Ramayana Miliki Repo Bumi

VIVAnews - PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) memiliki repurchase agreement (repo) PT Bumi Resources Tbk senilai Rp 91 miliar. Penurunan harga saham Bumi memici perseroan menjual reppo tersebut pekan lalu di pasar sekunder pada harga Rp 1.450 per saham.

Repo atau adalah kontrak di mana suatu pihak melakukan penjualan efek dengan perjanjian perusahaan akan membeli kembali efek tersebut, pada waktu tertentu dan pada harga tertentu.

"Dalam transaksi tersebut kami dijanjikan repo 150 persen dari nilai nominal saham, tapi pasca suspensi bursa awal Oktober 2008, repo itu turun hingga 120 persen," kata Direktur Keuangan Ramayana Suryanto, pada paparan publik di Jakarta, Jumat 14 November 2008.

Ramayana juga memiliki repo PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) Rp 50 miliar. Sampai saat ini repo itu masih dipegang perusahaan.

Ramayana diberi tiga opsi oleh broker pemberi repo, yakni hak atas saham itu, program pinjaman jangka menengah (medium term note/MTN) dengan bunga 30 persen, atau campuran antara keduanya.

"Kelihatannya, kami memilih opsi campuran dengan MTN Rp 10 - 15 miliar, dan sisanya dalam bentuk saham," kata dia.

Saham yang nantinya dimiliki perseroan bisa dijual, seperti saham repo Bumi. Tapi, dana hasil penjualan saham belum bisa diterima saat ini karena kontrak repo baru cair 10 Desember 2008.

Selain di ELTY dan BUMI, perseroan juga memiliki repo di beberapa saham bluechips senilai Rp 36 miliar. Saham itu, PT London Sumatera Plantations Tbk (LSIP), PT Indosat Tbk (ISAT), PT tambang Batubara Tbk (PTBA), dan PT United Tractors Tbk (UNTR).

Selain repo, Ramayana menyimpan investasi dalam bentuk mutual fund senilai Rp 32 miliar di UBS Singapura dan Credit Suisse Singapura.

Selain itu, perseroan memiliki obligasi negara Amerika Serikat. Tapi obligasi itu telah dialihkan ke Deposito pada Oktober 2008 senilai US$ 23 juta.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024