Banjir di Palopo Sulsel

Longsor Susulan, 300 Jiwa Terisolir

VIVAnews - Sekitar 300 jiwa penduduk di Kelurahan Latuppa Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, dilaporkan masih terisolasi, Jum'at 7 November 2008. Ini terjadi paskabencana banjir dan tanah longsor yang melanda daerah itu dalam dua  hari terakhir.

Camat Mangkujang Mas Jaya belum mengetahui nasib sekitar 300 jiwa itu. Alasannya, jalan yang menghubungkan daerah tersebut masih terjadi longsor.

"Sampai tadi malam, longsor masih terjadi. Meski skalanya lebih kecil, tapi lumpurnya menggenangi jalan poros. Kami tak bisa melewatinya," kata Mas Jaya, lewat pesan singkatnya kepada VIVAnews, Jumat 7 November 2008, tadi pagi.

Kondisi ini terjadi di kilometer 8 menuju Ibu Kota Palopo. Parahnya, tidak ada jalan alternatif untuk menuju lokasi. Hal itu juga berdampak pada bantuan pemerintah.

"Penduduk Kelurahan Latuppa, hingga kemarin belum tersentuh bantuan pemerintah secara maksimal," Tambahnya. 

Masih terjadinya longsor susulan itu membuat sejumlah warga yang tinggal di Kelurahan Latuppa khawatir. Mereka takut jika terjadi longsor yang skalanya lebih besar. Apalagi hingga sepanjang malam, Palopo masih sering di guyur hujan. 
 
"Beberapa warga Latuppa yang takut, mencoba menyelamatkan diri dengan berjalan kaki sejauh tujuh kilometer untuk menjangkau rumah keluarga mereka di daerah Kota ataupun di daerah ketinggian," tambah Mas Jaya.

Sebelumnya, hujan deras mengguyur Kota Palopo dan sekitarnya selama dua jam, Rabu, 5 November 2008. Akibatnya Sungai Latuppa meluap dan menggenangi sejumlah wilayah yang berada di sekitar bantaran sungai. Arus sungai yang mengalir deras merobohkan serta menghanyutkan puluhan rumah yang berada di bantaran sungai.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Nakersos), jumlah rumah yang terendam sebanyak 3.600 unit, 300 diantaranya rusak parah.

Laporan: Zeena/makassar

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen
Ilustrasi pria marah/emosi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengontrol emosi adalah kemampuan untuk mengatur, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024