Prosesor Multicore

AMD Majukan Peluncuran Shanghai

Menurut informasi yang dilansir oleh vnunet.com, AMD menyatakan bahwa mereka telah memajukan jadwal peluncuran prosesor Shanghai –prosesor server, generasi penerus seri Barcelona- ke akhir tahun 2008. Produksi prosesor yang sebelumnya dipersiapkan untuk beredar pada kuartal pertama 2009 tersebut ternyata lebih cepat dari jadwal dan bisa dikirimkan dalam jumlah yang cukup besar ke pasar pada kuartal terakhir tahun ini.

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Seperti diketahui, saat peluncuran Barcelona AMD harus berkutat dengan cacat yang ada di cache memory prosesor. Cacat tersebut membuat prosesor terpaksa diundur peluncurannya hingga enam bulan. Penundaan yang membuat AMD kehilangan segmen pasarnya ke Intel.

"Dengan Shanghai, kami harus meluncurkan produk lebih awal dan memiliki kinerja serta kestabilan yang baik, sehingga partner kami bisa memanfaatkannya lebih awal," ucap Patrick Patia, General Manager of Servers and Workstation AMD. "Kami memiliki pengalaman yang tidak bagus dengan Barcelona. Untuk memenangkan hati pengguna, kami harus melakukan hal yang spesial dengan chip baru ini," tambahnya.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Versi pertama, yang merupakan prosesor dengan konsumsi daya maksimal 75 watt akan diedarkan di akhir tahun. Pada kuartal pertama 2009, versi 55 watt yang ditujukan untuk komputasi berbasis internet serta blade server akan hadir. Demikian pula versi untuk server kelas performa yang konsumsi daya maksimalnya mencapai 105 watt.

Prosesor-prosesor baru tersebut memiliki kinerja 35 persen lebih baik dibandingkan versi Barcelona tetapi dengan konsumsi daya yang juga 35 persen lebih rendah. Semua dimungkinkan karena perbaikan teknologi produksi yang dari 65 nanometer menjadi 45 nanometer.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Untuk memperbaiki hubungan dengan partner yang sempat kecewa dengan Barcelona, AMD menyediakan seperangkat sistem lengkap untuk diuji coba. Partner OEM juga akan mendapatkan prosesor-prosesor tersebut lebih awal untuk memudahkan mereka dalam membangun sistemnya.

Sebagai pelengkap prosesor Shanghai, AMD juga sudah mematok semester kedua sebagai waktu peluncuran chipset baru. Platform yang akan diberi nama Fiorano tersebut akan tetap kompatibel dengan prosesor sebelunnya yakni Barcelona dan sudah dilengkapi dengan input/output virtual serta Hyper Transport 3.

Di paruh kedua 2009 AMD juga berencana untuk meluncurkan prosesor dengan 6 inti yang akan diberi nama Istanbul. Prosesor tersebut juga akan kompatibel dengan platform Fiorano. Prosesor 6 inti kedua, yakni Sao Paulo dan prosesor 12 core yakni Magny-Cours akan diluncurkan tahun 2010 yang akan datang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya