Bungkam Argentina, Jerman Juara Piala Dunia 2014

Pemain Jerman, Mario Goetze, usai bobol gawang Argentina
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez
VIVAbola
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
- Jerman akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia 2014 usai menundukkan Argentina 1-0 di final di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Senin pagi WIB, 14 Juli 2014. Jerman butuh waktu 120 menit untuk memastikan kemenangan.

Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade

Meski mendominasi penguasaan bola, Jerman tampak kesulitan menembus pertahanan Argentina. Umpan lambung Philipp Lahm di menit 13 yang mengarah ke Miroslav Klose di depan gawang masih mampu dihalau bek Argentina.
Kolongi Pemain Leicester, Messi Malah Dapat Hadiah


Toni Kroos sempat melakukan blunder saat membuang bola ke area pertahanan sendiri. Dan di sana ada Gonzalo Higuain yang tidak terjaga dan langsung menendang keras bola ke gawang. Sayangnya, bola masih melebar.

Permainan Argentina yang mengandalkan serangan balik cepat cukup efektif di pertandingan ini. Menit 30, Argentina menjebol gawang Jerman melalui gol Higuain. Namun, wasit menganulir gol karena dianggap offside.


Lima menit terakhir babak pertama, Jerman sedikitnya memiliki tiga peluang. Yakni lewat dua sepakan Andre Schuerrle dan tandukan Benedikt Howedes, tapi belum membuahkan hasil. Hingga turun minum, skor masih imbang 0-0.


Memulai babak kedua, Argentina langsung menggebrak lewat sepakan keras kaki kiri Lionel Messi di menit 47 usai menerima umpan Sergio Aguero. Tapi, bola masih melebar ke sisi kanan gawang Jerman.


Menit 57, Higuain sempat terkapar setelah berbenturan dengan Manuel Neuer dalam perebutan bola. Pertahanan Jerman benar-benar diuji oleh serangan balik cepat yang dilancarkan Messi dan kawan-kawan.


Permainan keras juga terjadi. Dua kartu kuning dikeluarkan wasit untuk dua pemain Argentina, Javier Maschernao dan Aguero. Sebelumnya, di babak pertama,  Jerman juga mendapat dua kartu kuning.


Meski kedua tim saling berbalas serangan, belum ada gol tercipta hingga laga usai. Skor 0-0 hingga 90 menit. Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.


Gol di Perpanjangan Waktu


Di babak pertama perpanjangan waktu, Jerman mampu menciptakan sejumlah peluang. Namun, penyelesaian akhir yang buruk, membuat upaya mereka masih bisa dimentahkan kiper Argentina, Sergio Romero.


Argentina memiliki peluang emas di menit 97. Rodrigo Palacio tidak terkawal dan coba melambungkan bola untuk melewati kiper Jerman, Neuer, yang bergerak maju. Tapi, bola masih melebar ke kiri gawang.


Jerman akhirnya bisa memecah kebuntuan di babak kedua
extra time.
Tepatnya di menit 113, Andre Schuerrle melepas umpan lambung yang mampu dikontrol Mario Goetze.


Gol ini terbilang cantik karena Goetze mengontrol bola dengan dada dan sebelum bola menyentuh tanah, ia melepas sepakan yang gagal dihalau Romero. Supersub ini pun nyaris tak menyangka bisa menjebol gawang Argentina, dan menjadi pahlawan.


Skor 1-0 bertahan hingga usai. Jerman juara Piala Dunia 2014.


Susunan Pemain:
Jerman:
Manuel Neuer, Benedikt Höwedes, Mats Hummels, Philipp Lahm, Jerome Boateng, Cristoph Kramer (Andre Schuerrle, 32'), Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mesut Oezil (Per Mertesacker, 115'), Miroslav Klose (Mario Goetze, 87'), Thomas Mueller


Argentina:
Sergio Romero, Ezequiel Garay, Pablo Zabaleta, Martín Demichelis, Marcos Rojo, Lucas Biglia, Enzo Perez (Fernando Gago, 86'), Lionel Messi, Javier Mascherano, Ezequiel Lavezzi (Sergio Aguero, 45'), Gonzalo Higuaín (Rodrigo Palacio, 78')  (one)


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya