Panwaslu-Polisi Depok MoU Soal Pemilu 2009

VIVAnews - Jelang pemilu 2009, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Polres Depok dan Kejaksaan Negeri Depok membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakum) untuk penanganan perkara tindak pidana pemilu legislatif tahun 2008.

Hal tersebut ditandai melalui Nota kesepahaman antara Kapolres Metro Depok Komisaris Besar Gatot Edi Pramono dengan Panswalu, Polres dan Kejari Kota Depok, di Hotel Bumi Wiyata, siang ini mengatakan, Sentra Gakum yang terdiri dari unsur panwas, kepolisian, dan kejaksaan.

"Kami akan bekerja sesuai dengan undang undang pemilih nomor 10 tahun 2008, bila ada pelangaran-pelangaran yang berkaitan dengan tindak pidana pemilu," kata Gatot Edi Pramono, Kamis, 6 November 2008.

Bila terdapat pelanggaran pemilu, masyarakat diminta untuk melapor ke Panwaslu, kemudian berdasarkan kajian Panwaslu, bila pelanggaran tersebut jenis pelanggaran administrasi, akan dilanjutkan ke KPU Kota Depok.

"Bila pelanggaran dalam bentuk pidana pemilu akan dilanjutkan ke Polres Depok, dan akan di proses sesuai undang-undang," jelasnya.

Hingga kini, menurut Kapolres belum ada laporan pelanggaran dari Panwaslu, namun baru satu laporan yang masuk ke polisi, yakni pelanggaran terkait pengerusakan baliho parpol.

Laporan: Ramuna/Depok

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Timnas Qatar U-23 rayakan gol lawan Timnas Indonesia U-23

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024