Tangan Wanita Menimbun Bakteri

VIVAnews – Cuci tangan dengan sabun memang harus dijadikan kebiasaan, terutama kita, kaum wanita. Mengapa demikian ? Hal itu karena studi terbaru menunjukkan bahwa bakteri pada tangan wanita lebih banyak jenisnya dibandingkan pria.

"Jumlah bakteri yang terdeteksi di tangan objek penelitian cukup mengejutkan. Apalagi pada tangan wanita, variasi bakterinya sangat banyak," ujar Noah Fierer, asisten peneliti di Universitas Colorado, departemen Biologi, AS.

Para peneliti dari Universitas Colorado masih dalam tahap penelitian mencari penyebab variasi bakteri yang terdapat di tangan wanita, dan, mengapa lebih banyak ketimbang di tangan pria.  Sebagai kesimpulan awal, Fierer mengungkapkan, kondisi tersebut kemungkinan karena kadar asam pada kulit. Wanita memiliki kadar asam pada kulit yang lebih sedikit daripada pria. Padahal asam pada kulit bisa membunuh bakteri jahat.

Selain itu, ada juga kemungkinan lain. Yaitu, adanya perbedaan antara produksi minyak dan keringat pada tangan pria dan wanita. Juga, frekuensi pemakaian dari kosmetik, serta jumlah produksi hormon pada wanita yang bisa menimbun banyak kuman. “Sehingga, bisa dibilang, wanita juga memiliki bakteri yang terdapat di dalam lapisan kulit,“ ujar Fierer.

Penelitian tersebut dilakukan pada 51 mahasiswa dan mahasiswi dan menggunakan sistem deteksi bakteri melalui DNA. Para peneliti mengidentifikasi 4742 spesies bakteri dan hanya ada 5 bakteri yang terdapat pada semua tangan.

Rata-rata setiap orang memiliki 150 jenis bakteri pada tangannya, dan hanya sekitar 17 persen bakteri yang sama antara tangan kanan dan kiri. Hal itu karena frekuensi penggunaan tangan kanan dan kiri berbeda. Meskipun jenis bakteri pada tangan bisa dihitung tetapi jumlah pastinya belum teridentifikasi.

Nah, agar Anda tidak rentan terserang penyakit yang disebabkan karena bakteri, seperti tipes, disentri, hingga pneumonia, mulailah membiasakan cuci tangan di bawah air mengalir.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024