Ragunan Rekrut Warga Bersihkan Sampah

VIVAnews- Lebaran memang membawa berkah bagi tempat-tempat rekreasi di Jakarta. Namun, ada satu efek negatif dari membludaknya pengunjung, yakni sampah. Hal itu diakui oleh Kepala Biro Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Mardjuki saat ditemui di kantornya, Jumat 3 Oktober 2008. "Jumlah sampah meningkat dua kali lipat dari hari biasanya," tukas Mardjuki. Bahkan, tempat sampah yang sudah disediakan tak cukup untuk menampung sampah-sampah yang ditinggalkan pengunjung Ragunan.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal


Bahkan, sambungnya, 65 petugas kebersihan Ragunan pun kewalahan menangani 150 kubik sampah per hari dalam Lebaran tahun ini. Menurut Mardjuki, pihaknya sampai harus merekrut tenaga honorer untuk mengurus sampah itu. "Pengelola Ragunan meminta bantuan warga di sekitar Ragunan. 70 warga yang dipekerjakan untuk  membersihkan sampah. Ada honornya per hari," jelasnya. Namun,

Mardjuki menolak menyebutkan berapa honor yang diberikan Pengelola Ragunan bagi warga tersebut. Setelah membersihkan, kata dia, petugas kebersihan harus mengelola sampah tersebut di tempat yang sudah disediakan.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Ia menjelaskan sampah dibagi menjadi dua, yakni organik dan anorganik.  Sampah organik akan diolah di taman rumput yang ada di lokasi ragunan dan dijadikan pupuk. Sementara, sampah anorganik dibakar. "Mereka mulai bekerja sejak pukul 4 sore hingga besok paginya sebelum Ragunan dibuka," tambah Mardjuki. Sehingga, lanjutnya, saat pengunjung datang, Ragunan sudah bersih kembali.

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024