MISSI: Suspensi Bursa Tidak Perlu Lama

VIVAnews - Penghentian sementara (suspensi) perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak perlu berlama-lama. Berlarutnya suspensi justru akan membuat investor tidak percaya pada industri pasar modal.

"Kalau besok bisa dibuka, kenapa tidak," kata Ketua Umum Masyarakat Investor Sekuritas Indonesia (MISSI) ND Murdani kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 9 Oktober 2008.

Menurut Murdani, Indonesia tidak perlu mencontoh bursa Rusia yang menghentikan sementara perdagangan saham selama tiga hari dan Hong Kong hingga dua pekan. Hal itu dapat menimbulkan keresahan dan ketidakpercayaan investor terhadap pasar modal. "Lebih baik meniru bursa Nikkei yang menyuspensi pasar hanya satu jam," jelasnya.

Dia mengakui, otoritas bursa dapat menyuspensi pasar untuk meredam gejolak. Namun, bila suspensi dilakukan dalam waktu lama bisa membuat kepercayaan investor turun.

Murdani menambahkan, yang perlu dijaga adalah kepercayaan investor terhadap pemerintah. Mestinya, pemerintah tidak hanya memberikan wacana. Bahkan, ketika bank sentral beberapa negara berlomba-lomba menurunkan suku bunga, Indonesia malah menaikkan. "Inilah salah satu indikator yang memperparah kondisi bursa kita, yang sebetulnya hanya terimbas sentimen negatif indeks global," jelasnya.

Selain itu, dia menegaskan, imbauan pemerintah untuk membeli kembali (buy back) saham-saham perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) tidak cukup menjadi sentimen positif. "Padahal, bila cepat direalisasikan, dana buy back saham BUMN cukup Rp 1 triliun," ujar Murdani.

Suspensi Terlambat
Dia menilai, penghentian sementara perdagangan saham sudah terlambat. Suspensi semestinya bisa dilakukan sebelum Lebaran dan hanya pada saham-saham yang terkoreksi cukup tajam. "Lihat saja saham Mitra Rajasa, Apexindo Pratama Duta, dan Bank Internasional Indonesia yang bisa bergerak positif meski bursa global terkoreksi," jelasnya.

Sementara itu, bursa disuspensi sampai waktu yang belum ditentukan tepat pukul 11.08 WIB pada Rabu, 8 Oktober 2008. Saat itu, indeks ditutup terkoreksi 168,05 poin (10,38 persen) di level 1.451,669. Tercatat 6 saham menguat, 135 terkoreksi, 9 bergerak stagnan, dan sebanyak 313 saham tidak ditransaksikan.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024