang pun akhirnya mesti batal.

Rencana untuk menempa diri di Hong Kong harus batal, PBR akhirnya baru menjalani tiga laga ujicoba saja sepanjang Januari kemarin. Kim Jeffrey Kurniawan dan kawan-kawan bermain imbang 1-1 lawan Kuala Lumpur FA dan menang atas dua tim lokal.


Bulan ini, PBR sama sekali belum melakoni uji coba jelang bergulirnya laga perdana mereka di ISL lima hari lagi. Apalagi lawan pada hari Minggu nanti, 22 Februari 2015, adalah bertandang ke markas Persija Jakarta lalu terbang ke Banjarmasin untuk hadapi Barito Putera.


Meski diterpa berbagai masalah, PBR tetap melakukan persiapan dengan baik dan berhasil merekrut tujuh pemain sampai saat ini. Ilja Spasojevic, Syamsir Alam, dan Yongki Aribowo direkrut sebagai penggedor anyar musim depan menggantikan Bepe, Musafri, dan Gaston Castano.


Susunan pemain asing PBR pun tidak terlalu banyak berubah. Kapten sekaligus kiper, Deniss Romanov, dan juga bek Serbia, Boban Nikolic, masih diberi kepercayaan. Spasojevic didatangkan untuk melengkapi kuota.


Sosok Dejan Antonic di pinggir lapangan juga diharapkan bisa menjadi "bara harapan" ditengah krisis yang tengah menerpa PBR dalam musim ketiganya di ISL. Pelatih asal Serbia ini dikenal jago dalam memompa semangat tim. Terbukti pada musim lalu padahal skuadnya tak terlalu dalam.


PBR pasti berambisi ingin membuktikan kalau keberhasilan mereka menembus empat besar ISL musim kemarin bukan sebuah kebetulan. Namun, melihat berbagai gangguan non-teknis yang menimpa di awal musim ini masih butuh waktu sedikit lama untuk melihat nama PBR berada di papan atas klasemen.


DATA KLUB:

Nama Lengkap: Pelita Bandung Raya

Julukan: Badak Biru, The Boys Are Back, Laskar Pasundan

Didirikan: 11 November 1986

Stadion:Si Jalak Harupat

CEO: Marco Garcia Polo

Pelatih: Dejan Antonic

Kapten: Deniss Romanovs


PRESTASI:

Juara Galatama: 1988–89, 1990, 1993–94


SUSUNAN PEMAIN:

Kiper: Deniss Romanovs, Alfonsius Kevlan, Galuh Noor Hendrayana


Bek: Saddam Tenang, Chairul Rifan, Mokhaman Syaifuddin, Hermawan, Boban Nikolic, Satrio Syam.


Tengah: Rafid Lestaluhu, Agus Indra Kurniawan, Muhammad Arysad, Wawan Febrianto, Kim Kurniawan, Fariz Bagus Dinata, David Laly, Dolly Gultom


Depan: Imam Pathuroman, Nunung Dwi Cahyo, Heri Susanto, Yongki Aribowo, Ghozali Muharam Siregar, Rachmad Hidayat, Andrea Bitar, Syamsir Alam


Baca juga:

Atasi Preston, MU Hadapi Arsenal di Perempatfinal

Cetak 11 Gol dari 6 Laga, Messi Sedang di 'Puncak'

PSG Bertumpu pada Ibra, Chelsea Nantikan Sinar Hazard


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya