Swing Voter Capai 34%

Demokrat dan Gerindra Paling Banyak Dipilih

VIVAnews - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis, mendekati pemilu 2009, jumlah swing voter atau pemilih mengambang mencapai 34 persen. Masih tingginya angka itu karena parpol dinilai masih belum bekerja dengan maksimal.
 
Dalam survei yang dilakukan pada 26 Oktober 2008 sampai 5 November 2008 itu, dengan jumlah 34 persen akan bisa mempengaruhi peta politik dalam pemilu 2009."Ini menjadi peluang bagi partai baru," kata Direktur Eksekutif LSI Saiful Mujani di kantornya Jakarta, Minggu 16 Oktober 2008.
 
Menurut Saiful, sumber utama dari swing voter karena lemahnya ikatan psikologis pemilih dengan partai politik. Sebab, secara umum, hanya 15 persen pemilih Indonesia yang merasa sebagai orang partai.
 
Tidak adanya ikatan itu, lanjutnya, dikarenakan pandangan publik tentang partai politik secara umum. Hampir 44 persen atau sebagian dari pemilih tidak melihat satupun partai secara positif."Semuanya dinilai korup," terangnya.
 
Dalam temuan survei itu, diantara partai partai-partai yang ada, hanya Demokrat dan Gerindra yang terlihat mampu kampanye secara lebih masif. Dengan efektifnya kampanye itu, kedua partai itu dinilai lebih berpeluang untuk menarik swing voter.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni
Ilustrasi pencabulan wanita

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Korban pelecehan seksual seorang mahasiswi Undip teman dari pelaku NJI. Korban dekat NJI karena sering menjadi tempat untuk curhat tapi malah disodorkan minuman keras

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024