Pemilu AS

Obama Sudah Unggul Lebih dari 50 Persen

VIVAnews - Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Barack Obama sudah memenangkan lebih dari 50 persen suara elektor yang diperlukan untuk memenangkan pemilihan umum 2008. Menurut stasiun televisi CNN sampai pukul 9.30 WIB Rabu 5 November 2008, Obama sudah mengumpulkan 174 suara elektor, unggul jauh dari John McCain yang baru mengumpulkan 69 suara.

Dalam pemilu AS, dukungan yang sah adalah suara dari para elektor atau perantara, bukan suara langsung dari pemilih. Berdasarkan aturan, baik Obama maupun McCain harus membutuhkan minimal 270 suara elektor. Dengan demikian Obama sudah mengumpulkan lebih dari 50 persen dari jumlah minimal, yaitu 270, untuk tampil sebagai presiden baru AS.  

Kemenangan Obama salah satunya tercatat di wilayah kunci, Pennsylvania. 'Barry' Obama membutuhkan total 270 electoral vote untuk bisa melenggang ke Gedung Putih menggantikan George W Bush.

Beberapa negara bagian lain yang sudah diungguli Obama yakni Massachusetts, Connecticut, Illinois, New Jersey, Maine dan Maryland. Sedangkan McCain sudah menyalip Obama di Kentucky, Tennessee, West Virginia, South Carolina dan Oklahoma.

Sekitar 187 juta pemilih telah terdaftar, dengan indikasi ketertarikan yang meningkat dalam pertarungan menuju Gedung putih, 40 juta orang sudah memberikan suaranya. Di Virginia sekitar 75 persen penduduk yang mempunyai hak pilih diperkirakan akan berangkat ke tempat pemungutan suara.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024